-->

Apa itu Hapcu dalam dunia Saham?

Juni 18, 2023


Setiap bidang atau komunitas pasti memiliki istilah-istilahnya sendiri, yang mana jika kita baru bergabung dengan komunitas tersebut akan bingung dengan istilah yang digunakan.


Misalnya dalam dunia saham, terkadang ada beberapa orang yang mengatakan hapcu yang diikuti dengan dengan kode emiten tertentu.


Dari percakapan seperti ini kemudian timbullah pertanyaan apa sebenarnya arti dari Hapcu yang ada dalam dunia saham?


Jika kamu terdampar di website ini karena sedang mencari definisi dari hapcu, kamu berada di website yang tepat, karena dalam kesempatan kali ini, typograp akan membahas istilah yang satu ini.


Apa itu Hapcu di Saham?

Hapcu adalah kepanjangan dari “Happy Cuan”. Agar lebih jelas, mari kita bedah kata-perkata dari istilah ini.


Cuan sendiri adalah istilah yang digunakan dalam dunia saham ketika seorang trader atau investor berhasil mendapatkan profit dari aktivitas investasi yang mereka lakukan.


Jika kita runut kebelakang, Cuan sendiri merupakan istilah yang diserap dari bahasa Mandarin, yang artinya untung.


Jadi cuan sendiri adalah istilah yang digunakan ketika kamu berhasil mendapatkan untung dalam dunia saham, yang biasanya keuntungan ini berasal dari capital gain, yakni selisih harga beli dan jual.


Namun tidak hanya dalam dunia saham saja, istilah Cuan juga sudah lazim digunakan dalam bidang lainnya.


Sedangkan “Happy” sendiri merupakan istilah yang diserap dari bahasa inggris yang digunakan untuk memberikan selamat atas hal baik yang sedang dialami seseorang. Misalnya Happy Birthday yang digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun.


Jadi Hapcu sendiri adalah singkatan dari “Happy Cuan” yang sering digunakan untuk memberikan selamat atas profit yang berhasil kamu dapatkan.


Karena ini adalah ucapan selamat karena sudah berhasil mendapatkan profit, tentu saja Hapcu sering kali digunakan pada emiten-emiten yang hari itu sahamnya sedang naik.


Itulah arti dari Hapcu yang selama ini sering kita dengar dalam dunia saham. Ternyata cukup simple dan mudah dipahami ya istilah yang satu ini. Btw, jika kamu yang membaca artikel ini berhasil mendapatkan profit, mimin juga ikut mengucapkan Hapcu buat kamu ya...

Gabung Group Saham

Gabung di grup saham iStock.id untuk belajar, bertanya, dan chit-chat seputar saham bersama enthusiast saham lainnya di Indonesia melalui menu dibawah ini

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Google News

Ikuti typograp.com di instagram

Advertisement