-->

13 Ide Konten Live TikTok yang Menarik & Bermanfaat

Mei 09, 2024

Di sosial media, live merupakan salah satu cara untuk terhubung langsung dengan follower. Melalui fitur ini kita bisa menjawab pertanyaan dan mendapatkan masukan secara real-time. Itu sebabnya, jika kamu salah satu content creator di TikTok, live harus menjadi salah satu strategi menjangkau lebih banyak follower.

 

Meski demikian, banyak pemula merasa ragu untuk live, karena konten seperti ini memang memerlukan perhatian yang serius. Maksudnya apa yang akan kita upload di sosial media tidak melalui proses edit, yang artinya, sebisa mungkin kita menghindari terjadinya kesalahan.

 

Belum selesai berkutat dengan hal teknis, kita juga harus memikirkan tema konten yang akan digunakan untuk live di TikTok. Untuk mempermudah kamu menemukan lebih banyak pilihan, typograp.com akan membagikan beberapa ide konten live TikTok, yang tidak hanya bermanfaat, namun juga menarik untuk follower kamu.

13 Ide Konten Live TikTok yang Menarik & Bermanfaat

1. Tanya Jawab

Ini merupakan salah satu ide konten yang cukup banyak dilakukan oleh content creator, meski demikian, bukan berarti melakukan sesi tanya jawab (Q&A) adalah hal basic dan kurang menarik untuk dilakukan. Di sosial media orang memang mencoba untuk berbeda dari orang lain untuk mendapatkan atensi, namun konten Tanya Jawab tetap memiliki peran yang sangat penting.

 

Orang yang mengikuti mu di sosial media bisa dikatakan adalah orang yang tertarik dengan kamu, dan itu artinya apa yang kamu lakukan, pikirkan, dan seperti apa kepribadianmu adalah hal menarik bagi mereka.

 

Tidak hanya menambah jumlah pengikut, konten tanya jawab seperti ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat pengikut semakin kenal, dan terhubung dengan mu. Relatif mudah untuk dilakukan, namun hasilnya juga sangat baik untuk perkembangan akun TikTok mu.

Baca Juga: 40 PP Anime Keren dan Aesthetic

2. Interview & Kolaborasi

Jika kamu masih dalam posisi untuk mendapatkan perhatian dari lebih banyak audiens, tidak ada ide konten live yang lebih efektif dan efisien dari pada interview dan kolaborasi.

 

Hal ini karena jenis konten seperti ini tidak hanya menarik bagi follower kamu, namun juga bisa mengundang audiens baru dari content creator yang kamu ajak kolaborasi.

 

Namun kamu harus sedikit selektif dalam memiliki partner kolaborasi, pastikan mereka memiliki niche yang sama. Untuk topik, sebisa mungkin mencari pembahasan yang bagi banyak orang sudah familiar.

 

Terakhir, jangan lupa untuk menyiapkan Call to Action di akhir sesi kepada audiens baru untuk mengikuti dan melihat lebih banyak konten yang telah kamu buat.

 

3. Bergabung dengan TikTok Challenge

Bisa dibilang TikTok merupakan salah satu sosial media yang posisinya cukup kuat dalam kontribusi Challenge yang ada di internet. Membuat Challenge baru atau bahkan bergabung pada suatu Challenge menjadi salah satu tren yang mulai banyak dilakukan.

 

Jadi kenapa tidak mencoba hal ini saja? cukup pilih salah satu yang menurutmu menarik, dan bawa ke sesi live.

 

Buat setiap Challenge yang kamu ikut memiliki tujuan untuk menghibur pengikut, jika apa yang kamu lakukan memang menarik, ini tidak hanya menghibur mereka, namun juga bisa mempengaruhi mereka untuk ikut kedalam challenge yang akhirnya viral.

 

Dengan memanfaatkan beberapa fitur secara kreatif, misalnya memadukan antara tagar Challenge dan branded, kamu bisa mendorong lebih banyak kunjungan ke akun profil TikTok mu.

 

4. Streaming Game

Game sudah menjadi salah satu industri yang besar di era digital ini. Jika dahulu game hanya dijadikan sebagai aktivitas pelepas penat, kini tidak sedikit orang yang mencari uang melalui game. Dan jauh sebelum TikTok ramai seperti sekarang ini, banyak gamer yang melakukan live streaming di Twitch.

 

Jika kamu memang seorang gamer, kenapa tidak membawa live streaming game sebagai salah satu ide konten untuk live di TikTok?

 

Jika membutuhkan ide yang lebih banyak, kamu bisa meniru streamer lain yang sudah sukses di platform lain, misalkan Jess No Limit yang fokus pada satu game seperti Mobile Legends, atau mengambil jalan seperti Windah Basudara yang bermain banyak game.

 

Jika kamu memang ada budget, dekorasi tempat untuk live sebaik mungkin, dimulai dari lighting dan aksesoris yang relevan dengan gamer.

 

Jika hal seperti ini tidak mungkin untuk dilakukan, kamu bisa memaksimalkan hal lain, seperti melakukan interaksi lebih intens, membagikan tips ketika bermain, atau hal lain yang tidak hanya menghibur, namun juga bermanfaat untuk pengikut kamu.

 

5. Bermain Billiard

Sejak lama, Billiard sudah menjadi salah satu permainan yang banyak disukai orang, khususnya bagi mereka yang hobi keluar dan nongkrong. Apakah jago dalam bermain Billiard? jika demikian, kamu juga bisa menjadikan ini sebagai ide live TikTok yang tidak kalah menarik.

 

Selain melakukan live pada saat sesi latihan, sesekali kamu juga bisa mengajak followers untuk melihat event atau turnamen yang ada di kotamu. Meskipun hanya bermain, tanpa terus-terusan melihat layar, atau bahkan menjawab pertanyaan, banyak orang yang senang melihat konten seperti ini.

 

Apalagi jika kamu ternyata cukup jago bermain Billiard, ini akan menjadi nilai tambah bagi pengikut untuk terus menonton sesi live kamu di TikTok.

 

6. Bermain Kuis

Penonton live streaming pada dasarnya senang jika mereka dilibatkan, hal yang sama juga berlaku pada TikTok. Jika demikian, maka salah satu konten live TikTok yang menarik adalah yang mampu melibatkan audiens dalam jumlah yang banyak, dan kuis termasuk salah satu ide konten yang demikian.

 

Lebih enaknya lagi, konten kuis seperti ini juga fleksibel, dalam artian bisa dilakukan sendirian, atau bareng-bareng dengan konten kreator lainnya. Sebelum live, hal yang harus kamu siapkan adalah materi untuk kuis, jika kamu malas untuk menyiapkan sendiri, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa website yang menyediakan kuis.

 

Cukup kunjungi website penyedia kuis, jawab satu per satu kuis yang ada disana bersama penonton, dan kamu bisa bersenang-senang bersama.

 

7. Nonton Bareng

Tidak semua penikmat konten di sosial media itu membutuhkan sesuatu yang bermanfaat, sebagian besar dari mereka sebenarnya justru mencari konten-konten yang bisa menghibur mereka.

 

Jika dahulu menonton TV adalah cara mudah mendapatkan akses hiburan, kini sosial media menjadi alternatif yang justru disukai banyak orang.

 

Jika demikian, kenapa kamu tidak mencoba seperti saluran televisi yang menayangkan sebuah lomba seperti bola voli, sepak bola, balap motor, atau acara lain?

 

Dibandingkan dengan acara di televisi, orang biasanya akan lebih suka nonton via live streaming seperti ini, karena mereka bisa mengekspresikan diri dengan lebih baik, meski hanya via komen.

 

Satu yang harus kamu perhatikan, pastikan acara yang kamu jadikan live streaming bukan acara yang lisensi penayangannya sudah dipegang pihak lain agar kamu tidak tersangkut permasalahan hukum.

 

8. Mancing

Bagi beberapa orang, internet tidak jauh berbeda dengan kehidupan sehari-hari, dalam artian ini bukanlah tempat yang 100% aman, karena apa yang kita bagikan, memiliki potensi untuk dilihat dari seluruh penjuru dunia.

 

Itu sebabnya, beberapa konten kreator mencoba untuk mencari ide live TikTok tanpa wajah yang bisa dibilang relatif lebih private.

 

Jika terkenal bukanlah tujuan yang ingin kamu capai, melakukan live tanpa memperlihatkan wajah juga bisa pilihan, yang bahkan peluang konten kamu di sukai juga cukup besar. Contohnya seperti konten mancing, kamu hanya perlu mengarahkan kamera ke joran pancing, dan sesekali ngobrol dengan penonton.

 

Agar konten live memancing ikan atau belut kamu lebih menarik, sebelumnya kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan dulu terkait spot yang banyak ikannya. Jangan sampai, penonton yang sudah lihat live kamu di TikTok justru kecewa, karena satu jam menonton, kamu belum mendapatkan satu ikan pun.

 

Apalagi jika spot yang kamu pilih memiliki pemandangan yang indah, ini akan menjadi poin tambahan untuk konten TikTok kamu.

 

9. Ngoding & Bug Hunter

Seperti yang kita tahu, banyak orang yang sebenarnya sangat penasaran dengan hacker, atau orang yang memahami coding dengan baik. Jika kamu memang seorang programmer, dan ingin mencoba peruntungan di TikTok, mencoba membuat aplikasi atau melakukan bug hunter bisa menjadi salah satu ide konten live TikTok tanpa wajah lainnya.

 

Agar live kamu lebih menarik, jangan lupa untuk menyiapkan ruangan live dengan dekorasi khas ala anak-anak tech bro.

 

Meski kamu jago coding dan cyber security, dan penonton suka dengan konten hacking, tentu saja kamu tidak boleh melakukan ini, apalagi pada saat live. Pilihlah pembahasan yang tidak melanggar hukum, serta tidak menginspirasi orang lain untuk berbuat jahat.

 

10. Main Musik

Lanjut pada ide untuk live TikTok yang ke 9, yang sepertinya akan cocok untuk kamu yang memang jago bermain musik, entah itu piano, bernyanyi, gitar, atau alat musik lainnya. Umumnya streamer TikTok yang bergelut dalam tema ini sering live dalam bentuk group, atau bahkan sendirian.

 

Bahkan beberapa diantaranya tidak ragu untuk melakukan sesuatu yang tidak biasa, dimulai dari bernyanyi di perempatan jalan, sampai meniru gaya musisi.

 

Jika memang kamu memiliki skil diatas rata-rata, kamu bisa live bermain musik dengan memamerkan skil musik yang kamu miliki. Namun jika skil kamu biasa saja, dan ingin memastikan kamu mendapatkan atensi, melakukan hal-hal tidak biasa, seperti bernyanyi di perempatan bisa menjadi alternatif.

 

11. Belajar

Apakah kamu membutuhkan ide konten TikTok yang tidak hanya disukai, namun juga bermanfaat? Jika kamu memang menekuni sosial media melebihi orang lain, tentu kamu tahu bahwa jumlah pelajar yang bermain sosial media itu sangat banyak.

 

Lalu kenapa kita tidak mencoba live di TikTok dengan belajar mata pelajaran yang biasa diajarkan di sekolah?

 

Memang tidak semua anak suka belajar, namun jumlah anak yang ingin tetap produktif sambil bermain sosial media pasti jumlahnya juga tidak sedikit. Jika kamu memang suka dengan mata pelajaran tertentu seperti matematika, kamu bisa membuat live dengan mengerjakan soal.

 

Izinkan penonton untuk request materi apa yang dibahas, dan ajak mereka untuk mengerjakan bersama-sama. Jika penonton ada yang tidak tahu bagaimana cara mengerjakan, mereka bisa langsung bertanya melalui kolom komentar.

 

12. Jalan-jalan

Penulis pernah membaca di internet, yang mengatakan bahwa secara psikologi, kebutuhan manusia itu ada 2, yakni kebutuhan untuk diakui, dan mengetahui hal baru. Meski travel vlogger jumlahnya sudah tak terhitung, namun konten jalan-jalan yang menelusuri tempat indah, dan belum banyak diketahui orang pasti akan tetap disukai.

 

Apalagi jika kamu memang hobi jalan-jalan, sembari menambah daftar tempat yang suka kamu eksplorasi, kamu bisa mencoba peruntungan dengan mendapatkan banyak pengikut dari sosial media.

 

Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan modal untuk traveling selanjutnya hanya dengan live TikTok, atau bahkan ini bisa jadi pekerjaan utama. Sangat seru bukan, jalan-jalan tapi pemasukan juga aman.

 

13. Review Makanan

Ada banyak konten kreator yang terjun begitu saja dengan membahas apapun yang menurut mereka disukai orang lain. Namun ketika sudah mendapatkan atensi, seiring berjalannya waktu, mereka kebingungan harus membahas apa lagi, karena memang jumlah konten yang bisa di eksplore cukup sedikit.

 

Jika kamu mencari ide konten yang mudah, pilihannya banyak, sehingga tidak takut akan kehabisan ide, review makanan bisa menjadi pilihan.

 

Kamu bisa memberikan honest review terkait kedai-kedai makanan yang ada di kotamu dimulai dari rumah makan sederhana, sampai restoran fancy, jumlahnya cukup banyak bukan? Atau kalau kedai di kota mu sudah di kunjungi semua, kamu bisa melipir ke kota terdekat lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Tulisan Bio dan Nama Aesthetic

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement