-->

Kalkulator Hitung Biaya Listrik PLN Online Harian & Bulanan ⚡šŸ 

April 03, 2024

Ingin tahu seberapa banyak uang yang harus kamu keluarkan untuk membayar tagihan listrik dari PLN untuk setiap alat elektronik yang kamu gunakan? typograp.com telah membuat kalkulator biaya listrik online untuk memudahkan melakukan perhitungan biaya listrik harian dan bulanan.

 

Cukup masukan peralatan yang kamu gunakan, isi seluruh kolom yang tersedia, dan klik menu hitung. Kalkulator akan melakukan perhitungan secara otomatis. Kamu bisa langsung mencobanya dibawah ini. Jika ingin tahu bagaimana cara menggunakannya, kamu bisa membaca panduan yang ada dibawah:

Selamat datang di kalkulator hitung biaya listrik online



Peralatan yang kamu gunakan:
Alat Daya/watt Waktu/jam

NOTE: Tarif pada kalkulator ini menggunakan harga dari PLN, 1 bulan di kalkulator ini sama dengan 30 hari, seluruh kolom yang tersedia harus diisi, jika ada kolom yang tidak diisi, kalkulator tidak berfungsi. Untuk melakukan perhitungan ulang, atau jika terjadi kesalahan jumlah baris, kamu bisa merefresh halaman ini untuk menghapus seluruh baris dan memulai perhitungan dari awal.

 

Apa itu Kalkulator Hitung Biaya Listrik?

Kalkulator Listrik

Kalkulator hitung biaya listrik online merupakan tools yang kami buat untuk membantu masyarakat dalam melakukan perhitungan terhadap biaya listrik yang digunakan sehari-hari.

 

Alih-alih membuat kalkulator watt ke rupiah, dimana pengguna harus menghitung seluruh dari peralatan elektronik yang digunakan dirumah dan mengubahnya kedalam watt, kami sudah merancang kalkulator ini untuk lebih mudah digunakan.

 

Cukup dengan mencatat seluruh perangkat elektronik yang digunakan, memasukan daya watt dari perangkat elektronik tersebut, dan memasukan seberapa lama perangkat tersebut digunakan.

 

Jika seluruh perangkat elektronik sudah di list, kamu bisa klik menu hitung, dan hasil perhitungan berupa estimasi biaya harian dan bulanan akan muncul pada bagian bawah.

 

Cara Menggunakan

Berbeda dengan kalkulator listrik dari web lain, yang mengharuskan mu untuk menghitung terlebih dulu konsumsi listrik dalam satuan watt, kami telah memangkas proses tersebut menjadi lebih sederhana. Berikut cara menggunakan kalkulator diatas.

 

  1. Silahkan pilih golongan daya listrik yang kamu gunakan di rumah, apakah itu 450 Watt (bersubsidi), 900 watt (non-subsidi), 1300 watt, atau untuk kategori bisnis.
  2. Mulai isi kolom yang yang tersedia, dan sesuaikan dengan peralatan elektronik yang kamu gunakan. Mulailah  dengan nama alat yang kamu gunakan (Kipas, TV, AC, PC, dll). Pada kolom selanjutnya, kamu harus memasukan daya dari alat tersebut dalam satuan watt, dan durasi pemakaian alat tersebut dalam satuan jam untuk 1 hari. Jadi, misalnya kamu sehari menggunakan alat tersebut 3 jam, maka isi dengan angka 3.
  3. Tentu saja, dirumahmu memiliki lebih dari 3 peralatan, maka klik menu "Tambah Kolom" untuk membuat daftar dari peralatan lain seperti kipas, AC, TV, lampu, Pompa air, dll. Isi kolom lain seperti sebelumnya, dan sesuaikan dengan jumlah peralatan yang kamu gunakan.
  4. Perlu diingat bahwa 1 baris hanya untuk satu alat elektronik saja, jadi misalkan kamu dirumah menggunakan 3 lampu, maka kamu harus membuat 3 baris untuk lampu, dan menyesuaikan dengan daya watt dan durasi penggunaan dari masing-masing lampu.
  5. Jika seluruh peralatan elektronik yang kamu gunakan sudah dicatat semuanya, kamu bisa klik menu "Hitung Biaya" dan tunggu hasil perhitungan dimuat tepat dibawah menu "Hitung Biaya".

 Baca Juga: Kalkulator Diskon untuk Hitung Belanjaan Online

Tarif Listrik PLN

Acuan tarif yang kami gunakan pada kalkulator diatas disesuaikan dengan tarif yang digunakan oleh PLN per Aril - Juni 2024. Dan berikut daftar tarif harga listrik PLN pada saat postingan ini dibuat.

GolBatas DayaBiaya
R-1/TR900 VA-RTM1.352,00
R-1/TR1.300 VA1.444,70
R-1/TR2.200 VA1.444,70
R-2/TR3.500 VA s.d. 5.500 VA1.699,53
R-3/TR6.600 VA ketas1.699,53
B-2/TR6.600 VA s.d 200 kVA1.444,70
Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement