-->

Dimension Tools di CorelDraw untuk Apa? Inilah Fungsinya

Agustus 23, 2023
dimension tools

Jika kamu adalah seorang ilustrator, pasti sudah tidak asing dengan software yang bernama CorelDraw, merupakan sebuah aplikasi yang bisa kita manfaatkan untuk membuat desain dalam format vektor.


Layaknya software desain lainnya, CorelDraw juga memiliki banyak tools atau alat yang akan memudahkan kita dalam melakukan berbagai macam pekerjaan, termasuk Dimension Tools yang akan kita bahas disini.


Jika kamu termasuk orang yang baru menggunakan software CorelDraw, dan ingin tahu, apa itu tools dimension yang ada di Coreldraw, lengkap dengan fungsinya, silahkan simak ulasan divedigital.id kali ini.


Apa itu Dimension Tools?

Dimension Tools merupakan sebuah alat yang ada di software CorelDraw yang bisa kita gunakan untuk mengukur serta menunjukan berapa jarak antara dua titik pada sebuah layout.


Tidak hanya itu saja, Dimension Tools juga memungkinkan kita untuk mengatur jarak antara dua objek, membuat garis bersambung dengan ukuran cm atau mm, sampai dengan mengubah ukuran sebuah objek.


Namun dalam prakteknya, banyak ilustrator yang menggunakan Dimension Tools ini untuk mengukur panjang, tinggi, atau sudut sebuah objek.


Alat ini pada aplikasi CorelDraw ini bisa kita temukan pada bagian toolbox, dimana Dimension Tools masih memiliki 5 jenis lain, yang juga memiliki fungsi berbeda-beda.


5 jenis Dimension Tools dan Fungsinya

Melalui pembahasan di atas, kita jadi sedikit tahu bahwa Dimension Tools merupakan kumpulan tools yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan pengukuran, dan jika kamu melihatnya secara langsung, kamu akan menemukan sub tools lain yang ada didalam Dimension Tools.


Dikutip dari bakulatz.wordpress.com, ada lima macam tools yang bisa kita kelompokan dalam dimension tools, dimulai dari Slanted Dimension, auto dimension, vertical dimension, horizontal dimension, dan juga angular dimension. Berikut kami rangkum nama toolnya lengkap dengan fungsinya.


1. Auto Dimension

Auto Dimension merupakan sub tool yang ada di dimension tools pada corelDraw, yang bisa kita gunakan untuk mengetahui tinggi dan panjang, sampai dengan jarak antara dua titik, baik dalam garis vertikal atau horizontal. Tools ini tidak hanya bisa kita gunakan dalam satu kurva saja, namun juga bisa kita gunakan untuk mengukur pada kurva satu dan lainnya.


2. Vertical Dimension

Vertical Dimension juga bisa kita gunakan untuk mengetahui ukuran, baik itu tinggi atau lebar antara dua titik, namun hanya terfokus pada garis vertikal saja.


3. Horizontal Dimension

Horizontal Dimension merupakan sebuah tools yang bisa kita gunakan untuk mengukur panjang atau jarak antara dua titik, pada garis horizontal.


4. Angular Dimension

Jika beberapa tools sebelumnya hanya bisa mengukur jarak pada garis lurus, Angular Dimension bisa kita manfaatkan untuk mengukur atau mengetahui seberapa besar sudut yang terbentuk pada dua segmen garis.

Artikel Lainnya

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Google News

Ikuti typograp.com di instagram

Advertisement