-->

Review Indodax: Fee, Kelebihan, Kekurangan

Juli 04, 2024
review indodax

Berbicara tentang salah satu crypto exchange yang ada di Indonesia, Indodax tentu menjadi salah satu yang wajib untuk kita bahas, karena bagaimanapun Indodax merupakan pionir yang mendukung para pecinta crypto di Indonesia hingga akhirnya crypto di Indonesia cukup ramai, dimana crypto exchange mulai banyak, tidak hanya Indodax, namun juga ada TokoCrypto, sampai dengan Bittime.

 

Karena beberapa lalu kita sudah mengulas terkait aplikasi TokoCrypto, maka dalam kesempatan kali ini, typograp.com hendak mengajak kalian untuk mengenal Indodax lebih jauh, termasuk layanan, fee, kelebihan, hingga kekurangan. Jadi buat kamu yang sedang mencari crypto exchange, dan ingin tahu kelebihan dan kekurangan Indodax, silahkan baca artikel ini sampai habis ya.

 

Siapa Indodax itu?

Indodax merupakan crypto exchange (marketplace jual beli aset crypto) yang berdiri pertama kali pada tahun 2014 yang pada awalnya bernama Bitcoin Indonesia (www.bitcoin.co.id) yang kemudian pada 2018 mereka melakukan rebranding menjadi Indodax (www.indodax.com).

 

Platform yang satu ini didirikan oleh dua tokoh kunci, yakni Oscar Darmawan dan juga William Susanto, yang mana Indodax juga dikenal sebagai crypto exchange yang pertama kali melayani jual beli aset crypto di Indonesia.

Baca Juga: 6 Crypto Exchange Terbaik di Indonesia

Beberapa web data crypto seperti coingecko menunjukan bahwa Indodax merupakan salah satu crypto exchange yang memiliki jumlah volume transaksi yang besar di Indonesia, disusul oleh TokoCrypto dan juga Bittime.

 

Apakah Indodax Aman?

Keamanan tentu saja harus menjadi perhatian berikutnya ketika memilih crypto exchange. Lalu bagaimana dengan Indodax? apakah platform yang satu ini aman?

 

Dari sisi regulasi di Indonesia, Indodax melalui PT Indodax Nasional Indonesia tercatat bahwa mereka telah mendapatkan izin dari BAPPEBTI melalui surat bernomor 002/BAPPEBTI/CP-AK./01/2020.

 

Selain itu, mereka juga memiliki, setidaknya saat ini 3 sertifikasi internasional, dimulai dari ISO 9001:2015, ISO 27001:2013, dan juga ISO 27017:2015.

 

Lalu terkait dengan keamanan dan transparansi aset dari nasabah yang mereka kelola, Indodax juga telah menerbitkan Proof of Reserve yang mana hasil ini juga diperkuat dengan adanya audit dari Kantor Akuntan Publik.

 

Melalui beberapa indikator tersebut, maka bisa kita simpulkan bahwa Indodax sebagai Crypto Exchange cukup aman.

 

Layanan

Karena Indodax merupakan crypto exchange, tentu saja layanan yang mereka miliki tidak jauh-jauh dari crypto. Berikut beberapa layanan dimiliki oleh Indodax:

 

šŸ“¢ Market: merupakan pasar spot yang bisa kita gunakan untuk membeli atau menjual koin crypto dengan dengan beragam pair.

 

šŸ“¢ Academy: merupakan konten dalam bentuk artikel yang bisa kamu gunakan untuk mengenal dan belajar crypto lebih dalam.

 

šŸ“¢ OTC: Merupakan kepanjangan dari Over-The-Counter, sebuah layanan yang diperuntukan bagi individu atau organisasi yang ingin melakukan pembelian crypto dalam jumlah besar, dengan lebih aman, dan private.

 

šŸ“¢ Stacking: layanan mengunci aset crypto yang kamu miliki untuk mendapatkan bunga sebagai imbal hasil.

 

Fee Indodax

Bagaimana dengan fee yang dibebankan kepada para nasabah? berikut rincian fee yang harus kita tanggung selama menggunakan Indodax:

KeteranganFee
Deposit via BankRp 2.000 / transaksi
Deposit via E-Wallet0,70% - 2% / transaksi
WithdrawRp10.000 / transaksi
Maker Beli (+pajak)0.21%
Maker Jual (+pajak)0.20%
Taker Beli (+pajak)0.31%
Taker jual (+pajak)0.30%

Fitur

Bagaimana dengan fitur yang mereka miliki? berikut beberapa fitur yang bisa kamu gunakan selama menggunakan aplikasi Indodax:

 

šŸ“¢ Two-Factor Authentication: merupakan fitur yang bisa kita gunakan untuk memberikan keamanan berlapis pada setiap transaksi kita, berupa verifikasi melalui email, SMS, atau Google Authenticator.

 

šŸ“¢ Chart: merupakan grafik harga dari seluruh koin yang tersedia di Indodax, yang bisa kita gunakan untuk menganalisa pergerakan pasar.

 

šŸ“¢ Stop loss: merupakan fitur untuk meminimalisir resiko dimana kita bisa menentukan harga tertentu untuk melakukan trading otomatis yang juga sering disebut sebagai robot trading.

 

šŸ“¢ Fitur Spot: Beberapa fitur lain yang umum kita jumpai pada crypto exchange yang menyediakan spot juga bisa kita temui disini seperti orderbook dan lain sebagainya.

 

šŸ“¢ Price Allert: merupakan fitur untuk memberikan notifikasi jika harga koin yang kamu pantau mencapai target harga yang sudah kamu tentukan.

 

šŸ“¢ ChatRoom: merupakan group chat yang sistemnya mirip seperti saat kita live chat di Youtube atau TikTok, yang secara khusus bahas bitcoin, dan hanya berupa chat tanpa ada konten utama.

 

Kelebihan

Lalu apa yang menjadi kelebihan dari Indodax? berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Indodax:

 

✅ Jumlah Koin Banyak

Jika kamu ingin mencoba trading dalam banyak koin, maka Indodax bisa menjadi pilihan yang tepat, karena platform yang satu ini memiliki jumlah koleksi koin yang sangat banyak, yakni sampai 347 koin. Jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan exchange kompetitor, yakni TokoCrypto yang hanya punya sekitar 342 koin saja.

 

✅ Mudah Digunakan

Untuk investor crypto baru, menggunakan Indodax bisa menjadi alternatif yang ideal, karena memang aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan. Hal ini karena Indodax memiliki dua mode, dimana lite memiliki UI/UX yang lebih sederhana, namun mereka juga memiliki mode PRO dengan fitur yang lebih kompleks.

 

Jika masih baru, kamu bisa menggunakan lite, dan jika ingin eksplore lebih jauh, misalkan trading dengan beragam pair, silahkan gunakan mode PRO.

 

✅ Likuiditas Bagus

Untuk masalah likuiditas juga penting untuk kita perhatikan, karena ini akan berpengaruh terhadap aktivitas trading kita. Jika pasar likuid, maka kita bisa dengan mudah menjual, membeli, sampai spread yang lebih rendah. Sebagai crypto exchange dengan volume transaksi terbesar di Indonesia, Indodax tentu memiliki tingkat likuiditas yang bagus.

 

✅ Keamanan Terjamin

Setidaknya Indodax tercatat sebagai crypto exchange pertama yang beroperasi di Indonesia, dan mereka berhasil mempertahankan dan terus memberikan layanan ini kepada pecinta crypto di Indonesia.

 

Tidak hanya itu, dari sisi regulasi dan hal teknis lainnya, Indodax juga sudah memenuhi syarat untuk dikatakan sebagai platform crypto yang cukup aman. Dengan demikian, resiko kehilangan aset karena kesalahan pihak pengelola bisa kita minimalisir.

 

Kekurangan

Bagaimana dengan kekurangannya? apakah Indodax memiliki kekurangan? berikut review kami terkait kekurangan Indodax:

 

⚠️ Fee Trading

Sejak awal, Indodax memang dikenal sebagai crypto exchange dengan biaya yang relatif lebih besar, namun fee yang terbaru bisa dibilang jauh lebih kompetitif, dimana Indodax sudah melakukan pengurangan terhadap biaya yang mereka bebankan kepada nasabah, seperti biaya deposit, withdraw, sampai fee trading.

 

Meski demikian, Indodax masih kalah murah dengan platform lain, meski jumlahnya tidak terlalu besar.

 

⚠️ Customer Service

Layanan pengguna merupakan hal yang sangat penting, dan Indodax selain menyediakan berbagai macam panduan dan bantuan, mereka juga menyediakan Customer Service yang bisa kita gunakan untuk live chat.

 

Secara keseluruhan, CS Indodax sebenarnya cukup oke, namun menurut kami, bagian ini sedikit rumit, dimana ketika sudah terhubung, terkadang kita masih dimintai informasi terkait email, username, sampai no handphone, padahal di awal kita sudah mengisi bagian ini.

Baca Juga: Indodax VS TokoCrypto, Bagusan Mana?

Mungkin saja ini semacam Operasional Prosedur dari internal, namun menurut kami hal seperti ini sebenarnya tidak diperlukan, dan justru membuat semakin rumit, kecuali nasabah ingin mengakses beberapa informasi hal yang cukup kritis,  hal semacam itu bisa digunakan untuk memverifikasi.

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Google News

Ikuti typograp.com di instagram

Advertisement