-->

Review Aplikasi Superbank: Bunga, Kelebihan, dan Kekurangan

Juni 09, 2024
Logo Produk
PT. Super Bank Indonesia
Ratting: ★★★★☆ 4/5
Keunggulan
  • Aplikasi sederhana
  • Suku bunga tabungan sampai 10%
  • Ada fitur Saku & Celengan
  • Terdaftar dan Diawasi OJK

Jika ingin mendaftar di Superbank, silahkan gunakan kode referral dari typograp.com yang ada dibawah. Untuk install Superbank di Playstore, klik menu dibawah

OX91GG
kode referral Superbank
Berhasil disalin!

Jika kamu adalah pengguna aplikasi Grab, tentu tidak asing dengan nama Superbank yang mana bank digital yang satu ini memang sering membagikan diskon di aplikasi Grab. Nama Superbank sebagai bank digital mulai muncul ke permukaan pada tahun 2023, namun sebenarnya bank yang satu ini sudah hadir sejak tahun 1993.

 

Jika kamu tertarik untuk menggunakan Superbank, namun masih ragu terkait layanan, keamanan, dan kelebihan dari aplikasi yang satu ini, kamu berada di halaman yang tepat, karena typograp.com kali ini akan mereview aplikasi superbank secara lengkap, termasuk kekurangan aplikasi ini dibandingkan aplikasi sejenis.

Baca Juga: Review SeaBank: Deposito, Kelebihan, dan Kekurangan


Jadi buat kamu ingin tahu lebih lanjut terkait aplikasi ini, silahkan simak ulasan di bawah ini. Jika membutuhkan rekomendasi lain terkait bank digital, silahkan temukan artikel lainnya dalam kategori ini.

 

Siapa Sebenarnya aplikasi Superbank?

Superbank merupakan merek dagang yang dijalankan oleh PT Super Bank Indonesia dalam kategori perbankan digital yang sebelumnya bernama PT Bank Fama Internasional.

 

Bank Fama merupakan perbankan yang menyasar segmen ritel dan UKM yang pertama kali berdiri pada 5 Maret 1993 dan mulai menjalankan operasinya pada 1 November 1993 di kota Bandung.

 

Bank Fama kemudian memulai pada tonggak terbarunya pada tahun 2021 sampai 2023, dimana beberapa korporasi besar seperti Emtek Group, Grab, Singtel, serta Kakao Bank masuk menjadi pemegang saham dari merek ini, dan kemudian mereka mengubah namanya menjadi Superbank pada tahun 2023.

 

Superbank hadir dengan membawa misi untuk memberikan akses kredit yang lebih luas kepada masyarakat, khususnya untuk segmen ritel dan UMKM.

 

Apakah Superbank Aman?

Keamanan tentu saja menjadi perhatian kita semua, apalagi ini adalah aplikasi perbankan yang akan kita gunakan untuk menyimpan uang. Lalu bagaimana dengan keamanan aplikasi superbank?

 

Terkait hal ini, kita bisa melihatnya dari sisi izin dan juga teknologi yang digunakan.

 

Dari sisi izin, aplikasi superbank yang dikelola oleh PT. Super Bank Indonesia tercatat sudah mendapatkan izin dan diawasi oleh OJK, bahkan izin ini sudah mereka dapatkan sejak menggunakan nama Bank Fama.

 

Sama seperti perbankan lainnya di Indonesia, superbank juga tercatat sebagai anggota dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang artinya, jumlah simpanan dari nasabah pada jumlah tertentu dilindungi oleh lembaga ini.

 

Bagaimana dengan keamanan digitalnya?

 

Superbank juga telah melengkapi seluruh standar yang diperlukan untuk meyakinkan bahwa Superbank aman, salah satunya sertifikasi ISO 27001 yang sudah berhasil mereka dapatkan.

 

Dalam sistemnya, Superbank juga turut menyertakan login via Biometrik dan PIN untuk meningkatkan hal itu. Dengan beragam fakta diatas, maka bisa kita simpulkan bahwa aplikasi Superbank cukup aman.

 

Bunga Tabungan & Deposito

Berbeda dengan aplikasi lainnya, Superbank memiliki nama produk simpanan yang cukup unik dimulai dari tabungan, Saku, dan juga Celengan. Berikut suku bunga di produk tabungan Superbank ini.

 

🏦 Tabungan Utama

Sesuai dengan namanya, ini merupakan tabungan utama yang akan kita gunakan untuk menyimpan uang, ketika kita mendaftar di aplikasi Superbank. Seluruh uang yang masuk ke rekening kita, akan disimpan disini terlebih dahulu, dimana suku bunga tabungan utama ini sebesar 6% per tahun.

 

💰 Saku

Merupakan produk tabungan berupa rekening tambahan yang bisa kita gunakan untuk berbagai kebutuhan. Disini kita juga bisa custom nama yang disesiakan dengan kebutuhan kita. 1 rekening kita diberikan kesempatan untuk membuat rekening saku sebanyak 8 buah, sedangkan suku bunga di tabungan ini dengan sebelumnya, yakni 6% per tahun.

 

📦 Celengan

Apakah kamu pernah menabung di celengan sewaktu kecil? Superbank juga menggunakan konsep ini produknya, dimana kita bisa secara periodik menambah tabungan ke dalam pos celengan, dan tabungan tersebut bisa kita pecah (cairkan) secara otomatis ketika sudah mencapai target, atau dicairkan sebelum target, tanpa terkena penalti. Untuk bunga di produk ini bisa dibilang cukup besar, yakni 10% per tahun.

 

Kelebihan

Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi Superbank kepada para nasabahnya? berikut beberapa kelebihan dari aplikasi yang satu ini.

 

✅ Aplikasi Sederhana

Di era yang apa-apa serba digital sekarang ini, rasanya menggunakan aplikasi yang sederhana adalah keinginan kita semua. Tanpa effort yang berlebih, kita bisa menggunakan aplikasi dengan lancar tanpa hambatan. Kabar baiknya, superbank sangat sederhana, fitur-fiturnya sangat jelas, dan mudah digunakan.

 

✅ Konsep Tabungan Menarik

Selain tabungan utama, Superbank memiliki saku dan celengan dimana dua produk ini memiliki konsep yang cukup menarik. Saku sangat cocok kita gunakan memenuhi kebutuhan di masa depan misalnya seperti uang untuk membeli laptop, kamera, trip, dll. Kita diberikan 8 rekening dan bisa custom nama.

 

Sedangkan celengan memiliki konsep yang sama dengan menabung di celengan konvensional, yang metode pengisiannya bisa auto atau manual debit secara periodik, serta bisa kita cairkan kapan saja tanpa pinalti.

 

✅ Suku Bunga Tinggi

Pada saat artikel ini dibuat, suku bunga di aplikasi Superbank cukup tinggi yang berkisar antara 6-10% per tahun. Tabungan utama dan saku memiliki bunga 6%, sedangkan untuk celengan memiliki suku bunga 10%.

 

✅ Gratis Transfer Antar Bank

Layaknya perbankan digital lain yang suka memberikan promo ke nasabahnya, Superbank saat ini juga memberikan gratis biaya transfer ke sesama atau antar bank, sebanyak 30 kali dalam 1 bulan. Jika kita telah mencapai limit, biaya transfer selanjutnya adalah Rp. 6.500.

 

✅ Tanpa Biaya Admin

Berbeda dengan bank konvensional yang memiliki biaya layanan yang dibebankan per bulan, kita bisa menggunakan aplikasi Superbank untuk menabung tanpa adanya biaya bulanan. Bahkan setoran awal pada saat pembukaan disini adalah Rp. 0, jadi kita bisa membuat rekening tanpa harus melakukan deposit di awal.

 

Kekurangan

Berikut beberapa kekurangan yang harus kamu perhatikan ketika menggunakan aplikasi ini:

 

⚠️ Fitur Minimalis

Ini sebenarnya masih relevan dengan kelebihan superbank yang hadir dengan sangat sederhana yang membuatnya lebih mudah untuk digunakan. Namun kesederhanaan ini juga membuat aplikasi ini minim fitur. Aplikasi Superbank bisa dibilang hanya menghadirkan fitur penting bank digital saja dan beberapa brosur promo, sedangkan fitur yang sifatnya pelengkap atau berupa simulasi hampir tidak kita temukan.

 

⚠️ Tanpa ATM

Pendaftaran di Superbank memang bisa kita lakukan secara online dan gratis, namun disini kita tidak akan mendapatkan buku tabungan atau kartu ATM.

 

⚠️ Kantor Cabang Sedikit

Dibandingkan dengan bank konvensional yang asetnya sudah besar seperti BCA, BRI, Mandiri, tentu saja Superbank masih kalah jauh, dimana kantor cabang Superbank masih sulit untuk kita temukan. Namun jika kita bandingkan dengan aplikasi sejenis seperti SeaBank, atau NeoBank, kurang lebih aplikasi ini sama, karena keduanya juga memiliki kekurangan berupa kantor cabang yang sedikit.

 

Baca Juga: Review Aplikasi Flip: Layanan, Kelebihan & Kekurangan


Itulah review typograp.com terkait aplikasi Superbank yang hadir dengan warna hijau mudanya. Bank digital yang satu ini unggul untuk suku bunganya, dimana tertinggi mencapai 10%. Jika tertarik mendaftar disini, silahkan mendaftar dengan kode referral dari typpgrap.com dibawah ini.

OX91GG
kode referral Superbank
Berhasil disalin!
Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Google News

Ikuti typograp.com di instagram

Advertisement