-->

Makna Emoji Bendera Ukraina (🇺🇦) dan Simbol Copy Paste

Juni 18, 2023
🇺🇦
Emoji Bendera Ukraina
Berhasil disalin!

Nama AsliFlag: Ukraine
Nama LainBendera Ukraina
Versi UnicodeUnicode 6.0
Versi EmojiEmoji 1.0
Tahun Rilis2015


Makna Bendera Ukraina



Emoji bendera Ukraina (🇺🇦) adalah emoticon yang digunakan untuk merepresentasikan bendera Ukraina, Orang Ukraina, Budaya Ukraina, atau Negara Ukraina itu sendiri.


Layaknya bendera negara lain, orang Ukraina sering menggunakan emoticon untuk untuk menunjukan kebangaan mereka menjadi warna negara Ukraina.


Sedangkan Orang negara lain, umumnya menggunakan emoji untuk menunjukan Negara ini, baik berupa sanjungan atau dukungan.


Sebagai sebuah negara, Ukraina sendiri adalah sebuah negara yang ada di Eropa bagian Timur, dimana negara ini pada bagian timur berbatasan dengan Rusia, di barat berbatasan dengan Belarus, Polandia, dan Slovakia, barat daya dengan Moldova dan Ruma, dan pada bagian selatan berbatasan langsung dengan laut hitam.


Histori Emoji

Emoji Bendera Ukraina adalah sebuah emoji yang akhirnya disetujui dan diklasifikasikan sebagai unicode versi 6.0 pada tahun 2010. Pada tahun 2015 akhirnya emoji ini resmi dirilis dan dimasukan kedalam emoji 1.0.


Hampir sebagian besar platform yang sudah support dengan emoji ini akan menampilkan bendera ukraina dengan warna biru dan kuning, yang merujuk pada warna bendera ukraina itu sendiri.


Sedangkan untuk beberapa platform yang masih belum support hanya akan menampilkan emoji ini berupa simbol regional dari negara Ukraina, yakni "UA".


Sebagai sebuah simbol negara, bendera Ukraina juga memiliki makna yang sangat menarik, dimana warna Biru dan Kuning sendiri sebenarnya merujuk pada kota Lviv. Selain itu, warna Biru dan Kuning sendiri juga menjadi lambang sebagai sebuah negara dengan langit biru cerah yang dibawahnya terhampar ladang gandum emas yang melimpah.


Seperti yang kita tahu, Ukraina selama ini memang dikenal sebagai salah satu negara yang penghasil gandum terbesar di dunia.


Jika kita lihat dari histori penggunaan emoji, secara umum orang Ukraina menggunakan emoji ini untuk menunjukan rasa bangga mereka terhadap negaranya, misalnya pada saat atlet olahraga mereka berhasil memenangkan pertandingan dan sebagainya.


Pada tahun 2022, penggunaan emoji ini meluas sampai orang di luar negara Ukraina. Hal ini dipicu karena adanya perang yang dilakukan oleh Rusia sebagai sebuah bentuk dukungan atas masyarakat Rusia.


Dalam konteks ini, penggunaaan bendera Ukraina biasanya juga disandingkan dengan emoji bunga matahari 🌻 yang memang memiliki makna khusus terkait dengan peristiwa invasi Rusia terhadap Ukraina.

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement