-->

Review NeoBank: Deposito, Fitur, Kelebihan, & Kekurangan ⚡

April 05, 2024

Review NeoBank: Deposito, Fitur, Kelebihan, & Kekurangan

Bank digital menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin menyimpan dan melakukan transaksi keuangan dengan mudah melalui handphone. Selain menawarkan kemudahan, beberapa bank digital juga dikenal cukup berani dalam memberikan bunga deposito tinggi, salah satunya adalah Neo Bank atau Bank Neo Commerce.

 

Neo Bank memang dikenal sebagai bank digital dengan bunga deposito tinggi, bahkan hingga 8%, yang mana angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan aset investasi berpenghasilan tetap lainnya.

 

Untuk kamu yang tertarik dengan Neo Bank dan ingin mengenal aplikasi ini lebih dekat, kali ini typograp.com akan mereview aplikasi Neo Bank dimulai dari siapa itu Neo Bank, keamanan, bunga deposito, kelebihan, hingga kekurangan. Jadi, simak sampai habis ya.

 

Siapa itu Neo Bank?

Neo Bank (Bank Neo Commerce) merupakan bank digital yang dulunya memiliki nama PT Bank Yudha Bhakti yang didirikan pada tahun 1990.

 Baca Juga: Review GoTrade: Fee, Kelebihan dan Kekurangan

Berhasil bertahan dari berbagai tantangan seperti krisis moneter, Bank Yudha Bhakti pada tahun 2020 akhirnya bertransformasi menjadi bank digital dan mengubah namanya menjadi PT Bank Neo Commerce (BNC).

 

Layaknya Bank Digital lain, BNC sejak saat itu berkomitmen untuk menjadi bank ritel digital dengan menargetkan anak muda sebagai nasabah utamanya.

 

Seiring berjalannya waktu, jumlah nasabah BNC terus bertambah, bahkan pada tahun 2022 mereka berhasil meraih jumlah nasabah mencapai 23,7 juta dengan jumlah nilai transaksi sampai Rp 4,7 triliun.

 

Beberapa pihak yang menjadi pemegang saham di BNC antara lain adalah grup Gozco, Akulaku, Rockcore Financial Technology, dan masyarakat umum, karena perusahaan ini merupakan perusahaan terbuka yang melantai di Bursa Efek Indonesia dengan kode BBYD.

 

Jadi buat kamu yang bertanya Neo Bank itu apa, ini merupakan perbankan digital dengan keunggulan utama bunga deposito tinggi, yang seluruh layanannya bisa kita akses secara online melalui aplikasi, dimulai dari pendaftaran, menambung, transaksi, dll.

 

Apakah Neo Bank Aman?

Banyak yang bertanya Neo Bank itu aman atau tidak? Untuk menilai keamanan bank digital, setidaknya ada 2 hal yang bisa kita cek, yakni dari sisi regulasi dan keamanan digitalnya.

 

Dari sisi regulasi, perbankan di Indonesia diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Neo Bank sejak memiliki nama Bank Yudha Bhakti telah mendapatkan izin dari OJK untuk menjalankan usaha dibidang perbankan. Selain itu, mereka juga terdaftar sebagai peserta di Lembaga Penjamin Simpanan.

 

Sedangkan dari sisi keamanan digital, pengalaman kami menggunakan Neo Bank bisa dibilang sangat baik. Tidak seperti perbankan digital lain, dimana saat login harus menggunakan username dan password, Neo Bank memilih untuk login dengan kode OTP yang dikirim melalui SMS atau WhatsApp.

 

Menurut kami, ini adalah cara yang cukup aman, asalkan kartu seluler yang kita gunakan untuk mendaftar tidak bisa diakses oleh orang lain, akun Neo Bank akan tetap aman.

 

Dengan melihat dua hal ini, maka kita bisa simpulkan bahwa Neo Bank sebagai bank digital cukup aman.

 

Bunga Deposito

Jika kamu tertarik dengan Neo Bank karena layanan depositonya, berikut berbagai macam layanan deposito yang dimiliki oleh Neo Bank lengkap dengan besaran bunganya:

 

Flexi Deposito

Flexi Deposito dari Neo Bank merupakan produk deposito dengan bunga tinggi, dimana pelanggan diberikan fleksibilitas berupa withdraw sebelum jatuh tempo, tanpa ada pinalti dan tetap mendapatkan bunga sebesar 2%.

 

Flexi Deposito memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan lamanya jatuh tempo, dimana semakin lama jatuh temponya, maka bunga yang diberikan semakin tinggi. Berikut beberapa jenis Flexi Deposito:

 

  • 1 Bulan, mulai dari 100 ribu, dengan bunga 7,5% dibulan pertama dan 6% bulan selanjutnya.
  • 3 Bulan, mulai dari 100 ribu, dengan bunga 8,5% di bulan pertama dan 6,75% di bulan selanjutnya.
  • 6 bulan, mulai dari 100 ribu, dengan bunga 7%.
  • 12 bulan, mulai dari 100 ribu, dengan bunga 7,5%.

 

WOW Deposito

WOW Deposito merupakan produk deposito dari Neo Bank dimana pencairan harus dilakukan pada saat jatuh tempo. Keunggulan jenis deposito ini adalah bunga imbal hasil yang tinggi, dan ada pilihan untuk deposito jangka pendek.

 

Berikut beberapa jenis WOW Deposito yang ditawarkan oleh Neo Bank:

 

  • 7 hari, mulai dari 100 ribu, dengan bunga 5,5%.
  • 1 bulan, mulai dari 100 ribu, dengan bunga 6,5%.
  • 3 bulan, mulai dari 100 ribu, dengan bunga 7%.
  • 6 bulan, mulai dari 100 ribu, dengan bunga 7,5%.
  • 12 bulan, mulai dari 100 ribu, dengan bunga 8%.

 

Kelebihan Neo Bank

Berikut beberapa kelebihan dari aplikasi Neo Bank yang ditawarkan untuk nasabahnya:

 

  Bunga Deposito Tinggi

Jika kamu ingin memulai investasi, namun belum berani mencoba saham karena belum memiliki pengetahuan, memulai langkah investasi melalui deposito Neo Bank bisa menjadi pilihan. Dibandingkan bank digital lain, Neo Bank berani memberikan bunga deposito yang relatif lebih tinggi, berkisar antara 5,5% sampai 8,5% per tahun. Imbal hasil ini jauh lebih tinggi dibandingkan pilihan aset investasi dengan fixed income.

 

  Pendaftaran Online & Tanpa Setoran Awal

Untuk kamu yang sehari-hari disibukkan dengan rutinitas, apapun yang memungkinkan dilakukan secara online pasti akan sangat memudahkan. Hal yang sama berlaku untuk pendaftaran di Neo Bank, dimana semua pendaftaran dari awal hingga disetujui dilakukan secara online melalui aplikasi Neo Bank.

 

Kamu cukup menyiapkan no handphone dan identitas diri seperti KTP, bahkan proses ini bisa kita lalui tanpa uang sepeser pun, karena Neo Bank memberlakukan Rp 0 setoran awal.

 

  Free Transfer Bank Lain

Siapa disini yang sering melakukan transfer ke bank lain? Sembari menikmati bunga deposito yang tinggi, di Neo Bank kita juga akan mendapatkan keuntungan lain berupa transfer ke bank lain dengan biaya gratis, dimana jumlahnya mengikuti level dari akun masing-masing nasabah.

 

Setelah kuota gratis, biaya transfer ke bank lain akan mengikuti tarif standar yakni 2.500 saja. Sedangkan untuk transfer ke sesama nasabah BNC gratis dengan unlimited kuota.

 

  Tanpa Biaya Admin

Ingin uang kamu miliki tetap tersimpan di bank tanpa adanya potongan biaya admin? kamu bisa memilih untuk menggunakan Tabungan NOW yang ada di aplikasi Neo Bank yang memberikan banyak fleksibilitas dan keuntungan, termasuk gratis biaya admin bulanan.

 

Tidak hanya itu saja, produk ini juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan bunga sampai 5% per tahun yang cair setiap hari. Pun jika kamu ingin melakukan penarikan saldo, bisa dilakukan kapan pun.

Baca Juga: Review SeaBank: Deposito, Kelebihan, dan Kekurangan

  Reward Nasabah Baru

Jika kamu belum pernah mendaftar di Neo Bank, mendaftar di aplikasi Neo Bank menggunakan kode referral akan lebih menguntungkan, karena kamu berkesempatan untuk mendapatkan hadiah uang tunai sampai Rp. 103 ribu, dan kupon diskon yang totalnya mencapai Rp 1.630.000, ini juga yang membuat banyak orang tertarik mendaftar di aplikasi Neo Bank.

 

Mendaftar dengan kode referral bisa kamu gunakan sebagai cara dapat uang dari neo bank, lumayan bukan?

DZPZC3
Kode Referral Neo Bank
Berhasil disalin!

Kekurangan

Berikut beberapa kekurangan dari aplikasi Neo Bank yang kami rasakan selama menggunakan aplikasi ini:

 

⚠️ Tanpa Kartu ATM

Untuk pendaftaran secara online, nasabah tidak akan mendapatkan buku tabungan dan juga kartu debit, yang artinya kita tidak bisa melakukan penarikan tunai melalui ATM. Jika ingin mendapatkan buku tangan dan kartu ATM, kita bisa melakukan pendaftaran ulang secara offline di cabang Neo Bank terdekat.

 

Namun meski tidak memiliki ATM, kita tetap bisa melakukan penarikan tunai melalui menu "Cash Withdrawal" di aplikasi via Indomaret atau ATM Prima.

 

⚠️ Tampilan Rumit

Pada saat awal-awal pendaftaran, beberapa calon nasabah mungkin akan sedikit mengalami kebingungan karena Neo Bank memiliki banyak perintah dan keterangan yang baru dan jarang digunakan di aplikasi lain.

 

Selain itu, hampir seluruh keterangan menggunakan istilah bahasa inggris, namun dengan kemampuan bahasa inggris dasar saja kita sudah bisa menggunakan aplikasi ini. Secara kesederhanaan, SeaBank jauh lebih mudah simple dibandingkan Neo Bank.

 

⚠️ Bunga Deposito diatas LPS

Meski Neo Bank telah menjadi anggota dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), namun bunga deposito yang ditawarkan oleh Neo Bank sebenarnya berada diatas yang disarankan oleh LPS, dimana LPS menyarankan bunga di Bank Umum sebesar 4,25%, sedangkan deposito di Neo Bank mencapai 5-%.

 

⚠️ Kantor Cabang Sedikit

Sama seperti SeaBank, Neo Bank saat ini juga memiliki kantor cabang yang cukup sedikit, dimana Bank digital ini tercatat masih memiliki 8 kantor cabang saja dimulai dari kantor cabang PIK, Malang, Makasar, Medan, Semarang, Bandung, Surabaya, dan Jakarta Selatan.


Ambil hadiah eksklusif hingga Rp1,097,000! untuk nasabah baru Neo Bank dengan mendaftar melalui kode referral: DZPZC3 typograp.com atau klik menu daftar dibawah.

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement