-->

Review Stockbit Sekuritas: Fitur, Kelebihan, Kekurangan ๐Ÿ“๐ŸŽ‰

Maret 04, 2024
Logo Produk
PT Stockbit Sekuritas Digital
Ratting typograp.com: ★★★★☆ 4/5
Fitur Unggulan
  • Ramah untuk pemula
  • Tanpa setoran awal, tanpa minimum deposit.
  • Konten edukasi melimpah.
  • Support Android, iOs, Dekstop app, dan Web Browser.

Berdiri pertama kali pada tahun 2013, Stockbit menjadi salah satu sekuritas andalan bagi pemula lantaran aplikasinya yang mudah digunakan. Stockbit juga memiliki konsep komunitas yang memungkinkan masing-masing pengguna saling berinteraksi.

 

Layaknya aplikasi sekuritas lain, disini kamu bisa membeli saham lengkap dengan berbagai informasi penting seperti fundamental, aksi korporasi, dan lain sebagainya.

 

Setelah sebelumnya typograp.com mereview aplikasi IPOT, dalam kesempatan kali ini kami akan mengajak kalian untuk mereview aplikasi stockbit, sebuah sekuritas yang bisa dibilang menjadi favorit anak muda dan pemula.

 

Soal konsep komunitas, tentu stockbit sudah tidak bisa diragukan lagi, namun bagaimana performanya sebagai broker? simak review kita kali ini.

 

Siapa Stockbit itu?

review stockbit sekuritas
Stockbit adalah aplikasi investasi saham yang tidak hanya digunakan untuk jual beli saham, namun juga untuk mencari informasi terkini dan juga berinteraksi dengan komunitas saham dengan kantor pusat di Menara Standard Chartered Lt. 33 Jl. Prof Dr. Satrio No.164 Kel. Karet Semanggi Kec. Setiabudi.

 

Johny Susanto dan Wellson Lo merupakan dua orang yang memprakarsai berdirinya Stockbit (PT Stockbit Investa) pada tahun 2013 dengan tujuan untuk memudahkan investor ritel mendapatkan informasi yang valid terkait dunia saham di Indonesia.

 

Pada tahun 2021, Stockbit mulai melakukan akuisisi terhadap PT Mahakarya Artha Sekuritas dengan tujuan untuk memperluas pasar di kalangan investor ritel.

 

Sejak saat itu, secara resmi PT Mahakarya Artha Sekuritas akhirnya berganti nama menjadi PT Stockbit Sekuritas Digital dimana perubahan ini juga sudah mendapatkan izin dari Kemenkumham dengan nomor AHU-AH.01.03-0490846 dan juga surat dari OJK, bernomor S-53/PM.212/2022.

Baca Juga: 7 Saham Gocap Rp 50 yang Potensial Mendulang Cuan

 

Legalitas & Keamanan

Penting bagi kita untuk memastikan keamanan pihak yang hendak kita gunakan sebagai perantara investasi, dan jika berbicara tentang keamanan broker saham, maka legalitas, pengelola dana nasabah, dan teknologi platform bisa menjadi acuan.

 

Terkait legalitas, PT Stockbit Sekuritas Digital sudah mendapatkan izin dari OJK dengan surat bernomor KEP-132/PM/1992. Pun dengan investasi saham para pelangganya, Stockbit juga sudah terdaftar di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) untuk menyimpan harta efek pelanggan.

 

Selanjutnya terkait dana kelola, seperti sekuritas lain, Stockbit juga menerapkan praktik terbaik dengan menyimpan dana nasabah di Rekening Dana Nasabah (RDN) sehingga dana tersebut tidak akan disalah gunakan.

 

Lalu bagaimana dengan keamanan platform? Stockbit pada saat ini telah membekali platformnya dengan sistem keamanan berlapis dimulai dari smart login (biometrik sidik jari dan wajah) dan juga kode PIN sebelum melakukan transaksi.

 

Dengan melihat 4 indikator ini, maka bisa kita simpulkan bahwa Stockbit sebagai broker cukup terjamin keamanannya.

 

Fitur & Tools

Berikut beberapa fitur yang bisa kamu gunakan jika mendaftar di aplikasi Stockbit:

 

Screener: Merupakan tools yang bisa kita gunakan untuk melakukan screening saham, berdasarkan indikator tertentu, seperti berdasarkan valuasi, paling populer, dividen, fundamental, etc.

 

Bandar Detector: Tools yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan teknik bandarmology, dengan memantau aliran pembelian atau penjualan saham.

 

Financial Report: Merupakan fitur dalam bentuk rangkuman keuangan emiten yang bisa kita modifikasi sesuai kebutuhan.

 

KeyStats: Fitur yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan informasi terkait rasio-rasio penting dari emiten seperti PE ratio, PBV, TTM, etc.

 

FundaChart: Fitur yang bisa kita gunakan untuk memberikan gambaran visual terkait fundamental emiten dari waktu ke waktu dengan beberapa rasio seperti PE Standard Deviation.

 

Stockbit Academy: Materi belajar saham dari nol yang bisa kita akses secara gratis. Tidak hanya materi umum tentang saham, namun disini juga ada Unboxing emiten yang membahas lebih dalam terkait suatu emiten.

 

Virtual Trading: Akun virtual yang bisa kita gunakan untuk belajar investasi saham, termasuk belajar bagaimana membeli, menjual, sampai mendapatkan keuntungan sebelum bertransaksi di akun real.

 

Chartbit: Akses ke grafik harga saham dengan data real time yang dilengkapi dengan berbagai indikator penting seperti Foreign Flow, etc.

 

Price Alert: Fitur untuk mendapatkan notifikasi dari aplikasi, jika harga saham tertentu sudah mencapai target yang kamu inginkan.

 

Seasonality: Fitur untuk melihat tren harga saham berdasarkan waktu (bulan) dengan data histori lebih dari 15 tahun.

 

Fee Trading & Minimum Deposit

Berikut fee trading, minimal deposit, dan biaya lain yang ada di Stockbit:

Fee Jual0,25%
Fee Beli0,15%
Pembukaan AkunRp. 0
Minimum DepositRp. 0
Minimum WithdrawalRp10.000
Fee WIthdrawlJika Rp2.900 (beda bank)

 

Kelebihan

Selain beberapa fitur yang sudah kami sebutkan diatas, apa yang membuat Stockbit disukai oleh banyak orang? berikut beberapa kelebihan yang mereka miliki.

 

Ramah Pemula

Layaknya platform investasi pendatang baru lainnya, stockbit memiliki tampilan antar muka yang jauh lebih modern dibandingkan pendahulunya, maksud dari modern disini adalah semua fitur yang dibutuhkan tersedia, namun tanpa mengurangi skor visibility-nya, semua fitur bisa kita temukan dan gunakan dengan mudah.

 

Bahkan untuk seorang pemula sekali pun, stockbit jauh lebih ramah, kita hanya perlu mengenal istilah-istilahnya, dan tidak sampai 5 hari, pasti sudah familiar dan pandai menggunakan.

 

Dukungan Komunitas

Dari awal, stockbit memang mengusung konsep platform investasi komunitas, sehingga konten-konten yang tersedia di platform ini sangat banyak, tidak hanya dari tim internal, namun juga konten buatan pengguna.

 

Kita bisa melihat percakapan pengguna stockbit pada bagian stream, yang umumnya berkutat pada informasi terbaru, hasil analisa, polling, sampai dengan prediksi.

 

Disini kita bisa berinteraksi dengan mereka, baik memberikan informasi tambahan, atau bertanya kepada pembuat stream.

 

Materi Pembelajaran

Tim internal Stockbit sekuritas juga rutin membuat konten, yang bisa kita akses melalui Stockbit Academy dimana disini kita bisa belajar materi terkait saham dimulai dari nol secara gratis.

 

Tidak hanya membahas sesuatu yang bersifat teknikal, di Stockbit Academy juga memiliki beberapa seri yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan kita didunia saham seperti Unboxing Emiten, sampai dengan ekonomi outlooks.

 

Mobile & Desktop Apps

Bagi kita yang masih pemula, belajar investasi saham memang jauh lebih nyaman dilakukan di ponsel pintar, karena jauh lebih praktis. Namun jika kita ingin naik kelas, misal scalping atau trading harian, menggunakan desktop jauh lebih direkomendasikan, karena kita bisa melakukan transaksi dengan lebih mudah dan cepat.

 

Kabar baiknya, aplikasi Stockbit tidak hanya tersedia versi mobile, namun juga memiliki  versi dekstop yang bisa di install di Windows atau Mac. Pada saat artikel ini ditulis, Desktop apps stockbit masih dalam tahap beta, namun tampilan antar mukanya juga sangat memukau.

 

Akun Virtual

Investasi saham adalah aktivitas yang beresiko, dan jika terjadi kesalahan analisa, ada potensi uang yang kita investasikan malah ludes. Untuk menghindari hal seperti ini, di Stockbit kamu juga bisa trading dengan akun virtual, dimana kita bisa menggunakan akun ini belajar banyak hal seperti cara beli, cara menjual, dalam kondisi seperti apa kita bisa untung atau rugi, dan seterusnya.

 

Ini adalah akun demo, yang bisa kita gunakan tanpa harus memiliki uang nyata. Namun, tentu saja, jika kita bisa mendapatkan profit dari akun virtual, keuntungannya juga tidak bisa kita tarik.

 

Laporan Terbaru

Setelah beberapa bulan mengenal saham, salah satu website yang mungkin akan sering kamu kunjungi adalah website resmi bursa efek indonesia, dimana laporan-laporan terbaru dari emiten (laporan keuangan, aksi korporasi, etc) tersaji.

 

Kini kamu tidak perlu repot melakukan ini, Stockbit juga memberikan laporan seperti ini dengan sangat cepat, yang bahkan jika emiten tersebut masuk dalam watchlist kamu, laporan juga akan di push kedalam bentuk notifikasi. Jadi kamu tidak ketinggalan info penting terkait emiten yang kamu pantau.

 

Kekurangan

Lalu apakah Stockbit tidak memiliki kekurangan? tentu saja stockbit juga memiliki kekurangan, dan berikut beberapa kekurangan yang kami bahas pada review stockbit sekuritas kali ini:

 

⚠️ Tidak ada Auto Order

Bagi beberapa trader, fitur auto order sering menjadi andalan, khususnya bagi mereka yang ingin memaksimalkan potensi cuan, dari gejolak pasar namun tidak memiliki waktu yang cukup untuk memantau pasar. Fitur auto order yang umum digunakan seperti ini seperti auto order, auto sell, stop loss, pada harga tertentu. Stockbit tidak memiliki fitur ini, jadi setiap transaksi harus dilakukan secara manual.

 

⚠️ Server

Pada awal kemunculannya, memang banyak pengguna stockbit yang mengeluhkan terkait performa server yang sering tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, seperti kirim perintah order namun tidak terkirim, aplikasi tidak bisa diakses, dan lain sebagainya.

 

Setelah pihak stockbit melakukan kenaikan fee jual beli, performa server stockbit memang jauh lebih bagus, namun belum cukup untuk dikatakan terbaik, karena memang ada yang lebih baik.

 

⚠️ Withdraw Lama

Proses tarik dana di Stockbit bisa dilakukan secara langsung, namun ini hanya berlaku untuk bank Jago saja, sedangkan dari bank lain, prosesnya relatif lama, dimana setiap permintaan akan dilakukan pada pukul 11.00, dan untuk menunggu saldo masuk ke rekening, proses maksimalnya 2 hari kerja. Tentu ini bukan waktu yang singkat.

 

⚠️ Pengguna Berisik

Sebenarnya ini bukan kekurangan dari pihak stockbit, namun lebih kepada ekosistem yang ada di dalamnya saja, dimana beberapa orang sering kali merasa pengguna stockbit cukup berlebihan bereaksi di stream.

 

Hampir segala perdebatan yang biasa kita temui di platform X, bisa kita temukan di stream stockbit, dimulai dari caci maki emiten yang sedang turun, pengguna lain yang tebar fear, dan lain sebagainya.

 

Menurut kami sendiri ini masih dalam batas yang wajar, mengingat stockbit memang platform komunitas, namun tidak sedikit pengguna yang terganggu dengan komen-komen seperti ini, terlebih jika kita termakan komen terbar fear, dan harga justru naik.


Kesimpulan

Dilihat dari segi fee, fitur, dan hal-hal lainnya, Stockbit memang cukup menarik, apalagi jika kita seorang pemula, Stockbit bisa menjadi platform untuk memulai belajar investasi saham.

 

Jika boleh kasih saran, kami lebih merekomendasikan aplikasi ini untuk swing trading atau sekalian investasi jangka panjang. Jika ingin scalping, kita bisa menggunakan aplikasi lain yang jauh lebih cepat servernya.

 

Selain itu, kita juga bisa menggunakan stockbit untuk memantau saham-saham yang menjadi incaran kita, entah dengan mencari informasi atau sekedar melihat percakapan yang ada di stream. Sekian review aplikasi stockbit kali ini, sampai jumpa di review lainnya.

Baca Juga: Kalkulator TLKM: 1 Lot Saham Telkom Indonesia Berapa Rupiah?

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement