-->

Arti Emoji Jari Kuncup (🤌) dan Simbol Copy Paste

Juni 18, 2023
🤌
Emoji Tangan Kuncup
Berhasil disalin!
Nama AsliPinched Fingers
Nama LainJari Terkuncup
Tampilan🤌🤌
Veri UnicodeUnicode 13.0
Veri EmojiEmoji 13.0
Tahun Rilis2020


Arti Emoji Jari Kuncup (🤌)



Orang Indonesia lebih banyak yang menyebutnya sebagai Emoji Tangan Kuncup (🤌), namun nama asli dari emoji ini adalah emoji Pinched Fingers. Dan setiap negara umumnya memiliki penggunaan dan makna yang berbeda-beda.


Orang italia misalnya, mengartikan emoji ini sebagai ekspresi ketidakpercayaan, rasa frustasi, sampai dengan tidak setuju. Dalam konteks ini, emoji ini bisa kita sederhanakan menjadi "apa maumu?" atau juga bisa "kamu ngomong apa sih?".


Jika emoji ini dilakukan oleh orang diluar Italia, dan pembahasan dalam konteks Italia, emoji ini sebenarnya merepresentasi bagaimana orang Italia dalam berdialektika.


Lain di Italia, dan lain juga orang Italia dalam mengartikan emoji ini sebagai saran untuk lebih sabar dan santai.


Apa hanya itu saja? Tentu saja tidak, banyak penggemar K-Pop yang menggunakan emoji ini untuk makna yang berbeda.


Dalam dunia Kpop, Tren emoji tangan kuncup ini bermula dari salah satu idol KPOP yang bernama Yuri, yang menggunakan emoji ini yang memiliki makna Dumpling (Mandu: dalam Bahasa Korea) yang kurang lebih artinya aku cinta kamu.


Dan masih banyak lagi pemaknaan emoji ini jika kita lihat dalam konteks kultur dan budaya suatu negara, misalnya orang Nigeria yang mengartikannya sebagai “ribut di internet”, orang arab untuk mendeskripsikan “Pelan-pelan dan sabar”, sampai dengan orang india yang menggunakan emoji untuk kata ganti “Siapa yang sedang lapar?”.


Jadi jika kamu bertanya tentang apa arti emoji (🤌) tangan kuncup, tentu saja memiliki banyak arti, tergantung konteks yang sedang dibahas.


Namun jika kita runtut dari histori pembuatannya, emoji ini sebenarnya diciptakan karena terinspirasi dari orang Italia yang suka menggunakan emoji ini.


Histori Emoticon

Emoticon Jari Terkuncup atau Pinched Fingers emoji adalah sebuah emoji yang menampilkan satu tangan dimana jari-jarinya disatukan dan menghadap ke atas.


Emoji ini akhirnya disetujui untuk dimasukan kedalam versi emoji Unicode 13.0 pada tahun 2020, dan akhirnya secara resmi dirilis pada tahun yang sama, yang dimasukan kedalam versi emoji 13.0 juga.


Seperti yang sudah kami katakan, histori dibalik emoji ini sebenarnya masih berkaitan dengan masyarakat Italia yang gemar menggunakan gestur ini.


Sedangkan penggagasnya dalam bentuk emoji adalah Unicode Consortium, yaitu organisasi yang selama ini melakukan standarisasi terhadap emoji yang akan dirilis.


Jika kita runut pada pembuatnya, emoji Pinched Fingers dibuat oleh Adrian Farano yang dikenal sebagai salah satu entrepreneur media yang berasal dari Italia. Inspirasinya sendiri datang tatkala ia berjumpa dengan Jennifer 8. Lee yang dikenal sebagai wakil ketua Unicode Emoji Subcommittee.


Pada saat itu Farano berbicara dan selalu menggunakan gestur ini, Jenifer yang tidak paham akhirnya bertanya tentang gestur itu, dan akhirnya juga diadaptasi kedalam bentuk emoji.


Meski emoji ini pada awalnya digunakan untuk merepresentasikan "Apa mau mu?" layaknya orang italia, setelah dirilis, emoji ini di beberapa negara memiliki arti yang berbeda dari awalnya.


Namun Farano tidak mempermasalahkan hal ini, karena ia juga memiliki keinginan agar emoji ini tidak hanya digunakan oleh orang Mediterania atau Itala saja, bahkan kalau bisa bisa menjangkau seluruh dunia.


Contoh Penggunaan

Berikut beberapa contoh penggunaan emoji (🤌) tangan kuncup dalam banyak konteks dan makna:


AKU HANYA BERCANDA?!??! Gak nyangka kalau hasilnya akan sebagus ini 😩🤌✨


Dua foto yeonjun (idol Kpop) ini adalah 🤌


Arijit Singh part 🤌❤️


Kita ratakan klub UEL tri masa piala kek gini aja ga bisa menang kek klub sebelah 🤌


Good looking memang privilege-nya ga main-main. Ibaratnya sesusah-susahnya orang cakep masih lebih susah orang jelek. 🤌

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement