-->

TokoCrypto VS Indodax: Fee & Fitur, Mana yang Unggul? ๐Ÿš€๐Ÿ”ฅ

Februari 18, 2024

Awal tahun 2024 menjadi tahun kebangkitan Cryptocurrency, dimana ditahun ini Bitcoin mengalami periode halving yang dipercaya akan melambungkan harganya seperti yang terjadi di tahun 2020 silam. Ketika kita berbicara tentang investasi crypto, maka TokoCrypto dan Indodax merupakan Crypto Exchange yang paling banyak digunakan.

 

Keberadaan Indodax atau Tokocrypto memang sangat penting, karena tanpa mereka kita tidak bisa membeli, menjual, atau melakukan pertukaran aset crypto. Keduanya memang dikenal sebagai platform crypto terbesar di Indonesia, lalu manakah yang terbaik diantara mereka?

 

TokoCrypto VS Indodax, Mana yang lebih Baik?

indodax vs tokocrypto

Dalam kesempatan kali ini, typograp.com akan mengajak kamu mengetahui satu yang terbaik dengan cara membanding biaya perdagangan, market cap, dan elemen lain yang penting untuk kebutuhan investasi crypto.

 

1. Legalitas

Penting bagi kita untuk memastikan bahwa pihak yang kita gunakan untuk investasi memiliki legalitas yang jelas, sehingga aktivitas investasi kita dijamin oleh negara.

 

Kabar baiknya, TokoCrypto dan Indodax sama-sama sudah terdaftar di BAPPEBTI, dimana TokoCrypto mendapatkan izin pada tanggal 21-11-2019 dengan nomor izin 001/BAPPEBTI/CP-AK/11/2019, sedangkan Indodax mendapatkan izin pada tanggal 31-1-2020 dengan nomor izin 002/BAPPEBTI/CP-AK./01/2020.

 

Jadi, kedua-duanya AMAN.

Baca Juga: ID Referensi Tokocrypto Gratis Fee Trading

2. Fee Jual Beli

Terkait biaya jual crypto, platform Crypto Exchange memiliki dua istilah yang sering digunakan yakni Maker dan Taker. Maker terjadi ketika trader melakukan penjualan atau pembelian dengan menetapkan limit harga di order book.

 

Penjualan atau pembelian baru akan dieksekusi jika harga sudah sesuai dengan yang di tetapkan. Sedangkan taker merupkan transaksi yang dilakukan secara langsung, dengan mengikuti harga pasar saat itu.

 

Di Indodax, biaya taker adalah 0.51%, sedangkan makernya 0% alias gratis. Di TokoCrypto, biaya maker dan taker sama, yakni 0,1%.

 

Maka, dari sisi biaya perdagangan, TokoCrypto memberikan biaya yang jauh lebih kompetitif.

 

2. Biaya Deposit

Biaya deposit umumnya digunakan untuk membayar biaya atas penggunaan payment gateway ketika pelanggan ingin melakukan setor dana. Di Indodax, biaya deposit antar bank dengan nominal kurang dari Rp. 500.000, adalah Rp. 2.000, sedangkan diatas Rp. 500.000 biayanya gratis. Jika menggunakan digital wallet, biaya berkisar antara 0.70% sampai 2%.

Di TokoCrypto, biaya deposit hanya dibebankan untuk pengguna e-wallet saja sebesar 2%. Untuk hal ini, TokoCrypto masih unggul.

 

3. Fee Withdraw

Biaya lain yang penting untuk kita perhatikan adalah biaya penarikan. Indodax seperti sebelumnya juga mengklasifikasikan biaya berdasarkan jumlah penarikannya, dimana untuk penarikan dibawah Rp 100.000.000, dikenakan biaya Rp 12.500, sedangkan untuk penarikan diatas Rp 100.000.000, dikenakan biaya Rp 50.000,.

 

Kalau di tokoCrypto, biaya penarikannya adalah Rp. 10.000, untuk berapapun jumlahnya. Dari segi biaya withdraw pun TokoCrypto lebih baik dibandingkan indodax.

 

4. Spread

Spread merupakan selisih antara harga jual dan beli (bid-ask), Spread sangat berkaitan dengan likuditas market. Jika Crypto Exchange mampu memberikan spread yang kecil, itu artinya investor akan diuntungkan karena bisa membeli aset dengan harga lebih murah, pun ketika dengan melakukan penjualan, likuditas yang tinggi akan memastikan penjualan bisa berjalan dengan cepat.

 

Tercatat, Indodax mampu memberikan spread yang lebih kecil, yakni 0,007%, sedangkan tokocrypto spreadnya mencapai 0,3%.

 

Ini juga yang menjadi alasan, kenapa membeli crypto di Indodax bisa mendapatkan jumlah yang lebih banyak, meski menggunakan jumlah uang yang sama.

 

5. Rank CMC

CMC merupakan singkatan dari CoinMarketCap, merupakan rangking yang dibuat oleh website coinmarketcap.com yang dihitung berdasarkan likuidtas, volume perdagangan, sampai traffik.

 

Per 19 Februari 2024, TokoCrypto berada di rangking 18 dengan volume trading mencapai $15,672,806, sedangkan Indodax berada di urutan ke 70 dengan volume trading mencapai $11,197,697.

 

Itu artinya, untuk saat ini jumlah transaksi terbanyak ada di TokoCrypto.

 

6. Jumlah Coin

Seperti yang kita tahu bahwa Crypto tidak hanya bitcoin saja, namun masih banyak lagi jenisnya dimulai dari ETH, FIAT, ETF, BNB, dan lain-lainnya. Dari segi jumlah koin yang tersedia untuk di perdagangkan, TokoCrypto juga masih unggul dengan koleksi sebanyak 342 koin, sedangkan Indodax hanya 331.

 

7. User Interface & Server

Jika kamu mencari platform yang memiliki user interface yang simple dan cocok untuk newbie, maka Indodax adalah pilihan yang ideal. Pada versi mobile apps, setiap display coin, kita hanya diberikan informasi penting saja seperti candlestick harga dan juga menu jual beli.

 

Sedangkan di aplikasi TokoCrypto memang sedikit lebih kompleks (tidak sekompleks binance), hanya saja masih mudah untuk diikuti, dan informasinya lebih lengkap.

 

Indodax pun sebenarnya tidak jauh berbeda, namun informasi yang seperti ini tersedia untuk versi dekstop saja, yakni via web. Untuk hal ini, antara TokoCrypto dan Indodax kurang lebih sama, termasuk dengan performa server.

 

8. Program Refferal

Kedua platform ini juga memiliki program refferal, dimana kamu berhak mendapatkan hadiah trading fee dari setiap orang yang berhasil kamu ajak daftar di platform mereka. Lagi-lagi untuk segemen ini TokoCrypto masih unggul, dimana mereka berani memberikan bonus yang berlaku seumur hidup, sedangkan Indodax bonus hanya berlaku di 3 bulan pertama saja.

 

Menariknya, bonus trading fee di TokoCrypto tidak hanya berlaku untuk orang yang mengajak saja, yang diajak juga berkesempatan mendapatkan bonus trading fee yang berlaku selamanya.

Baca Juga: Cara Daftar Akun di TokoCrypto

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas bisa kita simpulkan bahwa antara Tokocrypto dan Indodax,  TokoCrypto memiliki keunggulan yang jauh lebih banyak, tidak hanya soal biaya trading, namun juga fee deposit dan withdraw, dimana elemen-elemen ini memiliki peran penting untuk memaksimalkan keuntungan investasi kita.

 

Sedangkan satu-satunya keunggulan Indodax sendiri terletak di spread jual beli yang lebih kecil.

 

Jika kamu berniat untuk investasi crypto, kamu bisa mendapftar di TokoCrypto dengan menggnakan kode refferal typograp.com, dimana dengan kode refferal ini, kamu berhak mendapatkan bonus fee trading sebesar 5% berlaku selamanya.

 

Daftar dengan kode referral tidak akan membuat kamu rugi. Justru kamu akan diuntungkan karena mendapatkan cashback setiap melakukan transaksi selamanya. Jika tidak menggunakan kode referral, bonus cashback transaksi ini akan hangus. Copy kode referral kami atau klik menu daftar dibawah ini.

Daftar di TokoCrypto

Nikmati cashback 5% untuk setiap transaksi dengan menggunakan kode referral kami: A65811WQ atau klik menu dibawah

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement