-->

Cek Zodiak Online | Apa Zodiak Saya?

Oktober 15, 2023

Zodiak memang bukan hal baru, namun topik yang satu ini masih eksis hingga sekarang. Zodiak sering digunakan banyak orang untuk menggambarkan karakter dasar seseorang. Dan faktanya, semua orang memiliki zodiak, lalu zodiakmu apa? jika kamu terdampar di halaman ini untuk mengecek zodiak online, kamu berada di halaman yang tepat.

 

Dibawah ini kami sudah membuat tools sederhana untuk mengecek zodiak seseorang melalui tanggal dan bulan lahir. Jadi kamu hanya perlu menyiapkan dua hal itu, lalu memasukan tanggal dikolom yang sudah kami sediakan.

cek zodiak online

Setelah kamu tekan menu "Cek Zodiak" tools kami akan memunculkan hasil untuk zodiak mu, lengkap dengan karakter atau sifat dasar dari zodiak tersebut.

 

 

Pemeriksa Zodiak

Cek Zodiak

Masukkan tanggal dan bulan lahir kamu di bawah. Ubah bulan lahir kamu menjadi angka, misalnya Januari berarti 1, Februari 2, Maret 3, April 4, Mei 5, Juni 6, Juli 7, Agustus 8, September 9, Oktober 10, November 11, dan Desember 12.

 

 

Cara Cek Zodiak Manual Dari Tanggal Lahir

Selain menggunakan tools di atas, kamu juga bisa melakukan pengecekan zodiak secara manual. Untuk melihat zodiak seseorang sebenarnya sangat mudah, karena zodiak sendiri ditentukan berdasarkan rentang tanggal lahir seseorang.

 

Misalnya untuk zodiak Aries, ini adalah zodiak dari seseorang yang lahir antara 21 Maret sampai dengan 19 April, entah tahun berapa pun mereka lahir. Jadi misalkan kamu lahir di tanggal 22 Maret, maka kamu memiliki zodiak Aries. Namun jika kamu lahir di tanggal 20 maret, maka zodiak kamu adalah pisces, karena pisces sendiri adalah zodiak untuk orang yang lahir antara 19 Februari hingga 20 Maret.

 

Jadi hanya dengan tanggal lahir, dan mencocokan dengan kalender zodiak, kamu sudah bisa melakukan pengecekan zodiakmu sendiri.

 

Berikut nama-nama zodiak lengkap dengan kalender tanggal yang bisa kamu gunakan:

12 tanda zodiak
 

Aries (21 Maret - 19 April): Untuk orang yang lahir antara tanggal 21 Maret - 19 April. Aries adalah zodiak pertama dalam ilmu astrologi yang memiliki simbol berupa domba (Chrysomallus, domba terbang).

 

Taurus (20 April - 20 Mei): Untuk orang yang lahir antara 20 April - 20 Mei. Ini adalah zodiak yang ada di urutan kedua dalam ilmu astrologi, dimana zodiak ini memiliki simbol banteng.

 

Gemini (21 Mei - 20 Juni): Untuk orang yang lahir antara 21 Mei - 20 Juni. Gemini merupakan zodiak ketiga dalam ilmu astrologi, dan memiliki simbol Twin (dua orang kembar), dimana banyak orang meyakini lambang tersebut sebagai representasi dari Pollux dan Castor yang ada di mitologi Yunani.

 

Cancer (21 Juni - 22 Juli): Zodiak untuk orang yang lahir antara 21 Juni - 22 Juli. Cancer merupakan zodiak keempat dalam ilmu astrologi yang memiliki lambang berupa kepiting.

 

Leo (23 Juli - 22 Agustus): Zodiak untuk orang yang lahir antara 23 Juli - 22 Agustus. Leo merupakan zodiak kelima dalam ilmu astrologi, dan memiliki simbol berupa Singa.

 

Virgo (23 Agustus - 22 September): Zodiak untuk orang yang lahir antara 23 Agustus - 22 September. Virgo merupakan zodiak keenam dalam ilmu astrologi, dan memiliki simbol berupa Parthenos yang bisa kita artikan sebagai wanita perawan.

 

Libra (23 September - 22 Oktober): Zodiak untuk orang yang lahir antara 23 September sampai 22 Oktober. Libra merupakan zodiak ke tujuh dalam ilmu astrologi, dan memiliki simbol berupa timbangan.

 

Scorpio(23 Oktober - 21 November): Zodiak untuk orang yang lahir antara 23 Oktober - 21 November. Scorpio merupakan zodiak kedelapan dalam ilmu astrologi dan memiliki simbol sebagai kalajengking.

 

Sagitarius (22 November -21 Desember): Zodiak untuk orang yang lahir antara 22 November -21 Desember. Sagitarius adalah zodiak kesembilan dalam ilmu astrologi, dan memiliki simbol berupa Centaur, manusia berbadan kuda yang sedang memanah.

 

Capricorn (22 Desember - 19 Januari): Zodiak untuk orang yang lahir pada 22 Desember - 19 Januari. Capricorn merupakan zodiak kesepuluh dalam ilmu astrologi yang memiliki simbol sebagai kambing laut.

 

Aquarius (20 Januari - 18 Februari): Zodiak untuk orang yang lahir antara 20 Januari - 18 Februari. Aquarius merupakan zodiak kesebelas dalam ilmu astrologi yang memiliki simbol sebagai pembawa air.

 

Pisces (19 Februari - 20 Maret): Zodiak untuk orang yang lahir antara 19 Februari - 20 Maret. Pisces merupakan zodiak kedua belas dalam ilmu astrologi yang memiliki simbol berupa dua ikan yang berenang berlawanan.

 

 

Sejarah dibalik Zodiak

Meski tidak sedikit orang yang percaya zodiak bisa menggambarkan sifat dasar dengan baik, namun tidak sedikit juga orang yang menganggap hal ini sebagai sebuah hal yang tidak mungkin.

 

Terlepas dari semua itu, tentu saja Zodiak akan tetap menarik untuk diperbincangkan. Dan jika kita lihat dari asal-usulnya, zodiak sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, dimana menurut wonderopolis.org, apa yang kita kenal sebagai 12 Tanda Zodiak ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu yang ditemukan oleh Astronom Babilonia.

 

Pada awalnya, para astronom ini hendak memetakan bintang di langit untuk menciptakan kalender pertanian yang akan digunakan untuk menentukan musim tanam dan panen yang sesuai dengan kenaikan atau penurunan gugus bintang.

 

Dengan melihat pergerakan Matahari selama sepanjang tahun (ekliptika), para astronom ini akhirnya membuat sistem koordinat celestial (angkasa) dengan memanfaatkan garis lintang yang ada di ekliptika serta garis bujur posisi matahari berdasarkan equinox vernal.

 

Dari sistem awal ini, kemudian mereka membagi celestial sphere menjadi 12 bagian, yang kita kenal sebagai 12 Tanda Zodiak (Aries, Taurus, Gemini, etc).

 

Dari apa yang sudah dilakukan tadi, kemudian zodiak akhirnya menyebar ke budaya lain, termasuk ke masyarakat Yunani dan Romawi kuno. Hal ini sebenarnya juga masuk akal, karena memang kata 'Zodiak' sendiri juga berasal dari istilah dalam bahasa Yunani, yakni  "zoidiakos," yang memiliki arti tanda hewan atau tanda hewan kecil, yang mana memang beberapa simbol zodiak berasal dari hewan.

 

Terlepas dari cara penemuan yang demikian, pada hari ini, apa yang kita sebut sebagai zodiak sebenarnya lebih dekat dengan astrologi dibandingkan dengan astronomi.

 

Memang astronom babilonia pada awalnya menemukan ini dengan memetakan langit, dan ilmu astronomi berkaitan dengan studi ilmiah tentang benda langit dan ruang angkasa.

 

Namun zodiak masih kurang relevan jika kita kelompokan ke dalam astronomi, dan lebih cocok untuk dikelompokan kedalam astrologi, karena astrologi sendiri adalah seni, merupakan kumpulan keyakinan atau tradisi yang berfokus pada pergerakan bintang dan planet, yang dianggap berpengaruh pada peristiwa di bumi.

 

Secara singkat, para astrolog pada awalnya mempelajari pergerakan bintan dan planet, dan mulai membuat prediksi bagaimana pergerakan tersebut bisa mempengaruhi perilaku manusia.

 

Setelah mereka berhasil memetakan 12 tanda zodiak, mereka memiliki keyakinan bahwa tanggal lahir seseorang, yang mengacu pada posisi bintang dan planet, bisa digunakan untuk memprediksi kepribadian seseorang.

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement