-->

Cara Baca AU di Privatter dan Twitter (Panduan Lengkap)

Juni 18, 2023


Setiap orang punya cara tersendiri untuk menghibur diri atau stress healing. Kamu bisa traveling ke berbagai destinasi wisata sesuka hati atau memilih untuk menyepi sambil membaca AU di Twitter misalnya. Istilah AU mungkin belum familiar bagi sejumlah orang terutama yang tidak mengenal atau menggunakan Twitter. Padahal AU Twitter sangat populer di Indonesia hingga memiliki fans fanatik sendiri.


Apa itu AU?

AU merupakan singkatan dari Alternate Universe yang merujuk pada sebuah karya tulis fiksi. Keunikan AU dari karya fiksi lainnya adalah tokoh utamanya yang bukan menggunakan bintang Bollywood, selebriti Hollywood atau pemeran biasa namun memakai K-Pop Idol.


Pengarang atau penulis utama cerita AU umumnya adalah penggemar Kpop yang mempersembahkan kreativitas mereka sekaligus kecintaan pada idol melalui AU. Menariknya, bentuk AU yang sedang viral dan populer saat ini adalah cerita berbentuk room chat. Kamu yang sejak dulu kurang senang membaca novel dengan narasi panjang bisa membaca AU sebagai alternatif bacaan.


Sebelum AU menjadi populer seperti sekarang, fans K-Pop sudah lebih dahulu mengenal FF atau FanFiction. Bedanya, FF diposting oleh para fans di blog pribadi atau sosial media mereka (tidak hanya merujuk secara khusus pada Twitter). Genre cerita yang disampaikan oleh pembaca FF dan AU juga hampir sama seperti genre romance, persahabatan, angst dan sebagainya.


Cara Baca AU di Twitter

Sulitkah membaca AU di Twitter? Jawabannya sangat mudah dan beruntungnya lagi kamu bisa membaca karya tersebut secara gratis. Syaratnya hanya satu yakni memiliki akun Twitter. Ibaratnya seperti kamu yang ingin membaca cerita fiksi di Wattpad maka kamu harus install aplikasi Wattpad kemudian menjadi membernya.


Selengkapnya mengenai cara membaca AU Twitter, yuk kita simak bersama-sama di bawah ini:


1. Login Twitter
Untuk mendapatkan pengalaman membaca karya fiksi gratis alias AU di Twitter, kamu harus login terlebih dahulu ke akun Twitter. Bagi yang belum punya akun aktif bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu secara free.


2. Temukan Username Penulis/Penyedia AU
Kedua, carilah username Twitter yang sekiranya menyediakan AU entah sharing cerita milik orang lain atau memang penulis AU sesungguhnya. Menemukan username AU bukan perkara sulit karena semakin kesini jumlah pengguna Twitter yang sharing AU semakin banyak.


Kamu bisa memilah-milih username AU yang sekiranya ceritanya menarik dan sesuai seleramu. Beda penulis tentu saja berbeda pula gaya bahasa, ide cerita hingga tokoh idol yang digunakan. Berikut beberapa akun yang sering membahas AU:


  • @genshinficfess
  • @augxgfess
  • @aksaraaldi
  • @dipepet
  • Follow Akun dan Mulai Membaca AU

Bagian terakhir adalah mengikuti username AU yang kamu sukai. Following akun dan memberikan komentar pada tiap AU yang dibuat merupakan bentuk perhatianmu sebagai pembaca. Sebagai gantinya, kamu bisa membaca AU mereka secara gratis. Kapan saja dan di mana saja, kamu bisa membaca AU Twitter cukup bermodalkan jaringan internet.


Apa itu Privatter?

Setiap genre karya fiksi AU seperti horror, humor, angst hingga romance tidak semuanya bisa diakses dengan mudah di Twitter oleh pembaca. Alasan utamanya bukan karena hak cipta namun lebih kepada pelabelan konten 18+ yang sengaja disematkan oleh penulis.


Kondisi itulah yang membuat kita mengenal istilah Privatter. Privatter merupakan sebuah platform yang memungkinkan penulis konten AU untuk memuat cerita 18+ secara personal kemudian menyelipkan link-nya dalam bentuk Tweet.


Penulis yang menggunakan privatter memiliki hak akses penuh untuk memberikan keamanan pada konten AU yang mereka buat misalnya dengan menambahkan password. Selain itu, tidak semua pengikut mereka juga dapat membuat konten tersebut.


Mengapa demikian?


Saat ini, ada dua jenis privatter yang umum diaplikasikan oleh penulis AU. Privatter pertama memungkinkan hanya pembaca beruntung yang memiliki kata sandi yang dapat mengakses ceritanya. Sementara privatter kedua hanya ditujukkan bagi para pengikut aktif mereka.


Cara Baca AU di Privatter

Sesuai pembahasan sebelumya, AU di Privatter terdiri dari dua jenis yang masing-masing memiliki cara akses yang berbeda. Untuk lebih jelasnya simak tutorialnya berikut ini:


1. Shared to Followers Only
Bila kamu secara kebetulan sedang mencari alternatif AU yang menarik dan seru lantas menemukan username yang menampilkan pemberitahuan seperti ini maka artinya konten cerita mereka adalah AU privatter. Apa yang harus kamu lakukan selanjutnya?


Sangat sederhana dan sesuai petunjuk yang diberikan. Kamu hanya diizinkan untuk melihat dan membaca konten AU setelah mengikuti Twitter pemilik akun tersebut. Setelah berhasil follow secara otomatis kamu bisa mengakses konten-konten fiksi yang terposting pada akun Twitter tersebut.


2. Input Password
Adapun jenis AU Twitter selanjutnya adalah pengguna yang memanfaatkan fitur kata sandi sebagai proteksi cerita. Bagaimana cara menemukan kata sandi yang tepat?


Setiap penulis AU meninggalkan hint yang bisa kamu gunakan untuk memperoleh kata sandi. Hint yang mereka sampaikan biasanya masih berhubungan erat dengan karya AU yang kamu baca. Jika kamu benar-benar membaca AU secara seksama dan benar, tidak akan sulit untuk memecahkan kode sandinya.


Penulisan kata sandi harus benar baik berupa angka, huruf maupun ukuran besar kecilnya. Salah satu kata atau angka saja kamu tidak dapat mengakses AU tersebut. Klik enter setelah yakin password yang kamu input sudah benar.


Dalam beberapa tahun terakhir, membaca cerita secara daring menjadi hobi baru bagi masyarakat Indonesia. Platform bacaan daring pun mulai bertambah bahkan ada juga yang berbentuk komik seperti Webtoon.


Kamu yang hobi surfing atau browsing di Twitter pasti sudah akrab dengan AU. AU merupakan jenis hiburan ringan yang bisa kamu baca kapan saja di waktu senggang. Cerita fiksi yang diposting oleh penulis AU Twitter tidak kalah seru dan menarik dari para penulis Wattpad atau jebolan penerbit.

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement