-->

Arti Tools: Inilah Pengertian, Fungsi, dan Contoh Tool

Juni 18, 2023


Seiring dengan menjamurnya penggunaan teknologi seperti internet dan komputer, maka banyak istilah baru yang digunakan, salah satunya adalah tools. Biasanya orang yang mencari arti tools adalah para pekerja IT ataupun anak sekolah yang sedang belajar mengenai pelajaran Teknik Informatika.


Namun sebenarnya apa itu tools? Difungsikan untuk apakah tools itu? Dan seperti apa contohnya? Yuk simak ulasan TypograpBlog kali ini.

Pengertian Tools

Tools adalah sebuah istilah dalam bahasa inggris yang berarti alat. Tools sendiri memiliki makna perkakas yang dibuat dan digunakan oleh manusia untuk memudahkan dalam menjalankan sebuah pekerjaan. Tidak hanya selalu identik dengan teknologi, tools juga bisa didefiniskan sebagai alat kerja bantu seperti gergaji, pisau, sendok, dan sebagainya.


Dilansir dari wikipedia, sejarah tools sendiri sudah berlangsung sejak lama. Dalam sebuah pelajaran disekolah, pernahkah Anda mendengar zaman batu? Nah ternyata manusia pada zaman tersebut juga sudah membuat berbagai tools atau alat bantu. Hal ini bisa kita lihat dari adanya temuan yang terjadi di china yang usianya sudah mencapai 1,36 juta tahun. Pada zaman ini, tentu saja alat-alatnya masih sangat sederhana.


Seiring berjalannya waktu, manusia mulai mengenal bahan lain seperti logam, dan pada akhirnya manusia pada abad pertengahan mulai membuat tools dari bahan logam, salah satu tools yang bisa kita lihat sampai saat ini adalah alat mekanik.


Contoh Tools Beserta Fungsinya

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa tools memiliki fungsi untuk memudahkan pekerjaan manusia. Dengan adanya tools, kita bisa mengerjakan sebuah hal dengan lebih cepat, dan hemat tenaga. Nah dalam segmen selanjutnya kami akan memberikan contoh tools lengkap dengan fungsinya.


1. Tools pada Microsoft Word

Microsoft word adalah salah satu software yang digunakan oleh manusia modern untuk membuat dokumen. Nah dalam aplikasi ini terdapat banyak tools yang bisa memudahkan pekerjaan kita dalam membuat dokumen. Contohnya seperti Control + F yang digunakan untuk menemukan sebuah kata dalam dokumen. Tools dalam microsoft ini berfungsi untuk memudahkan kita mencari sebuah kata.


2. Tools Pemotong

Ada banyak tools atau alat yang bisa kita gunakan untuk memotong sebuah benda seperti pisau, gergaji, parang, kampak, dan lain sebagainya. Dengan alat pemotong ini, kita bisa membelah benda padat yang sulit dilakukan dengan tangan, misalnya kayu, pohon, besi, dan sebagainya.


3. Tools Pengukur

Tidak hanya anak sekolah, para pekerja juga sangat membutuhkan alat pengukur, yang fungsinya tentu untuk mengukur panjang atau lebar sebuah tempat. Nah alat ukur yang bisa digunakan oleh manusia pada saat ini seperti meteran, penggaris, dan sebagainya.


4. Marketing  Tools

Marketing tools adalah sebuah alat yang biasanya berbentuk dalam software komputer yang fungsinya untuk memudahkan para profesional atau pemilik produk dalam memasarkan produknya. Ada banyak sekali tools marketing yang biasa digunakan Google analityc untuk website, pemendek url, keyword reserch, dan sebagainya.


5. Tools Termux

Untuk Anda yang suka otak-atik handphone, mungkin juga pernah mendengar yang namanya tools termux. Tools termux adalah sebuah software berupa emuator terminal android yang fungsinya untuk menjalankan sebuah aplikasi tanpa harus melakukan rooting pada perangkat android. Dengan tools ini, kita bisa mengprasikan linux dalam andorid, hebat bukan?


6. Power Tools

Power tools sendiri adalah sebuah alat yang dalam pengoprasiannya membutuhkan sebuah tenaga, selain dari tenaga manusia. Bisa dibilang ini adalah alat yang biasa digunakan oleh mansia modern untuk memudahkan pekerjaanya. Beberapa contoh power tools adalah motor elektrik dan juga compressed air.


Nah itulah pengertian, fungsi dan contoh dari tools yang sudah ada didunia ini. Jadi tools tidak hanya alat-alat yang berhubungan dengan teknologi ya, alat sederhana seperti pisau dan palu pun juga bisa dikatakan sebagai tools. Tentu saja karena hal ini bisa mempermudahkan pekerjaan kita.

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement