-->

Stockbit VS Ajaib, Fee & Fitur Mana yg Lebih Baik?

Maret 08, 2024

Diantara sekian banyak aplikasi investasi saham, Stockbit dan Ajaib merupakan dua aplikasi yang akhir-akhir ini menjadi favorit anak muda. Dibandingkan sekuritas lain yang lebih dulu membuka layanan, kedua aplikasi ini dikenal memiliki user interface yang menarik dan simple, sehingga disukai pemula.

 

Untuk masalah kemudahan dalam penggunaan, kedua aplikasi ini memang juaranya. Fitur dan tata letak menu mereka benar-benar optimal, tak heran banyak pemula merasa betah dengan aplikasi mereka. Namun investasi saham bukan hanya tentang tampilan aplikasi kan? Mana sebenarnya yang lebih baik antara ajaib vs stockbit?

 

Dalam review kali ini, kami akan mengajak kalian untuk membandingkan dua aplikasi ini, baik dari sisi keamanan, fee, minimal deposit, minimal withdraw, dan fitur penting lainnya. Jadi silahkan baca hingga akhir ya.

stockbit vs ajaib

 

1. Legalitas

StockbitAjaib
YaYa

Untuk legalitas, di OJK, Ajaib melalui PT Ajaib Sekuritas Asia tercatat memiliki dua izin usaha yakni sebagai Anggota Bursa dan PPE (Perantara Perdagangan Efek). Pun dengan PT Stockbit Sekuritas Digital yang menjadi nama perusahaan aplikasi Stockbit, mereka juga memiliki dua izin usaha yang sama yakni sebagai Anggota Bursa dan PPE.

 

Jadi jika kita lihat dari sisi legalitas, antara ajaib dan stockbit sebenarnya sama saja, dua-duanya kini memiliki izin yang sah untuk menjadi broker saham, yang tentu saja sudah terdaftar dan diawasi oleh Ojk.

Baca Juga: Kode Broker ZP Milik Siapa? Cek Disini

2. Fee Jual Beli


Fee belifee jual
Stockbit0,15%0,25%
Ajaib0,1513%0,253%

Dibandingkan dengan crypto, fee jual beli saham yang diterapkan perusahaan sekuritas sebenarnya relatif lebih kecil, namun tetap saja ini merupakan elemen penting untuk memaksimalkan keuntungan investasi, apalagi jika kamu memilih untuk trading atau scalping.

 

Di ajaib, untuk pembelian saham kamu akan dikenakan biaya 0,1513%, sedangkan untuk fee penjualan sebesar 0,253%. Di aplikasi stockbit, fee beli saham sebesar 0,15%, dan fee penjualan sebesar 0,25%.

 

Bisa kita lihat, kedua aplikasi ini hanya memiliki selisih 0,0 sekian %, yang perbedaan selisih fee ini sebenarnya sangat kecil. Hanya saja, jika Stockbit memang lebih murah.

 

3. Biaya Pembuatan Akun

StockbitAjaib
GratisGratis

Apakah pembuatan akun di Ajaib dan stockbit dikenakan minimal deposit? Baik di Stockbit ataupun Ajaib, ternyata sama-sama menerapkan aturan bisa membuka akun, termasuk akun untuk RDN, dengan biaya Nol rupiah alias gratis.

 

Jadi keduanya sama-sama tidak ada minimal deposit, jumlah deposit bisa kamu lakukan sesuai dengan jumlah saham yang hendak kalian beli.

 

4. Produk Investasi


Produk Investasi
StockbitJual beli saham, E-IPO.
AjaibJaul beli saham, e-ipo, ETH, Reksadana, aset kripto, dan obligasi.

Di Ajaib, setidaknya ada lima pilihan investasi yang bisa kita lakukan, dimulai membeli saham, e-ipo, ETH, Reksadana, aset kripto, dan obligasi.

 

E-ipo sendiri merupakan pilihan untuk membeli saham yang akan listing perdana di bursa efek. Sedangkan Stockbit memang lebih fokus pada saham saja, sehingga di stockbit kita hanya bisa membeli saham yang sudah listing di BEI dan E-ipo.

 

Dari hal ini, ajaib memang lebih unggul, dalam satu aplikasi kita bisa membeli pilihan investasi lain seperti reksadana dan kripto.

 

5. Fitur Trading


StockbitAjaib
ScrennerYaYa
Price AllertYaYa
Auto Stop Loss & Take ProfitTidakYa
Xday TradingTidakYa
StreamYaTidak
Bandar DetectorYaTidak
Mobile AppsYaYa
Dekstop AppsYaTidak
Program ReferralTidakYa

Keduanya sebenarnya sama-sama memiliki fitur umum pada platform trading seperti broker summary, laporan keuangan, News.

 

Namun Ajaib memiliki fitur xDayTrading yang memungkinkan kita untuk trading dengan buying power 7 kali lipat dari saldo yang kita miliki. Selain itu ajaib juga memiliki program referral, dimana baik yang mengajak atau yang diajak sama-sama berhak untuk mendapatkan saham gratis.

 

Namun, program saham gratis ini jika kita telaah lebih lanjut kurang begitu menarik, karena jumlahnya hanya 1 lot, dan rata-rata untuk hadiah sahamya berada di rentan harga Rp. 70, - Rp. 50, yang jika kita uangkan, jumlah hadiahnya hanya Rp. 5000 saja per orang.

 

Stockbit tidak memiliki program referral, namun mereka unggul dalam hal fitur untuk trading seperti bandar detector, steam untuk komunitas, sampai informasi fundamental.

 

Dengan mempertimbangkan kebutuhan trading, kami sendiri lebih suka fitur yang dimiliki stockbit, kedua-duanya sama-sama memiliki scanner, namun stockbit memiliki bandar detector serta pada orderbook mereka juga menambahkan frekuensi untuk mendeteksi uang besar sedang bertransaksi.

 

Belum lagi jika kamu ingin trading pada level advance, menggunakan desktop akan membuatmu lebih leluasa.

 

Sejauh ini stockbit lah yang sudah memiliki desktop apps, meski masih versi beta. Pun dari jumlah fitur yang belum kami sebutkan, stockbit memiliki fitur yang jauh lebih banyak.

 

6. User Interface

Terakhir, review Stockbit VS Ajaib kali ini akan membandingkan user interface yang mereka miliki. Keduanya bisa dibilang merupakan aplikasi investasi pendatang baru, dan sama-sama menargetkan anak muda yang baru belajar investasi.

 

Tidak heran jika kedua aplikasi ini sebenarnya sudah memiliki desain yang lebih modern, mereka memiliki berbagai fitur penting, namun tetap simple dan mudah digunakan.

 

Untuk user interface, menurut kami aplikasi ini skornya sama, keduanya cukup menarik dan mudah untuk digunakan. Tentu Stockbit sedikit lebih unggul, karena fitur yang dimiliki stockbit lebih banyak namun tetap mudah untuk diakses.

 

Kesimpulan

Kedua aplikasi ini sebenarnya sama-sama bagus, untuk masalah fee, stockbit memang lebih unggul, namun perbedaanya menurut kami juga gak terlalu signifikan, karena hanya berbeda 0,000 sekian.

 

Pun dengan Ajaib yang memiliki program referral dengan hadiah saham gratis. Meski stockbit tidak memiliki, namun hadiah saham yang diberikan juga tidak terlalu besar.

 

Namun untuk kebutuhan investasi, seperti informasi dan fitur trading, menurut kami stockbit lebih unggul, dimana ada banyak sekali konten yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kemampuan investasi kita, baik melalui stockbit academy atau steam, percakapan dengan member lain.

 

Tentu saja, kebutuhan kamu mungkin beda dengan kami, dan silahkan tentukan aplikasi investasi kalian sesuai dengan kebutuhan kalian. Sampai jumpa di artikel lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel tentang saham di typograp.com lainya

Baca Juga: Apa itu Bid dan Ask pada Aplikasi Saham?

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement