-->

12 Nama Zodiak, Simbol, dan Tanggal Bulannya

November 12, 2023

Kata Zodiak sendiri sebenarnya merujuk pada sebuah konsep astrologi yang berasal dari masyarakat Babilonia dan Mesir kuno, yang percaya bahwa posisi Matahari, Bulan, dan Planet pada saat seorang dilahirkan bisa memberikan informasi terkait sifat seseorang. Namun apa yang kita kenal sebagai Zodiak hari ini sebenarnya lebih banyak dipengaruhi oleh astrologi dari Yunani dan Romawi kuno.

 

Pun jika kita telusuri dari asal-usul istilah, kata 'Zodiak' sendiri berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti 'Lingkaran Hewan Kecil' yang terdiri dari 12 Tanda Zodiak, dimana masing-masing satu tanda Zodiak mewakili sekitar 1 bulan kalender dan memiliki simbol berupa hewan, atau objek mitologis.

 

Meski Zodiak sudah ada sejak lama, dan digunakan banyak orang, namun perlu kita garis bawahi bahwa zodiak dalam astrologi bukanlah ilmu pasti, banyak orang yang lebih suka melihat hal ini sebagai sebuah seni.

 

Jadi jika kita mencari tahu tentang Zodiak, ada baiknya kita memandang ini dengan kritis, dengan tidak menggunakannya sebagai satu-satunya informasi untuk mengambil keputusan besar dalam hidup atau sekedar sebagai media hiburan saja.

 

Dan berikut kami rangkum 12 Nama-nama Zodiak dan tanggal bulannya, lengkap dengan simbol, sifat, dan informasi yang terkait.

NamaSimbol EmojiTanggal
Capricorn♑ Capricorn20 Desember - 19 Januari
Aquarius♒ Aquarius20 Januari - 17 Februari
Pisces♓ Pisces18 Februari - 19 Maret
Aries♈ Aries20 Maret - 19 April
Taurus♉ Taurus20 April - 20 May
Gemini♊ Gemini21 Mei - 20 Juni
Cancer♋ Cancer21 Juni - 22 Juli
Leo♌ Leo23 Juli - 22 Agustus
Virgo♍ Virgo23 Agustus - 22 September
Libra♎ Libra23 September - 22 Oktober
Scorpio♏ Scorpio23 Oktober - 21 November
Sagittarius♐ Sagittarius22 November - 21 Desember

 

Ingin mencari tahu Zodiak mu dengan lebih akurat? manfaatkan tools cek Zodiak dari Typograp.com

nama-nama zodiak

1. Capricorn

Tanggal: Tanggal untuk Zodiak Capricorn dimulai pada 20 Desember sampai dengan 19 Januari. Merupakan zodiak kesepuluh dari 12 zodiak dengan elemen tanah. Meski urutan ke 10, dalam postingan kali ini sengaja kami tempatkan di urutan pertama, untuk disesuaikan penomoran bulan Kalender, yang mana Januari berada di urutan paling atas agar memudahkan mencari.

 

Simbol: Simbol untuk zodiak Capricorn sendiri adalah Kambing Laut, merupakan makhluk mitologi (mitos) yang digambarkan sebagai setengah kambing dan setengah ikan. Sedangkan simbol dalam emoji sendiri digambarkan sebagai ♑.

 

Karakter: Capricorn dikenal sebagai yang gigih dan sangat pragmatis. Namun mereka juga memiliki kekurangan, salah satunya sangat tunduk terhadap aturan, dan sangat berapi-api ketika sedang marah.

 

2. Aquarius

Tanggal: Penanggalan zodiak Aquarius dimulai dari 20 Januari sampai dengan 17 Februari, merupakan zodiak kesebelas dalam konsep astrologi dan memiliki elemen angin.

 

Simbol: Zodiak Aquarius memiliki simbol berupa penimba Air, yang dalam emoji, ia direpresentasikan sebagai emoji ini ♒. Meski simbolnya identik dengan air, namun Aquarius sendiri memiliki elemen udara yang sama dengan miliki LIbra dan Gemini.

 

Karakter: Orang dengan Zodiak Aquarius dikenal sebagai pribadi yang inovatif, mandiri, memiliki kemampuan sosial yang baik, dan juga eksentrik. Namun ia juga memiliki kekurangan seperti tidak mau dikekang oleh tradisi yang bisa merenggut kebebasannya dan juga tidak peduli dengan nasehat orang lain.

 

3. Pisces

Tanggal: Zodiak Pisces adalah zodiak untuk orang yang lahir antara 18 februari sampai dengan 19 maret, merupakan zodiak ke 12 dalam astrologi dan merupakan rasi bintang terakhir dengan elemen air.

 

Simbol: Zodiak Pisces disimbolkan sebagai dua ikan yang berenang berlawanan arah, yang sebenarnya juga identik dengan namanya, karena Pisces sendiri dalam bahasa latin memiliki arti 'Ikan'. Simbol zodiak Pisces sendiri juga berkaitan dengan salah satu mitologi dalam masyarakat Yunani, yang berkaitan dengan Eros dan Aphrodite, yang konon pernah melompat ke sungai dan berubah menjadi ikan ketika diserang oleh ikan Typhoon. Dalam emoji, zodiak Pisces disimbolkan sebagai ♓.

 

Karakter: Untuk elemen zodiak Pisces bisa dibilang relevan dengan simbolnya, yang mana ia memiliki elemen air, dimana orang dengan elemen ini biasanya memiliki tingkat sensitivitas yang kuat. Hal lain yang digambarkan sebagai karakter pisces adalah orang yang suka melamun, berkhayal, empati yang tinggi, dan berbakat terhadap hal yang berbau spiritual. Namun ia juga memiliki sifat buruk, dimana ia memiliki perasaan yang rapuh, yang membuatnya cepat tersulut emosinya dan sering kecewa karena terlalu berekspektasi.

 

4. Aries

Tanggal: Zodiak Aries adalah zodiak untuk orang yang lahir antara 20 maret sampai dengan 19 April, yang merupakan zodiak pertama dalam konsep astrologi dengan elemen api.

 

Simbol: Zodiak Aries disimbolkan sebagai Domba bertanduk, yang mana penggunaan simbol ini sendiri merujuk makhluk mitologi bernama Chrysomallus, merupakan domba jantan dengan bulu emas yang bisa terbang yang kisahnya berkaitan dengan penyelamatan Phrixus dan Helle (Selengkapnya baca disini). Sedangkan dalam emoji, Aries direpresentasikan sebagai ♈.

 

Karakter: Elemen dari Zodiak Aries sama dengan elemen yang dimiliki Sagitarius dan Leo, yakni Api yang dikenal sebagai orang yang energik dan memiliki ego yang tinggi. Orang dengan Zodiak Aries biasanya memiliki karakter yang menyukai kebebasan, tidak mudah menyerah, dan impulsif. Sedangkan sifat negatifnya adalah rebel, emosian, rendah empati, dan juga gegabah.

 

5. Taurus

Tanggal: Taurus adalah Zodiak untuk orang yang lahir antara 20 April sampai dengan 20 Mei. Taurus merupakan zodiak yang berada di urutan kedua dalam konsep astrologi dan memiliki elemen tanah.

 

Simbol: Zodiak Taurus memiliki simbol berupa Banteng, yang mana penggunaan simbol ini identik dengan dewa Zeus yang suka dengan putri Phoenicia dengan nama Europa, yang kemudian untuk menemui Europa dewa Zeus berubah menjadi Banteng putih yang mampu mempu menarik perhatian Europa. Sedangkan dalam emoji, zodiak Taurus direpresentasikan sebagai ♉.

 

Sifat: Taurus memiliki elemen berupa tanah dimana elemen ini identik dengan karakter yang stabil dan teratur. Orang Taurus biasanya mampu memegang prinsipnya dengan penuh komitmen, sehingga tidak mudah goyah, menyukai keindahan dan kenyamanan. Namun sisi negatifnya adalah Taurus dikenal sebagai orang yang tidak mudah beradaptasi dan keras kepala, tentu saja ini berkaitan dengan idealismenya yang tinggi.

 

6. Gemini

Tanggal: Zodiak Gemini adalah zodiak untuk orang yang lahir antara 21 Mei sampai dengan 20 Juni. Gemini merupakan zodiak yang berada di urutan ketiga dalam konsep astrologi dan memiliki elemen angin.

 

Simbol: Zodiak gemini memiliki simbol berupa anak kembar, sedangkan dalam bentuk emoji, zodiak ini direpresentasikan sebagai ♊.

 

Sifat: Zodiak gemini memiliki elemen berupa angin, dan orang dengan zodiak Gemini sering kali digambarkan sebagai orang yang cerdas dan ramah kepada orang lain. Namun mereka juga memiliki kekurangan, seperti sulit membuat keputusan dan dangkal.

 

7. Cancer

Tanggal: Zodiak Cancer adalah untuk orang yang lahir antara 21 Juni sampai dengan 22 Juli. Zodiak Cancer merupakan zodiak dengan urutan ke 4 dalam konsep Astrologi dan memiliki elemen air.

 

Simbol: Zodiak Cancer memiliki simbol berupa kepiting, yang mana simbol ini berhubungan dengan Hercules, salah satu toko dalam mitologi Romawi. Konon Hercules berhasil mengalahkan kepiting yang dikirim oleh Lernaean Hydra dan Hera. Sebagai bentuk penghormatan, Hera akhirnya menempatkan kepiting tersebut di langit yang kemudian menjadi Cancer. Dalam emoji, zodiak Cancer direpresentasikan sebagai ♋ merujuk pada cakar kepiting.

 

Sifat: Zodiak Cancer juga memiliki elemen Air, yang mana orang dengan zodiak ini dikenal sebagai teman yang setia dan cukup dermawan. Selain itu, orang dengan Zodiak Cancer dikenal cukup tegas dan menjadi tidak bersahabat ketika ada orang yang memaksa dirinya keluar dari tabiatnya.

 

8. Leo

Tanggal: Leo adalah zodiak untuk orang yang lahir antara 23 Juli sampai dengan 22 Agustus. Leo merupakan zodiak kelima dalam konsep astrologi dengan elemen api.

 

Simbol: Zodiak Leo disimbolkan sebagai Singa, yang mana penyimbol ini juga diidentikan dengan Hercules yang memiliki singa bernama Singa Nemea, merupakan singa dengan bulu emas dan sangat kuat yang kebal dengan segala macam senjata. Dalam emoji, zodiak Leo direpresentasikan sebagai ♌.

 

Sifat: Orang dengan zodiak Leo sering memiliki karakter pemberani dan penuh percaya diri. Namun akibat dari sifat yang demikian, mereka juga dikenal sebagai pribadi yang kompetitif dan agak sombong.

 

9. Virgo

Tanggal: Zodiak Virgo adalah untuk mereka yang lahir antara tanggal 23 Agustus sampai dengan 22 September. Virgo merupakan zodiak ke 6 dalam konsep astrologi dan memiliki elemen berupa tanah.

 

Simbol: Zodiak Virgo disimbolkan sebagai seorang wanita perawan (gadis) yang membawa gandum. Pun dengan asal usul kata Virgo, yang dalam bahasa latin dikenal sebagai Virgin (perawan). Dalam mitologi Yunani Kuno, simbol ini dikaitkan dengan Parthenos, namun ada juga yang mengidentikan dengan Astraea, makhluk abadi terakhir yang meninggalkan bumi pada zaman Perak. Dalam emoji, zodiak Virgo direpresentasikan sebagai ♍.

 

Sifat: Virgo selama ini dikenal sebagai orang dengan pribadi yang cukup rajin dan menyukai keteraturan. Selain itu, mereka juga dikenal sebagai orang yang sangat perfeksionis, kritis, dan sering khawatir.

 

10. Libra

Tanggal: Zodiak Libra adalah zodiak untuk orang yang lahir antara 23 September sampai dengan 22 Oktober. Libra merupakan zodiak ke 7 dalam konsep astrologi dan memiliki elemen berupa udara.

 

Simbol: Zodiak Libra memiliki simbol sebagai timbangan (neraca) yang merujuk pada Scales of Justice yang dipegang oleh Themis. Dalam kisah Yunani Kuno, Themis merupakan dewi keadilan, dan dikenal sebagai ibu dewi Astrea, itu sebabnya di rasi bintang, mereka berdua letaknya berdampingan. Dalam emoji, zodiak Libra direpresentasikan sebagai ♎.

 

Sifat: Sebagai zodiak dengan elemen udara, ia sering diidentikan dengan pemikir rasional dan suka berkomunikasi layaknya Aquarius dan Gemini. Libra juga dikenal sebagai seorang ekstrovert yang cerdas. Sesuai dengan simbolnya, Libra sangat suka dengan keseimbangan, kedamaian, dan cenderung menghindari konflik. Satu lagi, Libra sering kesulitan dalam mengambil keputusan karena kebiasaan yang lebih mengutamakan orang lain.

 

11. Scorpio

Tanggal: Scorpio adalah zodiak untuk orang yang lahir antara 23 Oktober sampai dengan 21 November. Scorpio merupakan zodiak ke 8 dalam konsep astrologi dan memiliki elemen berupa Air.

 

Simbol: Zodiak Scorpio disimbolkan sebagai Kalajengking, yang ceritanya berkaitan dengan Orion, pria tampan yang sombong yang sesumbar bisa mengalahkan siapa saja di bumi. Gaia sebagai Dewi Bumi tidak suka dengan hal itu, mengirim kalajengking, yang akhirnya Orion tewas dalam pertarungan tersebut. Dalam emoji, Scorpio direpresentasikan sebagai ♏.

 

Sifat: Scorpio selama ini diidentikan dengan orang yang berdedikasi, mampu berpikir dengan mendalam, dan memiliki aura yang kuat.

 

12. Sagittarius

Tanggal: Zodiak Sagitarius merupakan zodiak untuk orang yang lahir antara 22 November sampai dengan 21 Desember. Sagitarius merupakan zodiak ke 9 dalam astrologi dan elemen api.

 

Simbol: Sagitarius memiliki simbol pemanah, yang dialmbangkan sebagai Cetaur, merupakan makhluk mitologi deng badan kuda, namun bagian leher berupa manusia dimulai dari badan, tangan dan kepala. Centaur sendiri berasal dari mitologi Chiron. Dalam emoji, Sagitarius direpresentasikan sebagai ♐.

 

Sifat: Orang dengan zodiak Sagitarius selama ini dikenal sebagai seorang petualang dengan imajinasi yang tinggi. Ia juga dikenal sebagai pribadi yang tegas, namun tidak sabaran.

 

Itulah 12 nama-nama zodiak lengkap dengan tanggal bulan, simbol, dan juga sifat dasar dari masing-masing Zodiak.

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement