-->

Review GoTrade Indonesia: Fee, Kelebihan, & Kekurangan

April 02, 2024
Review GoTrade Indonesia

Tidak hanya diversifikasi aset, diversifikasi geografis kadang juga memiliki peranan penting untuk meraih kesuksesan dalam investasi, dan ketika kamu ingin investasi saham AS di Indonesia, GoTrade bisa menjadi broker yang memfasilitasi pembelian saham AS kita.

 

Sebenarnya GoTrade bukan satu-satunya broker untuk saham AS di Indonesia, selain itu masih ada Nanovest dan juga Pluang. Dalam postingan sebelumnya, kita sudah mereview aplikasi Pluang, dan dalam kesempatan kali ini, typograp.com, akan mengajak kamu untuk mengenal lebih dekat dengan aplikasi GoTrade.

Baca Juga: Kode Referral Token GoTrade Indonesia Terbaru

Jadi buat kamu yang baru kenal dengan aplikasi GoTrade, dan ingin tahu apa saja kelebihan dan kekurangan, termasuk fee transaksi, kamu bisa membaca ulasan kami dibawah ini ya. Jangan lupa untuk baca pelan-pelan dan sampai habis.

 

Apa itu aplikasi GoTrade?

Aplikasi GoTrade adalah aplikasi investasi untuk jual beli saham AS yang menjalankan operasionalnya melalui pialang kontrak berjangka dan komoditas dari PT Valbury Asia Futures, dimana para pengguna yang terdaftar sebagai nasabah aplikasi GoTrade bisa investasi saham Amerika Serikat dimulai dari 1$ saja.

 

Dalam dunia saham, pihak yang berperan sebagai perantara jual beli sering dinamakan broker atau pialang saham. GoTrade adalah pialang saham online, hanya saja saham-saham yang tersedia di aplikasi ini adalah saham AS seperti Apple, Netflix, Tesla, Google, dan saham lain yang listing di NASDAQ atau NYSE.

 

Dalam menjalankan layanannya GoTrade tidak berjalan sendirian, dimana untuk setiap transaksi dari para nasabahnya akan langsung diteruskan ke Alpaca Securities LLC, merupakan broker saham di AS dengan lisensi FINRA.

 

Dengan kata lain, GoTrade merupakan aplikasi investasi yang bisa digunakan masyarakat Indonesia untuk membeli saham AS secara online.

 

Apakah GoTrade Aman?

Layaknya investasi di platform lain, keamanan terkait layanan tentu harus menjadi prioritas. Lalu apakah GoTrade aman? Dalam hal ini, GoTrade sendiri sudah diawasi dan terdaftar di Bappebti, melalui PT Valbury Asia Futures dengan surat bernomor 184/BAPPEBTI/SI/II/2003.

 

Melihat ini, bisa kita simpulkan kalau jual beli saham AS di GoTrade adalah aman, karena sudah memiliki regulasi yang jelas.

 

Beberapa dari kalian mungkin ada yang bertanya, kenapa GoTrade tidak diawasi oleh OJK?

 

Jawabannya adalah karena jual beli saham di GoTrade menggunakan sistem Fully Backed Contrack, yang termasuk perdagangan kontrak berjangka, dimana untuk untuk hal ini, di Indonesia regulasinya di pegang oleh Bappebti. Itu sebabnya GoTrade tidak diregulasi oleh OJK, melainkan Bappebti.

 

Fee

Berikut fee yang akan dibebankan kepada nasabah ketika jual beli saham AS di GoTrade:

KeteranganBiaya
Trading0.3% (termasuk pajak 11%) / trade
DepositIDR 5,750
Foreign Exchange fee (depo)0.3% spread
Processing fee (withdraw)$2 per withdrawal
Foreign Exchange fee (withdraw)1% spread

 

Fitur

Berikut beberapa fitur terkait investasi yang bisa kita gunakan di aplikasi GoTrade:

  • Bisa beli Saham & ETF: Meski pada awalnya GoTrade Indonesia hanya mendukung pembelian saham AS, namun kini kita juga bisa membeli ETF.
  • Deposit Hingga 1,5M: GoTrade sudah mendukung untuk melakukan deposit dalam sekali transfer sampai 1,5 milliar.
  • Auto Re-Invest: Merupakan fitur yang bisa kita gunakan untuk melakukan investasi secara otomatis atas deviden yang kita dapat.
  • Price Allert: Notifikasi yang akan dikirimkan ke nasabah setiap saham mencapai harga yang kamu targetkan.
  • Stop Order: Fitur untuk melakukan penjualan secara otomatis jika sesuai dengan harga yang kita tetapkan.
  • Discover Buy: Rekomendasi saham untuk investasi lengkap dengan informasi penting untuk membantu mengambil keputusan.

 

Kelebihan

Berikut beberapa kelebihan dari aplikasi GoTrade yang kami rasakan selama berinvestasi saham AS menggunakan aplikasi ini.

 

UI/UX Simple

Untuk masalah tampilan antar muka, GoTrade Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Aplikasi yang mereka rilis benar-benar sangat sederhana dan mudah untuk digunakan. Pun dengan berbagai fitur dan menu yang mereka miliki, bisa kita akses dengan mudah.

 

Pembelian Fraksional

Di GoTrade Indonesia kita bisa membeli saham dengan nominal yang kecil, dimulai dari 1$ saja, hal ini karena GoTrade mendukung pembelian saham Fraksional, dimulai dari 0,000000001 saham. Jadi meski harga 1 lembar saham AS yang kita beli harganya 200$ (misal), kita tetap bisa membelinya dengan uang 10$ saja.

 

Teregulasi

Untuk masalah regulasi, GoTrade Indonesia juga sudah mendapatkan izin dari Bappebti, melalui mitra lokalnya yakni PT Valbury Asia Futures.

 

Deposit Cepat

Terkadang, keuntungan membeli saham sangat ditentukan dengan momentum, dan momentum bisa terlewati dalam hitungan menit. Di Gotrade saat ini juga sudah mendukung instant deposit, yang artinya jika kita mendapatkan peluang untuk mendapatkan keuntungan dari saham, namun saldo di aplikasi GoTrade sedang habis, kita bisa top up dan langsung digunakan.

 

Kekurangan

Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi GoTrade untuk investasi saham AS:

 

⚠️ Fully Backed Contrack

Jika GoTrade Global menggunakan sistem CFD, GoTrade Indonesia dalam memproses pembelian saham AS menggunakan sistem Fully Backed Contrack dari PT Valbury Asia Futures.

 

Sederhananya sistem CFD memungkinkan nama pembeli yang tertera di saham AS adalah langsung pelanggan, namun dengan sistem Fully Backed Contrack, yang kita beli adalah kontrak dengan PT Valbury Asia Futures, sehingga saham kita akan disimpan dengan nama PT Valbury Asia Futures.

 

Meski demikian, sistem ini juga akan mendapatkan hak-hak atas kepemilikan saham, seperti deviden dan hak lainnya.

 

⚠️ Pilihan Saham Terbatas

Jika kita bandingkan dengan GoTrade Global, GoTrade Indonesia sebenarnya memiliki jumlah saham yang relatif lebih sedikit, dimana untuk saat ini GoTrade Indonesia hanya fokus pada saham-saham unggulan saja.

Baca Juga: Review Pluang: Fee, Kelebihan, Kekurangan

Itulah pembahasan kami terkait review aplikasi GoTrade Indonesia. Perlu diingat jika investasi saham adalah aktivitas yang memiliki resiko, jadi apapun yang kamu dapatkan, jangan lupa untuk melakukan verifikasi dan riset mandiri. Jika tertarik mendaftar di GoTrade, silahkan gunakan referral token kami dibawah ini untuk mendapatkan gratis saldo sebesar 2$.

173027
Token Referral GoTrade
Berhasil disalin!

Bonus 2$ UNTUKMU! Daftar akun GoTrade dengan kode referral: 173027.

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement