-->

Review Triv: Fee, Fitur, Kelebihan, Kekurangan

Maret 07, 2024

Ketika suku bunga sedang turun, banyak orang lebih memilih untuk mengalokasikan uang yang mereka miliki ke instrumen investasi, sekarang instrumen investasi ada banyak, tidak hanya saham, namun juga ada crypto.

 

Setelah sebelumnya kami membandingkan antara TokoCrypto dan Indodax, dalam kesempatan kali ini kami akan mereview Triv, salah satu crypto exchange yang koleksi aset investasinya jauh lebih banyak dibandingkan platform lain.

 

Jadi buat kamu yang baru kenal dengan platform satu ini, dan ingin mengenal lebih jauh terkait layanan, legalitas, kelebihan, hingga kekurangannya, silahkan simak review dari typograp.com kali ini.

 

Siapa itu Triv?

Review Triv

Triv adalah marketplace cryptocurrency dan digital aset di Indonesia yang berdiri pada tahun 2014 dengan nama PT Tiga Inti Utama yang beralamat di Jalan Tambakrejo Nomor 44-46, kelurahan Simokerto, Kecamatan Simokerto, Surabaya Jawa Timur (sumber: bappebti.go.i).

 

Dengan modal sebesar 20 miliar, Gabriel Rey selaku CEO membuat marketplace bernama triv dengan alamat web triv.co.id.

Baca Juga: Apakah TokoCrypto Aman? ini 5 Pertimbangannya

Tidak seperti crypto exchange lain seperti TokoCrypto atau Indodax yang hanya fokus pada crypto, Triv memiliki produk dan aset perdagangan yang jauh lebih banyak, dimulai dari crypto, saham AS, e-money (paypal, skill, etc), sampai dengan pembayaran pulsa dan tagihan lain.

 

Jadi tidak hanya digunakan untuk investasi crypto, kita juga bisa menggunakan triv kebutuhan lain seperti membeli paypal, pulsa, hingga tagihan PLN.

 

Apakah Triv Aman?

Bagaimana dengan keamanan triv? dari sisi legalitas, tercatat triv juga sudah mendapatkan izin dari bappebti pada tanggal 31 Januari 2020, melalui surat bernomor 001/BAPPEBTI/CP-AK/01/2020 atas nama PT Tiga Inti Utama.

 

Dari segi keamanan aset investasi, pihak triv juga sudah menyiapkan mitigasi risiko dengan sangat baik, dimana aset yang mereka miliki telah diasuransikan di Bitgo dan LLoyd England dengan jumlah sebesar 100 Juta USD.

 

Sedangkan terkait keamanan platform, triv juga telah menerapkan sistem keamanan berlapis, dimulai dari password, kode OTP saat login, sampai dengan kode pin.

 

Dari semua ini, yang paling menarik dari triv sebenarnya terletak pada pilihan perusahaan untuk mengasuransikan seluruh aset yang mereka miliki.

 

Yang artinya, jika ada kejadian yang tidak diinginkan, seperti peretasan atau hal lain yang menyebabkan kerugian, seharusnya tidak akan berdampak ke pelanggan, karena seluruh aset yang mereka miliki telah diasuransikan.

 

Dengan melihat hal ini, bisa kita simpulkan bahwa triv sebagai platform investasi saham AS dan cryptocurrency bisa dijamin keamanannya.

 

Fee Jual Beli, Withdraw, Deposit

Hampir seluruh platform investasi sebenarnya mengambil keuntungan dari fee setiap layanan yang mereka hadirkan. Berikut rincian fee di Triv:

 

*Ket

Triv Spot: Exhange yang menggunakan mata uang IDR untuk transaksi.

Triv Market: Exchange yang menggunakan mata uang USDT untuk transaksi.

TipeTriv SpotTriv Market
Beli Crypto & Aset lain
GratisMaker&Taker 0.1 %
Jual Crypto & Aset lainGratisMaker&Taker 0.1 %
Kirim BTC ke exhcange lain0.00050.0005
Kirim ke sesam memberGratisGratis
Withdraw ke IDR0,1%0,1%
Min WIthdrawRp. 15.000Rp. 15.000
Min DepositRp. 50.000Rp. 50.000

 

Pilihan Aset

Diatas memang kami sudah disebutkan bahwa triv memiliki aset perdagangan yang jauh lebih banyak dibandingkan crypto exchange lainnya, lalu apa saja yang bisa kita beli di triv? berikut pembahasan lengkapnya:

 

Crypto

Hampir sebagian besar crypto yang biasa di jadikan favorit investor Indonesia tersedia disini dimulai dari Bitcoin, Shiba Inu, Pepe, DOGECoin, Bonk, Etherium, Ondo, Stellar, Ripple, Litecoin, dan sebagainya.

 

E-money

Jika kamu sering melakukan transaksi dengan orang luar, selain menggunakan Tether USD, kamu juga bisa menggunakan e-money. Uang elektronik yang bisa kamu beli di triv adalah paypal dan Perfect Money USD.

 

Saham AS

Crypto memang salah satu aset investasi yang kenaikannya cenderung periodik. Sembari menunggu periode bull crypto selanjutnya, kamu juga bisa berinvestasi saham AS di triv. Hanya saja, apa saham AS yang ada di Triv adalah token digital yang nilainya satu dibanding satu, bukan real saham AS.

 

Emas

Untuk pilihan emas yang tersedia dijual belikan di triv saat ini hanya ada satu, yakni Pax Gold.

 

Bayar Tagihan

Sedangkan untuk kategori bayar tagihan, disini kamu bisa membeli pulsa, token listrik, paket data, dan pembayaran tagihan lain seperti PLN sampai Telkom.

 

Fitur

Taket & Maker

Maker adalah menjual atau membeli aset berdasarkan harga tertentu (antri), sedangkan maker kita membeli atau menjual aset berdasarkan harga di pasar (Bid Ask). Di triv kamu juga bisa melakukan maker ataupun taker.

 

Triv Staking

Jika di Bank kamu bisa menyimpan uang dalam bentuk deposito untuk mendapatkan bunga yang lebih baik, di crypto ada fitur staking, dimana ini merupakan fitur untuk mengunci aset kripto yang kita miliki, dan sebagai imbalannya kamu akan diberikan bunga. Di triv, kamu juga bisa melakukan hal seperti ini.

 

Autoinvest

Merupakan fitur untuk memudahkan kamu investasi crypto bulanan, dimana pembayaran langsung didebet dari walet kamu.

 

Swap

Model pembelian yang simple, dimana harga langsung mengikuti apa apa yang ada di market (taker).

 

Triv Market & Triv Spot

Ini adalah fitur yang digunakan untuk trading crypto dan saham AS, dimana seluruh fitur yang biasa digunakan untuk trading tersedia disini. Triv spot menggunakan mata uang rupiah, sedangkan Triv market menggunakan mata uang USTD.


Gadai Crypto

Punya kripto, dan ingin mendapatkan cash namun enggan untuk menjualnya? kamu bisa menggunakan fitur Gadai Kripto dari triv, yang bahkan bisa cair kurang dari 2 menit.

 

Kelebihan

Fee Kompetitif

Soal fee, sebenarnya triv tidak kalah kompetitif dengan platform crypto exchange lainnya seperti TokoCrypto, yang memang fee taker dan maker kedua platform ini sama, Namun jika trading di triv spot, biayanya gratis. Menarik bukan?

 

Pun dengan fee withdraw, di triv kita hanya dibebankan biaya 0,1%, sedangkan TokoCrypto flat sebesar Rp. 10,000. Jika kamu masih dalam tahap belajar dengan uang kecil, triv lebih menarik.

 

Pilihan Deposit Banyak

Mau deposit via bank, setor tunai, atau digital wallet? semua bisa kamu lakukan, karena memang triv terkenal dengan pilihan depositnya yang melimpah.

 

Aset Investasi Banyak

Soal pilihan aset investasi, Triv juaranya, tidak hanya kripto, kamu juga bisa membeli token saham AS. Bahkan kalau ingin beli pulsa atau tagihan PLN Juga bisa diaplikasi ini. Cocok untuk kamu yang ingin satu aplikasi mencakup semua kebutuhan.

 

Bisa Staking

Jika kamu termasuk investor kripto jangka panjang, kamu juga bisa menggunakan fitur staging dari triv untuk mendapatkan pasif income. Sistem keuntungannya ini mirip dengan deposito, dan tidak semua crypto exchange memilikinya.

 

Bisa Trading

Memang tidak semua aplikasi investasi di Indonesia cocok untuk trading, beberapa memang didesain untuk investasi. Namun triv tidak demikian, baik trading harian atau investasi jangka panjang memungkinkan untuk kita lakukan di triv.

 

Kekurangan

Jika kita lihat dari sisi fee dan fitur yang mereka tawarkan, triv sebenarnya cukup menarik. Namun jika kita bandingkan dengan exchange lain, salah satu kekurangan yang dimiliki triv adalah jumlah penggunanya, yang masih kalah dengan tokocrypto (jumlah download aplikasi).

 

Hal lain yang menurut kami kurang bagus adalah layanan customer servicenya, kami sendiri mencoba menghubungi CS untuk mencari tahu terkait saham AS (ketika belum paham tentang token Saham AS), jawaban via live chat tidak menjawab pertanyaan.


 Baca Juga: Hitung Mundur Halving Bitcoin 2024

Jika tertarik untuk mendaftar di triv, silahkan gunakan link afiliasi dari typograp.com untuk mendapatkan Credit "Spin & Win" dimana kamu berhak berkesempatan mendapatkan hadiah paling besar 0.1953 ETH atau bisa juga menggunakan exchanger lain seperti tokocrypto atau Indodax.

 

Daftar di Triv

Dapatkan bonus 0.0001 - 0,1953 ETH melalui spin & win Triv dengan link afiliasi kami. Klik menu daftar dibawah untuk melakukan pendafaran di triv

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement