-->

7 Aplikasi Membuat Komik Gratis Terbaik di HP

Januari 11, 2024

Komik merupakan salah satu media bercerita yang hingga saat ini disukai banyak orang. Tidak hanya sekedar melalui teks, komik juga memungkinkan kita untuk menikmati cerita lengkap dengan gambar visualnya. Meski kamu mulai mengenal komik sebagai pembaca, tidak ada salahnya mencoba membuat komik sendiri dengan memanfaatkan beberapa aplikasi membuat komik di hp.

 

Untuk seorang profesional, handphone memang bukan perangkat ideal untuk membuat komik. Namun sebagai media pembelajaran, perangkat yang saat ini kamu pegang ini juga bisa dimanfaatkan.

 

Aplikasi Membuat Komik Gratis Terbaik di HP

Berikut kami rekomendasikan 7 aplikasi untuk membuat komik baik di handphone Android maupun iPhone.

 

1. Comic & Meme Creator

 


Untuk memulai komik pertama, kamu harus login terlebih dahulu menggunakan id facebook atau email, setelah itu kita bisa mulai membuat komik, meme, sampai dengan doodles. Untuk memulai, kamu bisa membuat frame yang hendak digunakan untuk membentuk cerita, barulah kita bisa menambahkan berbagai elemen untuk membentuk cerita, entah itu karakter, objek, baground, atau bahkan memasukan meme dan gambar yang berasal dari galeri.

 

Jika objek sudah selesai, silahkan tambahkan text area, dimana aplikasi ini memiliki 8 template yang siap digunakan. Jika sudah selesai, kamu bisa menyimpan dalam format strip komik ataupun animasi GIF.

PlatformiOs dan Android
DownloadLink Playstore

 

2. Comic Page Creator


Pada urutan kedua ada Comic Page Creator, yang juga sangat cocok untuk pemula, yang tidak ingin membuat komik terlalu panjang, yang pada dasarnya aplikasi ini kita hanya bisa membuat dua frame dalam satu kali proses editing.

 

Pada saat awal-awal menggunakan, kamu mungkin akan merasa kebingungan karena aplikasi ini tidak ada tour mengenai fitur yang ada di aplikasi, kamu bisa mencoba beberapa fitur yang ada di sana, atau mencari tutorialnya di internet.

 

Kelebihan dari aplikasi Comic Page Creator adalah ia benar sangat ramah terhadap newbie, kita bisa dengan mudah menambahkan objek atau mengganti karakter dengan menggeser bagian slide, sampai menambahkan beberapa elemen seperti sendok, es krim, dan objek lainnya.

PlatformiOs dan Android
DownloadLink Playstore

 

3. Pixton

Tidak seperti dua aplikasi sebelumnya yang pada dasarnya hanya sekedar buat seru-seruan, Pixton menjadi aplikasi membuat komik di kalangan para tenaga pendidik yang lumayan populer. Meski demikian, siapa saja bisa mendownload aplikasi ini, baik siswa atau guru, baik untuk membuat komik atau memanfaatkan komik yang ada disana sebagai media pembelajaran untuk berbagai mata pelajaran, dimulai dari ilmu sosial sampai dengan sains.

 

Jika kamu ingin adalah pelajar, dan ingin belajar dengan cara yang seru, pixton bisa menjadi pilihan ideal, kamu bisa menemukan banyak komik yang ceritanya sejalan dengan ilmu matematika dan bahasa inggris. Sayangnya aplikasi memang versi gratis, namun untuk masa percobaan saja. Sedangkan cakupan kompatibelnya cukup luas, dimulai dari iOs, Android, sampai laptop.

Platformios, android, ipad
Websitepixton.com

 

4. Canva

Canva merupakan penyelamat bagi content creator digital yang tidak begitu memahami desain, melalui software ini kita bisa melakukan editing gambar dengan cara yang lebih mudah dan bisa digunakan untuk banyak hal, dimulai konten media sosial, membuat presentasi, poster, sampai dengan komik.

 

Canva sangat mudah untuk digunakan, disana juga ada banyak template, sumber daya seperti gambar dari pihak ketiga, dan juga digunakan melalui aplikasi atau langsung mengunjungi websitenya. Canva bisa kita gunakan secara gratis, namun jika kita menggunakan template atau fitur khusus, kita harus berlanggan ke versi premium.

Platformios, android, ipad, laptop
Websitecanva.com

 

5. Animoto

Animoto sebenarnya adalah software editing video, namun disini kita juga bisa melakukan editing gambar yang bisa dikombinasikan dengan text, video, sampai dengan video. Sayangnya aplikasi ini hanya tersedia untuk iOs, namun juga ada versi website yang fitur-fiturnya tidak jauh berbeda.

 

Disini kita bisa membuat cerita digital layaknya komik, yang dipadukan dengan video, musik, sampai dengan foto, yang bisa kita bagikan ke sosial media atau siapapun dalam bentuk link. Aplikasi membuat komik yang satu ini bisa kita gunakan secara gratis, namun ada jika hendak menggunakan fitur premium, kita harus berlangganan.

Platformios, web
Websiteanimoto.com

 

6. Comica - mengubah foto menjadi

Untuk di urutan ke 6 ini mirip dengan aplikasi nomor 1 dan 2, yang sebenarnya hanya untuk seru-seruan saja. Dan dari segi hasilnya pun sangat berbeda dengan aplikasi lainnya, Comica merupakan aplikasi yang akan mengubah foto apapun yang kamu upload menjadi gambar versi raw mirip komik. Namun ini akan menjadi aplikasi yang menarik, jika kamu hendak membuat komik dengan memanfaatkan kamu dan temanmu sebagai karakter.

 

Kamu cukup menyiapkan beberapa foto dengan pose yang diperlukan, lalu upload ke dalam aplikasi ini, dan tinggal kita tambahkan versi teks untuk membentuk kalimat percakapan.Selanjutnya, kamu bisa menyimpan karya komik ke dalam bentuk gambar atau pdf. Comica adalah aplikasi gratis, dengan pembelian dalam aplikasi.

Platformandroid
DownloadLink Playstore

 

7. Comic Book Creator

Terakhir, ada Comic Book Creator yang juga mirip dengan Comica, dimana kita bisa membuat storyboard komik yang mengambil karakter atau pemandangan dari foto, yang sudah dilengkapi dengan beragam efek untuk membuat karya yang kamu buat mirip dengan komik.

 

Selain itu, disini kamu juga bisa menambahkan kotak percakapan yang bisa ditambahkan text untuk percakapan komik mu. Aplikasi Comic Book Creator ini bisa kamu install secara gratis, namun dalam aplikasi juga ada pembelian fitur lain jika kamu ingin membuat komik dengan fitur yang lebih lengkap.

Platformios, web
Downloadlink playstore
Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement