-->

3 Cara Menghitung Umur Manual dari Tanggal Lahir

Februari 07, 2024

Ketika kita hendak menjalani suatu tes, biasanya dalam formulir pendaftaran terdapat berbagai data diri yang harus kita isi, salah satunya adalah umur.

 

Menghitung umur sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, namun bagi beberapa orang yang belum pernah melakukan ini, tentu saja ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih jika hendak mengetahui umur orang lain.

 

Selain menggunakan kalkulator, cara menghitung umur secara manual sebenarnya juga tidak sesulit itu, asalkan kita sudah tahu tanggal lahir, itu sudah cukup untuk digunakan menghitung umur seseorang.

 

Dalam kesempatan kali ini, kami akan membagikan beberapa tutorial menghitung umur. Selain itu, pada bagian bawah kami juga akan merekomendasikan kalkulator menghitung umur yang sangat mudah untuk dilakukan.

 

Baca Juga: Cara Menghitung Luas Segitiga Siku-siku, Sama Kaki,

Jika menggunakan kalkulator yang kami rekomendasikan, prosesnya akan lebih mudah, dimana kamu hanya perlu memasukan tanggal lahir, dan tools kami yang akan menghitungkan umur untuk kalian. Namun sebelum itu, yuk kita cari tahu perhitungan manualnya.

cara menghitung umur


1. Menghitung Manual

Rumus yang biasa digunakan untuk menghitung umur sendiri adalah Tahun Sekarang - Tahun Kelahiran, jadi jika kamu ingin tahu berapa tahun umur seseorang, kamu hanya perlu mengetahui berapa tahun lahirnya saja sudah cukup.

 

Misalkan kamu lahir pada tahun 2000, dan sekarang adalah tahun 2023, maka cara menghitung umur manual yang bisa kamu lakukan adalah:

 

2024 - 2000 = 24

 

Dari perhitungan sederhana seperti ini, sudah bisa kita ketahui bahwa umur orang yang lahir di tahun 2000, pada tahun 2024 ini adalah 24 tahun.

 

2. Kalkulator Umur by Typograp

Seperti yang sudah kami katakan bahwa kami juga memiliki tools yang kami beri nama kalkulator cek umur, merupakan kalkulator yang didesain untuk menghitung umur seseorang melalui tanggal lahir. Namun bukan hanya versi tahun, kalkulator kami juga akan menambahkan berapa tambahan bulan dari umur kamu.

 

Cara kerja dari kalkulator ini sebenarnya cukup sederhana, dimana kalkulator akan menghitung rentan hari lahir sampai dengan hari sekarang, lalu jumlah hari tersebut diubah kedalam bentuk bulan, dan kemudian diubah kembali dalam bentuk tahun.

 

Dengan perhitungan seperti ini, maka usia dalam bentuk tahun dan sisa bulan bisa diketahui. Kamu bisa mengakses kalkulator tersebut disini: Kalkulator Penghitung Umur.

 

3. Menggunakan Microsoft Excel

Kita semua tentu sudah tidak asing dengan Microsoft Excel, salah satu program yang dibuat oleh sistem operasi Microsoft yang juga bisa kita gunakan untuk menghitung matematika melalui rumus, termasuk menghitung umur.

 

Cara menghitung umur dari tanggal lahir di Excel sendiri menggunakan rumus berupa =(TODAY - tanggal lahir)/365.

 

Perintah TODAY ini merujuk pada hari ini, sedangkan untuk tanggal lahir, bisa kita tulis dalam format tanggal/bulan/tahun, dan yang terakhir dibagi 365, karena dalam satu tahun berjumlah 365 hari.

 

Jika ingin menggunakan cara ini, kamu hanya perlu input tanggal lahir pada salah satu kolom, misalnya A2, di kolom sebelahnya kamu tinggal tulis rumusnya menjadi =(TODAY)-A2)/365.

 

Kelemahan rumus ini, hasil yang ditampilkan akan menyertakan hitungan desimal, jika ingin menghilangkan hitungan desimal, kamu bisa menggunakan rumus =INT((TODAY() - Tgl Lahir)/365), jika kita menggunakan contoh di atas, berarti rumus yang harus kamu tulis adalah INT((TODAY() - A2)/365).

 

Itulah tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk menghitung umur, dan meskipun menggunakan metode yang berbeda-beda, ketiga-tiganya akan menghasilkan umur yang sama.

 

Namun jika kamu ingin lebih mudah dan simple, kamu bisa menggunakan kalkulator yang sudah kami buat. Kamu bisa mengunjungi kalkulatornya melalui link yang sudah kami bagikan diatas.

 

Baca Juga: Cara Menghitung Diskon Manual di Kalkulator

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement