-->

Kalkulator Luas Segitiga: Menghitung Luas Segitiga

Oktober 28, 2023

Kalkulator Luas Segitiga merupakan alat yang kami buat untuk menghitung luas segitiga yang sudah diketahui bagian alas dan tingginya. Kalkulator kami buat untuk membantu siswa dan siswi untuk bisa memahami cara menghitung luas segitiga.

 

Jadi tidak hanya memberikan hasil luas dari Segitiga, kami juga akan menjelaskan bagaimana perhitungannya sehingga mendapatkan hasil luas yang demikian.

kalkulator luas segitiga

Kalkulator ini bisa digunakan untuk menghitung luas semua jenis segitiga, dimulai dari Segitiga Sama Kaki, Segitiga Sama Sisi, atau Segitiga Sembarang. Masukan tinggi dan alas dari Segitiga yang akan kalian hitung pada kolom yang sudah disediakan (tanpa satuan CM atau MM), dan klik hitung untuk mengetahui luasnya.

 

  Kalkulator Luas Segitiga

Kalkulator Luas Segitiga

 

Memiliki soal dengan kasus yang berbeda? dan ingin request kalkulator? hubungi admin melalui telegram https://t.me/more_thanlife

Rumus Luas Segitiga

Segitiga adalah bangun datar yang dibentuk oleh 3 garis dan memiliki 3 bagian sudut yang jika kita jumlahkan masing-masing sudutnya, akan diperoleh hasil 180°.

 

Segitiga sebagai salah satu bidang datar ditemukan oleh seorang Matematikawan Yunani Kuno bernama Euclid, pada sekitaran 33 sebelum masehi, dimana beliau juga dikenal sebagai Bapak Geometri.

 

Hingga saat ini, kita memang mengenal Segitiga dalam berbagai macam jenis, dimulai dari Segitiga Sama Kaki, Segitiga Sama Sisi, sampai dengan Segitiga Sembarang. Meski memiliki bentuk yang berbeda-beda, namun pada dasarnya semua jenis segitiga memiliki rumus luas yang sama, yakni:

 

L= 1/2 x A x T.

 

Keterangan:
L = Luas
1/2 = Setengah atau juga bisa disebut 0,5.
A = Alas
T = Tinggi

 

Jadi ketika kita diminta untuk menghitung luas segitiga, maka ada dua hal yang sudah harus diketahui ukurannya, yakni bagian alas dan tingginya. Jika dua hal ini sudah diketahui, kita tinggal menghitung luasnya menggunakan aturan rumus yang ada diatas.

 

Contoh Soal

Untuk memudahkan kamu memahami perhitungan luas segitiga, selain melalui kalkulator diatas, kamu juga bisa membaca contoh soal yang kami buat berikut ini.

 

Pertanyaan:

1. Segitiga sama kaki dengan alas 5 CM dan tinggi 8 CM seperti diatas, berapa luasnya?

 

Pengerjaan:
L= 1/2 x a x t
L= 1/2 x 5 CM x 8 CM
L= 20 cm²

 

Keterangan: Jadi segitiga dengan panjang alas 5 CM dan tinggi 8 CM, maka luasnya adalah 20 cm². Untuk memastikan perhitungan ini benar, kamu juga bisa memastikannya menggunakan kalkulator diatas.

 

Jenis-jenis Segitiga

Seperti yang sudah kami jelaskan, Segitiga adalah bidang yang terbentuk dari 3 garis lurus yang memiliki 3 sudut, dimana jika masing-masing sudut ini kita jumlahkan, hasilnya akan menjadi 180 derajat.

 

Dengan aturan yang demikian, maka tidak heran Segitiga memiliki banyak sekali jenis, yang bisa kita bedakan menjadi dua, yakni berdasarkan panjang sisi dan berdasarkan besaran sudut.

 

Jenis Segitiga Berdasarkan Panjang Sisi

Jika kita kelompokan segitiga berdasarkan panjang sisinya, maka kita akan menemukan 3 jenis, yakni:

 

1. Segitiga Sama Sisi

Dinamakan Segitiga Sama Sisi karena memang segitiga ini memiliki 3 sisi yang panjangnya sama. Segitiga Sama Sisi memiliki beberapa sifat dimulai dari memiliki sudut sebesar 60°, mempunyai 3 simetri lipat, mempunyai 3 simetri putar, dan juga memiliki 3 sisi yang sama panjang.

 

2. Segitiga Sama Kaki

Segitiga Sama Kaki adalah segitiga yang memiliki dua sisi saling berhadap-hadapan yang sama panjang, sedangkan bagian alasnya berbeda. Segitiga ini memiliki beberapa sifat seperti mempunyai 2 sisi yang panjangnya sama, mempunyai 1 sumbu simetris, memiliki dua sudut yang sama besarnya dan saling berhadap-hadapan.

 

3. Segitiga Sembarang

Sedangkan Segitiga Sembarang merupakan jenis Segitiga yang masing-masing sisinya mempunyai panjang yang berbeda-beda, mempunyai 1 simetri putar, tidak ada sumbu simetri, masing-masing sudut besarnya berbeda namun jika kita jumlah tetap 180 derajat.

 

Jenis Segitiga Berdasarkan Besaran Sudutnya

Sama seperti sebelumnya, Segitiga yang jika kita bedakan berdasarkan besaran sudutnya juga memiliki 3 jenis, yakni:

 

1. Segitiga Siku-siku

Ini merupakan segitiga yang salah satu sudutnya berbentuk siku-siku, yakni 90 derajat. Sedangkan dua sudut lainnya jika kita jumlahkan juga 90 derajat.

 

2. Segitiga Tumpul

Jenis segitiga yang selanjutnya adalah Segitiga Tumpul, yang mana jenis segitiga yang satu ini, salah satu sudutnya lebih dari 90 derajat, namun tetap kurang dari 180 derajat.

 

3. Segitiga Lancip

Dan inilah jenis segitiga yang terakhir, yakni Segitiga Lancip, sebuah bidang Segitiga yang seluruh sudutnya memiliki bentuk lancip, yakni kurang dari 90 derajat, namun tentu saja lebih dari 0 derajat.

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement