-->

Apa Arti Kata Wirang dalam Bahasa Jawa?

Oktober 30, 2023

Dibandingkan dengan bahasa lain seperti Bahasa Indonesia atau Bahasa inggris, dokumentasi terkait bahasa Jawa seperti arti dan penggunaannya sebenarnya cukup minim, hal ini kadang menyulitkan beberapa orang yang tidak menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa utama untuk mencari tahu maknanya.

 

Padahal di Indonesia, bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa daerah yang cukup sering digunakan dalam lingkup ruang digital dimulai dari konten yang menggunakan bahasa Jawa sampai dengan lagu-lagu yang sedang ngetrend dimulai dari Dangdut bahkan sampai Hip hop.

 

Dan dalam kesempatan kali ini, kami akan mengajak kamu untuk mengetahui arti Wirang dalam bahasa Jawa lengkap dengan penggunaannya. Jadi buat kamu yang penasaran seperti apa maksud dari kata Wirang, silahkan simak pembahasan typograp.com kali ini ya.

 

Arti Wirang dalam Bahasa Jawa

arti kata wirang dalam bahasa jawa

Secara umum, Wirang dalam Bahasa Jawa bisa kita artikan sebagai malu. Hal ini juga sama dengan apa yang ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang mana Wirang diartikan sebagai kata Adjektiva dalam Bahasa Jawa yang memiliki arti malu.

 

Namun kata ini memiliki penggunaan yang berbeda dengan kata lain yang juga memiliki arti sama, seperti isin.

 

Dalam Bahasa Jawa, isin juga memiliki arti malu, misalnya dalam kalimat "Arek e pancen isinan sih (anaknya memang pemalu)" yang mana kata isin disini sering kali digunakan untuk menjelaskan sifat seseorang, meski juga bisa digunakan untuk menggambarkan keadaan atau peristiwa seperti "Ojo gawe isin keluarga (jangan membuat malu keluarga)".

 

Penggunaan kata Wirang dalam bahasa Jawa tidak sama dengan kata isin. yang mana Wirang sering kali digunakan untuk menggambarkan peristiwa yang membuat malu yang efeknya jauh lebih besar dibandingkan isin merujuk pada sifat.

 

Misalnya kekalahan dalam perang Diponegoro yang menewaskan sampai 200.jiwa, untuk menunjukan seberapa malu atas kekalahan ini, dalam bahasa Jawa kita bisa menggunakan kata "Wirang" ataupun "Isin" itu sendiri.

 

Namun kata "Wirang" tidak bisa digunakan dalam konteks "Isin".

 

Misalnya untuk contoh sebelumnya "Anaknya memang pemalu" kita tidak bisa menggunakan wirang untuk maksud diatas "arek e memang wirangan" ini adalah penggunaan kata yang salah.

 

Kecuali jika anak itu melakukan sesuatu yang menimbulkan rasa malu, kita bisa menggunakan kata Wirang "Garai wirang are iku(membuat malu memang anak itu).

 

Jadi Wirang dalam Bahasa Jawa bisa kita artikan sebagai hal yang membuat orang malu, namun tingkat malunya jauh lebih tinggi dibandingkan isin. Berikut beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jawa yang didalamnya terdapat kata wirang lengkap dengan artinya dalam bahasa Indonesia:

 

  • Tak kiro sing diperjuangkan bakal di sayang, Jebul akhir e mung di gawe wirang (Aku kira yang sedang diperjuangkan akan disayang, namun ternyata cuma dibuat malu).
  • Kadung berjuang akhire Wirang (Terlanjur berjuang, namun akhirnya dibuat malu).

 

Baca Juga: Arti Kata Naur dalam Bahasa Inggris

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Advertisement