-->

Review SeaBank: Deposito, Kelebihan, Kekurangan ๐Ÿ“๐ŸŽ‰

Maret 29, 2024
Logo Produk
PT. Bank SeaBank Indonesia
Ratting: ★★★★☆ 4/5
Keunggulan
  • Bunga 3 - 6%, cair setiap hari.
  • Tanpa biaya bulanan & admin
  • Gratis transfer ke bank lain 100x per bulan
  • Pendaftaran online, hanya butuh KTP

Cashback Rp. 10.000 dengan kode referral typograp.com: MN22AZ atau install aplikasinya melalui menu dibawah.

Aplikasi Seabank (PT. Bank SeaBank Indonesia) merupakan bank digital yang dulunya bernama PT. Bank Kesejahteraan Ekonomi yang pertama kali berdiri pada 4 Oktober 1991 dan per Januari 2020, sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Sea Group melalui PT Danadipa Artha Indonesia.

 

Pada 15 Januari 2021, Bank BKE akhirnya berubah nama menjadi PT SeaBank Indonesia dimana perubahan nama serta logo mulai diterapkan pada 10 Februari 2021.

 

Sejak saat itu, SeaBank mulai aktif melakukan promo untuk menarik hati calon pelanggan di Indonesia, bersaing dengan bank digital lain seperti Blu BCA, Jenius, Neobank, dan lainnya.

 

Salah satu penawaran yang cukup berhasil menarik hati calon pelanggan adalah deposito dengan bunga yang cukup tinggi, yakni 6%. Untuk kamu yang tertarik dan membutuhkan review bank seabank, silahkan simak artikel typograp.com kali ini.

Baca Juga: Review PT Indo Premier Sekuritas, Kelebihan dan Kekurangan


Apakah Seabank Aman?

Dibandingkan dengan BRI, BCA, atau BNI, nama Seabank memang cukup baru, sehingga wajar jika kamu bertanya terkait keamanan SeaBank. Belum lagi banyaknya kasus pembobolan rekening yang beberapa tahun lalu sering terjadi, masalah keamanan bank digital kini menjadi perhatian serius pelangganya.

 

Bagaimana dengan keamanan aplikasi Seabank?

 

Terkait keamanan administrasi dan legalitas, Seabank tercatat sudah memenuhi legalitas yang dibutuhkan untuk menjalankan operasional perbankan dimulai mendapatkan izin dari OJK, menjadi bagian dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan juga memenuhi seluruh izin dan standar yang diperlukan.

 

Fiy, LPS adalah lembaga independen yang tugasnya memberikan jaminan simpanan nasabah. Bank yang bagian dari kepesertaan dicabut, biasanya memiliki masalah dengan solvabilitas. Jadi selama SeaBank, masih menjadi bagian dari ini, kita bisa melihat bahwa mereka saat ini tidak memiliki masalah dengan hal itu.

 

Selain itu, terkait dengan keamanan sistem aplikasi, SeaBank juga menyematkan banyak sistem keamanan dimulai dari 2nd verification sampai end-to-end encryption. Tidak hanya itu, seluruh transaksi yang dilakukan pada aplikasi Seabank juga membutuhkan kode OTP serta PIN sebelum proses tersebut dilanjutkan.

 

Jadi, baik dari sisi administrasi maupun sistem keamanan aplikasi, Seabank Indonesia sudah cukup mumpuni.

 

Deposito SeaBank

Berikut besaran bunga deposito yang ditawarkan oleh SeaBank lengkap dengan jangka waktunya:

WaktuJumlahBunga
1 bulan1 juta5% p.a
3 bulan1 juta5,5% p.a
6 bulan1 juta6% p.a

 

Produk

Layaknya bank digital lainnya, SeaBank juga memiliki banyak produk yang selama ini dibutuhkan calon nasabah bank digital. Berikut beberapa produk yang ditawarkan oleh SeaBank:

 

  • Tabungan: Simpanan dana di bank yang bisa kamu tarik kapanpun, dengan bungan sampai 3,75% dan tanpa saldo minimal.
  • Deposito: Layanan deposito Seabank memiliki bunga mencapai 6%, dengan minimal saldo Rp. 1 juta dan jatuh tempo yang beragam mulai dari 1,3, 6 bulan.
  • Pinjaman: kamu juga bisa melakukan pinjaman dengan bunga 2% (berlaku untuk nasabah terpilih).
  • Transfer: Seabank juga mendukung transfer ke bank, e wallet, atau virtual account tanpa biaya admin (100 kali per bulan).
  • Bayar Tagihan: Kamu juga bisa membayar berbagai macam tagihan seperti PLN, TV Kabel, PDAM, Telkom, sampai dengan top up saldo e-wallet.
  • QRIS: Aplikasi Seabank juga sudah memiliki QRIS untuk memudahkan bayar apapun hanya dengan scan.
  • Bayar Shopee: Jika kamu pelanggan shopee, membayar apapun dengan market place tersebut lebih mudah, karena memang antara Shopee dan SeaBank masih satu induk.
  • Lainnya: Selain itu, mereka juga memiliki beberapa produk turunan untuk memudahkan kamu dalam menggunakan aplikasi SeaBank seperti pengaturan limit transaksi,riwayat transaksi, beli properti, dan lainnya.

 

Kelebihan

Dari beberapa produk yang kami bahas diatas, kamu tentu sudah menemukan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh SeaBank. Untuk melengkapi review aplikasi SeaBank kali ini, berikut kami bahas beberapa kelebihannya.

 

Pendaftaran Mudah

Pendaftaran di SeaBank bisa dilakukan dengan mudah, karena semuanya serba online melalui aplikasi. Kamu hanya perlu menyiapkan data diri, termasuk verifikasi video. Dalam 1x24 jam, proses pendaftaran sudah selesai.

 

✅ Bunga Tabungan Tinggi

Terkait bunga tabungan, SeaBank memiliki dua produk, yang kedua-duanya sama-sama menarik. Yang pertama tabungan tanpa minimal saldo dan bisa dicairkan kapanpun, dengan bunga ,3,75%, sedangkan yang kedua adalah Deposito dengan bunga 6% dengan masa pencairan 1,3,6 bulan. Bunga akan cair setiap hari.

 

✅ Tanpa Potongan Biaya

Untuk seluruh layanan dan produk yang kamu gunakan, termasuk pembuatan akun dan biaya bulanan, SeaBank menggratiskan seluruh biaya tersebut. Selama menggunakan SeaBank, uang yang kamu tidak akan berkurang sepeserpun.

 

✅ Aplikasi Ringan

SeaBank sepertinya memang sengaja didesain agar siapa saja bisa menggunakan aplikasinya, karena aplikasi SeaBank cukup ringan dengan ukuran sekitar 70 MB saja. Jadi apapun handphone kamu, pasti bisa menggunakan SeaBank dengan baik. Meski demikian, antarmuka aplikasi sangat menarik.

 

✅ Transfer ke Bank Lain Gratis

Jika kamu termasuk pengguna yang sering melakukan transaksi ke bank atau digital wallet lain, menggunakan SeaBank bisa melakukan banyak penghematan, karena mereka memiliki kuota gratis transfer ke bank lain sebanyak 100 kali dalam satu bulan.

 

✅ Integrasi Shopee

Jika kamu pengguna setia marketplace oren, menggunakan SeaBank akan memberikan lebih banyak kemudahan karena memang kedua aplikasi ini sudah saling terintegrasi. Tidak hanya itu, mereka juga cukup sering memberikan diskon hingga cashback jika menggunakan SeaBank untuk pembayaran di Shopee.

 

Kekurangan

Bagaimana dengan kekurangannya? meski memiliki banyak kelebihan, SeaBank juga memiliki beberapa kekurangan yang untuk beberapa kalangan, mungkin akan terasa cukup menyulitkan. Berikut beberapa kekurangan aplikasi SeaBank.

 

⚠️ Kantor Cabang Sedikit

Meski sudah ada aplikasinya, terkadang jika kita memiliki masalah dengan tabungan di bank, kita akan datang ke Kantor Cabang mereka untuk bertanya secara langsung. Sayangnya kantor Cabang SeaBank di Indonesia masih sedikit dan hanya tersedia di kota-kota besar saja seperti Jakarta, Semarang, Padang, Bandung, Makasar, Banjarmasin, dan Surabaya.

 

⚠️ Tidak Dibekali ATM

Pada saat melakukan pendaftaran, kamu tidak akan dibekali kartu debit atau ATM. Bahkan buku tabungan seperti yang diberikan bank konvensional juga tidak akan akan kamu dapatkan.

 

⚠️ Transaksi Via Aplikasi

Hampir sebagian besar nasabah SeaBank melakukan transaksi melalui aplikasi, entah itu via transfer, menggunakan QRIS, dan pilihan pembayaran lain. Meski demikian, kamu masih bisa menarik uang via kantor cabang mereka.

 

⚠️ Tidak Memiliki Banyak Fitur

Jika bandingkan dengan Jenius atau bahkan digital wallet lain, aplikasi SeaBank tidak memiliki fitur-fitur seperti pencatatan pengeluaran, pembagian, alokasi dana, dan lainnya. Namun menurut kami ini memang menjadi bagian dari strategi SeaBank agar aplikasi mereka tetap ringan, bisa digunakan oleh siapapun, dan hanya menyediakan fitur tabungan yang sifatnya penting.

 

Kesimpulan

Itulah review kami terkait aplikasi bank digital SeaBank dimulai dari review depositonya, produk, kelebihan, sampai dengan kekurangan. Kesimpulannya adalah SeaBank memiliki keunggulan pada bunga deposito yang tinggi dan tidak ada biaya sama sekali atas penggunaan layanan oleh nasabah. Layanan seperti ini sering kali dibutuhkan oleh beberapa pelanggan yang memang ingin melakukan penghematan.

 

Baca Juga: Kode Refferal SeaBank dan Cara Mendapatkannya

SeaBank juga sangat cocok untuk masyarakat urban yang sebagian transaksi sudah mendukung untuk cashless. Sedangkan untuk beberapa orang yang lebih banyak mengandalkan uang tunai, menabung di SeaBank akan sedikit memberikan tantangan jika kamu hendak melakukan tarik tunai.

Bonus Rp10.000 UNTUKMU! Daftar akun SeaBank dengan no. HP menggunakan kode referral: MN22AZ. S&K berlaku.

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement