-->

Cara Menghitung Diskon Manual dan di Kalkulator

November 08, 2023

Ketika kita hendak membeli produk, baik secara online atau langsung di outlet, terkadang ada penawaran diskon yang membuat harga yang harus kita bayar menjadi lebih murah. Diskon sendiri bisa dibilang adalah potongan harga yang diberikan oleh penjual kepada pembeli.

 

Namun seringkali keterangan diskon ditulis dalam bentuk persen, misalnya seperti diskon 25%, bukan harga akhir. Kadang hal semacam inilah yang membuat beberapa orang bingung tentang seberapa besar jumlah diskonnya, mau tidak mau kita harus menghitungnya sendiri.

 

Ingin tahu bagaimana cara menghitung diskon produk? dalam postingan kali ini kami akan menjelaskan cara menghitung diskon produk, baik secara manual, atau menggunakan kalkulator yang ada di handphone kalian. Jadi simak pembahasan typograp.com sampai habis ya.

 

Oh ya, di bawah kami juga membagikan link kalkulator untuk menghitung diskon online yang simple dan mudah untuk dilakukan.

 

Rumus Diskon Produk

cara menghitung diskon

Layaknya perhitungan dalam matematika lainnya, diskon juga memiliki rumus tersendiri untuk memudahkan kita dalam menghitung jumlah potongan harga produk setelah terdiskon. Rumus menghitung diskon, umumnya dibagi menjadi dua bagian, yakni untuk menghitung jumlah harga diskon, dan juga menghitung jumlah harga setelah diskon.

 

Jadi untuk menghitung harga setelah diskon, kita harus melakukan dua proses. Berikut rumusnya:

 

1. Rumus Menghitung Jumlah Diskon= Harga Asli × (Persen Diskon / 100)

 

Rumus jumlah diskon adalah rumus yang digunakan untuk menghitung jumlah dari diskon yang diberikan. Jadi melalui rumus ini, kita hanya akan menghitung potongan harganya saja, bukan harga final dari produk yang akan kita beli.

 

Satu lagi, layaknya aturan yang ada di dalam matematika, apa yang ada di dalam tanda kurung, harus kita jumlahkan terlebih dahulu, jadi prosesnya adalah menghitung apa yang ada di dalam tanda kurung terlebih dahulu (mengubah persen menjadi bilangan desimal) lalu hasilnya akan kita kalikan dengan harga asli. Dari sini kita akan tahu berapa jumlah potongannya.

 

2. Rumus Harga Setelah Diskon= Harga Awal - Harga Diskon

 

Sedangkan rumus yang kedua ini kita gunakan untuk mengetahui harga yang harus kita bayarkan kepada penjual setelah mendapatkan diskon, dimana rumusnya sangat sederhana, yakni Harga awal, dikurangi dengan jumlah diskon yang kita dapatkan dari rumus yang pertama tadi.

 

Agar kamu bisa menghitung diskon dengan baik dan benar, silahkan simak cara menghitungnya dibawah ini.

 

Cara Menghitung Diskon

Langsung saja kita mulai dengan contoh kasus. Misalnya ada produk dengan harga Rp. 100.000, yang mendapatkan diskon sebesar 25%. Untuk mengetahui seberapa besar harga final yang harus kita bayar, berikut cara menghitungnya.

 

Mari kita mulai dengan menghitung jumlah diskonnya terlebih dahulu.

 

Jumlah Diskon = Harga Asli × (Persen Diskon / 100)

= 100.000 x (25/100)

= 100.000 x 0,25

= 25.000

 

Jadi untuk harga Rp. 100.000 dan mendapatkan diskon 25%, jumlah potongan harga yang didapat adalah Rp. 25.000,

 

Setelah jumlah harga diskon diketahui, kita bisa melanjutkan dengan menghitung harga setelah diskon.


Harga Setelah Diskon = Harga Awal - Harga Diskon

= 100.000 - 25.000

= 75.000

 

Jadi jika kita hendak membeli produk dengan harga Rp. 100.000, dan mendapatkan potongan sebesar 25%, maka jumlah potongan harga yang akan kita dapatkan adalah Rp. 25.000 yang dihitung melalui cara di atas, sedangkan harga produk setelah terdiskon adalah Rp. 75.000,

 

Pun ketika kamu ingin menghitung menggunakan kalkulator, kurang lebih prosesnya sama. Misalnya untuk contoh kasus diatas. Kita bisa memulainya dengan menghitung jumlah harga diskon.

 

Untuk langkah awal, hitung terlebih dahulu angka yang ada di dalam tanda kurung, yakni 25 dibagi 100, maka akan mendapatkan hasil 0,25, angka ini baru kita kalikan dengan harga produk, yakni Rp. 100.000, kalkulator kamu pun pasti juga akan menunjukan harga diskon Rp. 25.000,

 

Jika harga diskon sudah kita ketahui, selanjutnya kita tinggal menghitung harga setelah mendapatkan diskon dengan rumus diatas, yakni Rp. 100.000 - Rp. 25.000, hasilnya juga Rp. 75.000 bukan?

 

Jika proses diatas menurutmu terlalu rumit dan belibet, tenang, kami masih memiliki cara alternatif yang jauh lebih ringkas dan mudah, yakni menggunakan kalkulator diskon yang sudah typograp buat.

 

Kamu hanya perlu memasukan harga awal, jumlah diskon, dan tools kami akan memberikan rincian dengan sangat lengkap, dimulai dari harga diskon, sampai dengan harga setelah diskon. Link kalkulator diskon bisa kamu akses disini.

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement