-->

Review Pluang: Fee, Kelebihan, dan Kekurangan

Maret 14, 2024
Logo Produk
Pluang
Ratting typograp.com: ★★★★☆ 4/5
Fitur Unggulan
  • Mudah digunakan, untuk pemula sekalipun
  • Pilihan Aset banyak, ada kripto, saham AS, reksa dana, emas.
  • Kurs dan Fee kompetitif.
  • Cocok untuk pemula

Diantara sekian banyak aplikasi investasi, pluang menjadi salah satu pilihan yang tersedia untuk masyarakat Indonesia. Berbeda dengan TokoCrypto atau Stockbit, Pluang yang dikelola oleh PT Bumi Santosa Cemerlang ini hadir dengan pilihan instrumen investasi yang lebih banyak seperti seperti Saham AS, Reksadana, Emas, sampai dengan Crypto.

 

Per artikel ini ditulis (14/03/2024), Pluang sudah menyediakan sekitar 800 aset investasi, dan yang lebih menariknya lagi, modal awal yang dibutuhkan untuk investasi sangat kecil, yakni Rp. 5.000 saja. Jadi meski kamu seorang pemula dan belum tahu banyak tentang investasi, kamu bisa mempelajari pasar dengan modal kecil terlebih dahulu.

 

Kami sendiri sempat berkenalan dengan pluang melalui aset emasnya, yang di lanjut dengan crypto dan saham AS. Lalu bagaimana performa aplikasi ini untuk investasi? simak review aplikasi pluang dari typograp.com kali ini, yang mengulas tentang keamanan, fitur, pilihan aset, biaya, kelebihan, dan kekurangan.

 

Apa itu Aplikasi Pluang?

review aplikasi pluang
Pluang merupakan aplikasi investasi yang menyediakan 4 instrumen investasi dimulai dari Saham AS, Aset Kripto, Reksadana, dan juga emas, dimana masing-masing aset yang diperdagangkan sudah mendapatkan izin dan diawasi oleh lembaga terkait di Indonesia, dimulai dari OJK sampai Bappebti.

 

Ini merupakan aplikasi yang diprakarsai oleh Claudia dan Richard, merupakang pasangan suami istri yang pada tahun 2015 kuliah di Harvard Business School dan melihat fakta bahwa masyarakat AS yang memiliki akses yang lebih banyak ke pasar investasi.

 

Kemudian setelah lulus, mereka akhirnya membangun pluang, dengan tujuan agar masyarakat Indonesia memiliki akses yang sama dengan masyarakat negara lain dalam hal investasi.

 Baca Juga: Review Aplikasi Stockbit, Fitur, Kelebihan, dan Kekurangan

Jadi kalau kamu bertanya pluang aplikasi apa? Sederhananya Pluang merupakan aplikasi investasi yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Bumi Santosa Cemerlang dengan misi untuk memberikan kemudahan dan keamanan dalam berinvestasi dengan pilihan kelas aset yang beragam.

 

Apakah Aplikasi Pluang Aman?

Berbicara tentang keamanan, maka ada dua hal yang harus kita perhatikan, yakni keamanan platform dari sisi cyber security dan juga legalitas aset investasi.

 

Dari sisi keamanan aplikasi, berbeda dari aplikasi lain login via email dan password, aplikasi pluang memilih untuk login via nomor handphone dan kode OTP, yang dikirim ke email dan WhatsApp, pun setelah itu masih ada kode PIN untuk mengakses aset investasi.

 

Sedangkan untuk legalitas aset yang diperdagangkan, tercatat seluruh aset investasi yang diperdagangkan Pluang juga memiliki legalitas yang jelas, baik melalui pluang sendiri, atau dari pihak yang bekerjasama dengan Pluang.

 

Misalkan untuk investasi emas dimana risiko dari aktivitas ini dikelola oleh PT Pluang Emas Sejahtera sedangkan saham AS dikelola oleh PT PG Berjangka yang sama-sama sudah mendapatkan izin dari BAPPEBTI.

 

Aset kripto di Pluang sendiri langsung dikelola oleh PT Bumi Sentosa Cemerlang, yang menggunakan kutodian dari Fireblocks, dimana klaim dari pihak pluang, PT Bumi Sentosa Cemerlang sudah mendapatkan izin dari BAPPEBTI.

 

Sedangkan untuk reksadana, jual beli di pluang difasilitasi oleh Pluang Grow yang juga sudah mendapatkan izin dari OJK.

 

Dalam beberapa pilihan aset, Pluang memang tidak memiliki izin secara langsung, namun mereka bekerjasama dengan pihak yang sudah mendapatkan izin, dengan demikian, maka bisa dikatakan investasi di aplikasi pluang cukup aman.

 

Pilihan Aset Investasi

Di aplikasi Pluang, kita sebagai nasabah diberikan pilihan untuk melakukan investasi di empat kelas aset. Pilihan-pilihan aset tersebut diantaranya:

 

1. Saham AS

Pluang memiliki koleksi saham Amerika Serikat dengan jumlah yang cukup banyak, yakni 560. Saham-saham besar seperti Amazon, Nvidia, Google, Apple, Tesla tersedia di aplikasi. Memang, jumlah ini tidak mencakup seluruh saham AS, namun pluang masih memiliki koleksi yang cukup banyak. Bahkan kita bisa membeli Kontrak Berjangka dari saham AS seperti SNP500 dan NASDAQ100.

 

2. Reksa Dana

Jika kamu lebih suka investasi namun belum paham pasar saham, kamu bisa memilih untuk investasi di reksa dana, dimana pluang memiliki koleksi sekittar 65 reksadana terbaik di Indonesia dengan modal relatif kecil, hanya Rp. 10.000 saja. Beberapa reksa dana yang tersedia seperti Batavia Dana Kas Maxima, Bahana Dana Likuid, BNI-AM Dana Lancar Syariah, sampai Sucorinvest Market Fund.

 

3. Aset Kripto

Kripto bisa dibilang adalah aset investasi primadona anak muda, dan pluang juga menawarkan berinvestasi pada aset kripto dengan koleksi mencapai 200 aset, seperti Bitcoin, Etherium, Shiba, dan koin lainnya.

 

4. Emas

Antara Kripto dan Emas sebenarnya memiliki sentimen yang mirip, dimana kedua instrumen ini harganya cenderung naik jika ada gejolak ekonomi seperti inflasi. Jika kamu lebih suka cara yang konvensional, kamu juga bisa melindungi nilai ekonomi melalui emas.

 

Untuk pembelian emas, Pluang mengklaim sebagai pihak dengan spread terendah di pasar, dan minimal pembelian juga terjangkau, yakni dimulai dari 0,01 gram.

 

Fee dan Biaya Lain

Banyak calon investor yang tidak begitu memperhatikan biaya-biaya yang dibebankan pengelola kepada nasabah karena memang jumlahnya kecil. Biaya yang kami maksud seperti, biaya deposit, biaya tarik dana, atau biaya pembelian.

 

Kalau nominal investasi kita kecil, memang biaya ini tidak begitu terasa, namun seiring dengan meningkatnya modal investasi yang kita miliki, fee aplikasi akan berpengaruh cukup besar pada keuntungan.

 

Lalu berapa fee dan biaya lain pada aplikasi Pluang, simak dibawah ini:

JenisBesaran
Fee Saham AS0,30% untuk member reguler, 0,20% untuk pluang plus
Fee CryptoTanpa biaya transaksi, dengan sistem floating spread, dan PPN 0,11%
Fee ReksadanaGratis
Fee Konversi IDR ke USDGratis
Fee DepositGratis via e-wallet, dan Rp. 3000 via Bank BRI
Fee WIthdrawGratis penarikan pertama, Rp. 4.500 transaksi selanjutnya

 

Fitur

Bagaimana dengan fitur yang disediakan oleh pluang? berikut beberapa fitur yang bisa kamu akses:

 

Advance Order: merupakan fitur untuk order otomatis yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan keuntungan investasi seperti mengatur batas order, stop order, stop loss, dan take profit.

 

Chart Teknikal: Untuk bagian ini kita bisa mengakses beberapa fitur analisa teknikal seperti Chart dan hal lain, dimana Pluang sendiri menggunakan chart milik aplikasi Tradingview. Tradingview sendiri merupakan aplikasi yang cukup populer dikalangan investor, karena memiliki banyak fitur yang cukup bermanfaat.

 

Leverage: Untuk kamu yang sudah lama di pasar uang, tentu sudah paham istilah leverage, merupakan dana pinjaman yang bisa kita gunakan untuk tambahan modal investasi. Jika kamu investasi pada saham AS, pluang juga siap memfasilitasi leverage hingga 2 kali lipat.

 

Sinyal & Pengingat: merupakan fitur untuk memberikan notifikasi jika instrumen investasi yang sedang kamu pantau, menyentuh harga tertentu, berdasarkan yang sudah kamu terapkan. Di aplikasi lain, fitur ini sering disebut sebagai Price Alert (notifikasi harga).

 

Pocket: Pernah mendengar diversifikasi? Dalam dunia investasi, istilah ini merujuk pada menginvestasikan uang pada beberapa aset investasi, alih-alih fokus pada satu instrumen. Pihak Pluang membungkus konsep ini kedalam fitur Pocket, yang biasanya satu pocket berisi saham atau aset dengan karakteristik yang sama. Jadi dalam sekali pembelian, kamu akan mendapatkan beberapa aset investasi sejenis.

 

Investasi Rutin: Ini adalah fitur yang akan memudahkan mu untuk melakukan investasi secara rutin, dimana kita bisa mengatur jumlah yang diinvestasikan, frekuensi pembelian, tanggal mulai, hingga tanggal berakhir. Untuk dana investasinya sendiri akan langsung dipotong melalui saldo yang tersedia.

 

Pluang Cuan: Merupakan fitur untuk memaksimalkan keuntungan investasi, dimana nasabah yang berpartisipasi berhak mendapatkan imbal hasil dalam bentuk suku bunga. Bisa dibilang ini mirip dengan staking di crypto, sayangnya ketika kami mencoba untuk mencari tahu lebih jauh, tidak ada penjelasan lain yang bisa kami gunakan untuk mengkonfirmasi apakah ini staking atau fitur lain yang memang hanya dimiliki pluang.

 

Kelebihan

Apa saja hal yang coba ditawarkan oleh aplikasi Pluang? berikut beberapa kelebihan yang kami rasakan ketika menggunakan Pluang.

 

1. Pilihan Aset Banyak

Jika kita perhatikan, sebenarnya rata-rata aplikasi investasi fokus pada produk-produk tertentu saja, misalkan tokocrypto hanya fokus pada crypto, stockbit hanya fokus pada saham, dan bibit yang hanya fokus pada reksadana. Pluang memudahkan nasabah untuk tidak pindah-pindah aplikasi dengan menyediakan banyak pilihan, dimulai dari saham AS, Kripto, Reksa Dana, sampai dengan Emas.

 

Bagi beberapa orang yang lebih suka kepraktisan, Pluang bisa menjadi pilihan yang menarik, karena kita tidak perlu mendaftar di banyak aplikasi untuk investasi.

 

2. Mudah Digunakan

Untuk masalah UI/UX, Pluang juga tidak kalah dengan aplikasi lain seperti stockbit yang ramah untuk pemula. Tampilan sengaja dibuat simple, semua informasi dan fitur dibuat mudah untuk digunakan, sehingga seorang pemula pun pasti bisa menggunakan dengan mudah.

 

3. Kurs Dollar Kompetitif

Jika kita hendak membeli saham AS, layaknya aplikasi lain kita harus mengkonversi uang Rupiah yang kita miliki ke dalam bentuk dollar. Hal yang sama juga berlaku di GoTrade, bedanya kalau di Gotrade, uang yang kita depositkan akan langsung di convert ke dollar, sedangkan di Pluang, konversi bisa dilakukan saat hendak membeli saham AS saja, karena aset lain bisa kita beli dengan rupiah.

 

Jika kita bandingkan dengan GoTrade, Pluang memiliki kurs dollar yang jauh lebih kompetitif, sehingga dengan uang sama, antara GoTrade dan Pluang, jumlah dollar yang kita dapat akan jauh lebih banyak.

 

4. Biaya Terjangkau

Karena kami menggunakan pluang pada periode promo (hingga artikel ini ditulis) pluang masih menggratiskan fee penjualan dan pembelian di aplikasi, sehingga yang harus kita bayar hanyalah pajak saja. Ini cukup menguntungkan, mengingat investasi saham AS dan crypto sebenarnya memiliki fee pembelian yang cukup besar.

 

5. Modal Awal Terjangkau

Investasi adalah aktivitas yang memiliki resiko besar, maka dari itu, sebelum memutuskan untuk masuk pada pasar, ada baiknya kita belajar terlebih dahulu. Sebagai media belajar, Pluang sangat cocok. Selain banyak promo (gratis fee trading), Pluang juga memiliki minimum investasi yang sangat terjangkau, hanya Rp. 5000 saja.

 

Memang, investasi adalah tentang kapitalisasi, yang artinya, dengan uang 5 ribu, naik 5% pun tidak akan terasa, atau bahkan keuntungannya habis untuk biaya withdraw. Namun sebagai modal belajar, tentu angka ini sangat terjangkau.

 

Kekurangan

Selama menggunakan aplikasi ini, berikut beberapa kekurangan yang dimiliki Pluang:

 

Berat

Jika kamu sudah menggunakan Stockbit dan Ajaib, secara fitur Pluang sebenarnya cenderung lebih mirip dengan Ajaib, semuanya dibuat simple dan mudah untuk digunakan. Hanya saja dibandingkan Ajain, Pluang menurut kami lebih berat.

 

Harga Tidak Singkron

Harga yang ditampilkan oleh Pluang pada saat kita sedang di home sering kali berbeda dengan harga sebenarnya. Jadi, terkadang di bagian home, suatu aset seperti saham sedang turun 0,sekian persen, tapi ketika kita klik pada bagian saham tersebut, harga sebenarnya sedang naik, dan sebaliknya.

 

Harga yang ditampilkan pada bagian home, dan bagian halaman stock sering kali berbeda.

 

Kesimpulan

Jika kita hendak investasi pada saham AS, Pluang cukup recomended, selain kurs yang lebih kompetitif dibandingkan Gotrade, pada saat masa promo, kita bisa menikmati biaya trading yang lebih terjangkau. Pun dari segi kemudahan, Pluang juga lebih unggul, tidak butuh waktu sehari, kita pasti sudah bisa menggunakan.

 

Menurut kami, Pluang memang didesain untuk investor yang ingin melakukan investasi dengan lebih mudah, dan cocok digunakan untuk investasi jangka panjang. Sedangkan jika kamu ingin investasi dengan posisi swing, kami sendiri lebih suka sistem yang digunakan TokoCrypto, sedangkan untuk saham AS, masih menggunakan Pluang.

 

Jadi kesimpulannya, jika kamu lebih suka yang mudah dan simple untuk investasi jangka panjang, Pluang adalah pilihan yang tepat.

 Baca Juga: Memahami Bid dan Ask pada Saham dan Kripto

Jika ingin mendaftar di Pluang, silahkan gunakan kode referral kami dibawah ini untuk mendapatkan hadiah berupa cashback:

RAND211410
Berhasil disalin!
Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement