-->

7 Aplikasi & Web Promosi Secara Online Gratis Terbaik

September 11, 2023

aplikasi promosi online
Seiring dengan banyaknya masyarakat yang mulai sadar bahwa pemasaran online merupakan salah satu metode pemasaran sangat efektif, membuat kebutuhan akan aplikasi promosi gratis menjadi semakin meningkat.

 

Aplikasi ini umumnya hadir dengan fitur dan sistem tertentu, yang memungkinkan pemilik usaha untuk membuat profil bisnis dan juga memperkenalkan produk dan layanannya kepada calon pelanggan.

 

Tidak hanya dalam bentuk aplikasi, beberapa biasanya juga tersedia dalam bentuk situs web. Jika kamu saat ini sedang membutuhkan informasi terkait aplikasi promosi produk dan jasa, simak rekomendasinya dibawah ini.

 

1. Google Bisnis

Tidak hadir dalam bentuk aplikasi, namun Google Bisnis merupakan sebuah produk dari Google yang bisa kita gunakan secara gratis untuk membuat profil bisnis, yang nantinya akan muncul di Google Maps dan hasil pencarian mesin pencarian Google sendiri.

 

Layaknya sebuah halaman profil dalam sebuah website, kamu bisa memperkenalkan bisnis dan jasamu kepada masyarakat luas, dengan sangat lengkap, dimulai dari deskripsi singkat, alamat toko, jam buka, nomor yang bisa dihubungi, bahkan hingga berbagai macam produk.

 

Google Bisnisku bisa kamu manfaatkan secara gratis, dan produk dari google ini memang sangat efektif sebagai media promosi, ataupun memudahkan pelanggan yang ingin mencari bisnismu.

 

2. OLX

Selanjutnya ada OLX, kalau alat promosi yang kedua ini tersedia dalam bentuk web dan aplikasi, merupakan salah satu platform yang sering dimanfaatkan banyak orang untuk mencari produk bekas yang langsung dari tangan pertama.

 

Jika kamu sudah familiar dengan tokopedia atau Shopee, kurang lebih OLX mirip dengan hal ini, hanya saja, OLX bukanlah pihak yang akan menjembatani transaksi antara penjual dan pembeli, mereka hanya membantu penjual untuk menemukan pembeli, sedangkan transaksi bisa dilakukan secara langsung.

 

Hampir semua produk bisa kamu jual disini, baik itu produk baru atau barang bekas, namun sejauh ini OLX cukup dikenal sebagai tempat untuk mencari barang-barang bekas.

 

3. Divebiz

Selain Google Bisnis dan OLX, kamu juga bisa menggunakan web alternatif lain yang bernama divebiz untuk promosi online. Bisa dibilang Divebiz merupakan sebuah web direktori online untuk memudahkan masyarakat menemukan layanan, jasa, atau tempat yang ada di sekitar calon pelanggan.

 

Hadir dalam berbentuk web, setiap pemilik usaha bisa membuat profil bisnis untuk menjelaskan tentang bisnis, layanan, produk, harga, lokasi, hingga nomor telepon kepada calon pelanggan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengupload foto dan juga video terkait usahamu.

 

Nantinya setiap profil bisnis ini diklasifikasikan kedalam kategori jasa di sebuah kota, dan jika ada calon pelanggan yang tertarik, transaksi bisa dilakukan secara langsung. Kamu bisa mengakses divebiz dengan alamat divedigital.id/biz.

 

4. Sejasa.com

Sejasa ini juga mirip dengan divebiz, dimana hampir sebagian besar bisnis jasa bisa dipromosikan disini, namun antara calon pelanggan dan pembeli tidak bisa melakukan transaksi secara langsung.

 

Hal ini karena memang sejasa merupakan sebuah marketplace yang menggunakan sistem layaknya tokopedia atau shopee, dimana setiap transaksi harus dilakukan menggunakan platform sejasa.

 

Tidak hanya hadir dalam bentuk web, sejasa juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa kamu install dan gunakan secara gratis untuk promosi.

 

5. Jualo.com

Jika kamu bertanya kepada orang yang sudah familiar dengan digital marketing tentang beberapa situs untuk promosi, kamu mungkin akan disarankan untuk mencari situs atau aplikasi iklan baris.

 

Jualo.com sangat berkaitan dengan hal ini, namun jualo memiliki sistem yang lebih lengkap, yakni antara iklan baris dan marketplace di gabung menjadi satu.

 

Semua jenis barang dan jasa bisa kamu promosikan secara gratis disini, namun jika kamu ingin menjadi salah satu penjual yang terverifikasi, kamu diharuskan untuk melakukan verifikasi data pribadi terlebih dahulu.

 

6. Indonetwork

Lanjut pada pembahasan aplikasi promosi gratis yang keenam, ada Indonetwork yang tidak hanya ada dalam bentuk aplikasi, namun juga website. Indonetwork sendiri juga mirip dengan jualo, yang merupakan gabungan antara marketplace dan iklan baris, hanya saja Indonetwork berfokus pada B2B market.

 

Kamu bisa menjual beragam produk dan jasa secara gratis disini, dengan catatan jika memang produk kamu dikhususkan untuk sektor bisnis.

 

Namun untuk bisa berjualan disini, kamu harus memiliki bisnis dengan legalitas yang lengkap, karena pihak indonetwork membutuhkan beberapa dokumen pendukung, pada setiap calon penjual yang ingin bergabung di marketplacenya.

 

7. indotrading.com

Indotrading.com menjadi rekomendasi aplikasi dan situs web yang bisa kamu gunakan untuk promosi secara gratis terakhir, yang sayangnya web ini hanya tersedia untuk pemain besar saja, karena memang indotrading.com merupakan marketplace suplier dan pembelian grosir yang mirip dengan Indonetwork, dimana mereka hanya fokus pada B2B Market.

 

Cara kerjanya kurang lebih mirip dengan indonetwork, dan jika memang usaha kamu berfokus pada penjualan dari bisnis ke bisnis, selain di indonetwork, kamu juga bisa mencoba peruntungan di indotrading.com

Artikel Lainnya.


Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Google News

Ikuti typograp.com di instagram

Advertisement