-->

Review Ajaib Sekuritas: Fee, Kelebihan, Kekurangan ๐Ÿ“๐ŸŽ‰

Juni 03, 2024
Logo Produk
PT. Ajaib Sekuritas Asia
Ratting typograp.com: ★★★★☆ 4/5
Keunggulan
  • Biaya trading murah
  • Cocok untuk investasi jangka panjang
  • Pilihan aset investasi lengkap
  • Tersedia Xtra Day Trade, Gandakan modal 7 kali

Aplikasi Ajaib dikenal sebagai aplikasi investasi pilihan anak muda yang mudah digunakan dengan tampilan sederhana. Untuk review selengkapnya simak ulasan dibawah


Berbicara tentang salah satu aplikasi investasi favorit anak muda, aplikasi Ajaib menjadi salah satu yang cukup banyak digunakan lantaran berani memberikan fee trading yang murah serta aplikasi yang mudah digunakan.

 

Per artikel ini dibuat (3 Juni 2024), aplikasi Ajaib di playstore sudah di download sebanyak 5 juta kali, dan di Apps store berhasil menduduki peringkat ke 66 untuk kategori aplikasi keuangan.

 

Di aplikasi ini, kita bisa melakukan investasi terhadap banyak aset dimulai dari saham, Obligasi, sampai dengan Reksadana. Untuk kamu yang saat ini berniat investasi melalui aplikasi Ajaib, dan ingin tahu kelebihan dan kekurangan dari aplikasi ini, silahkan simak review dari typograp.com kali ini ya.

 

Apa itu Ajaib Sekuritas?

Aplikasi Ajaib merupakan aplikasi online trading yang dimiliki oleh Ajaib Group yang berdiri pada tahun 2018, dimana perusahaan ini menaungi dua anak perusahaan yakni PT Ajaib Sekuritas Asia untuk saham dan juga PT Takjub Teknologi Indonesia untuk reksadana.

 

Ini merupakan aplikasi yang bisa kita gunakan untuk investasi dengan pilihan aset yang beragam dimulai dari saham, reksadana, dan juga obligasi.

Baca Juga: Review Ipot Sekuritas: Fee, Kelebihan, Kekurangan

Tidak hanya itu saja, Ajaib juga memiliki pilihan aset kripto untuk investasi, hanya saja jenis aset yang satu ini berada di aplikasi yang terpisah dengan Ajaib untuk saham, reksadana, dan Bond.

 

Selama ini, aplikasi Ajaib telah berhasil mendapatkan banyak prestasi dimulai dari Fintech Unicorn Investasi pertama di Asia pada 4 Oktober 2021, sampai dengan "Best Online Stock Brokerage" oleh CNBC Indonesia Awards pada tahun 2022.

 

Legalitas & Keamanan

Bagaimana dengan keamanan dan legalitas dari aplikasi Ajaib? Sejauh ini, mereka telah memiliki izin untuk mengoperasikan berbagai usaha yang mereka jalankan.

 

Untuk saham, izin usaha ini didapatkan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk broker PT Ajaib Sekuritas sebagai PPE (perantara perdagangan efek) dengan nomor izin usaha Asia KEP-171/PM/1992, sedangkan untuk reksadananya izinnya di pegang oleh PT Takjub Teknologi Indonesia dengan nomor STTD/SK KEP-17/PM.21/2018.

 

Karena aplikasi ini sudah mendapatkan izin dari lembaga otoritas yang menangani masalah investasi yakni OJK, jadi bisa kita simpulkan bahwa saat ini Aplikasi Ajaib berstatus aman untuk investasi saham, reksadana, atau obligasi.

 

Fitur & Tools

Berikut beberapa fitur dan tool yang ada di aplikasi Ajaib yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan investasi:

 

๐Ÿ“ข Screener

Merupakan tools yang dibuat untuk menemukan saham berdasarkan kategori tertentu.

 

๐Ÿ“ข Price Alert

Merupakan fitur untuk memberikan notifikasi dari saham yang kamu pantau ketika menyentuh harga tertentu. Fitur ini di ajaib berada di masing-masing order book ticker saham.

 

๐Ÿ“ข Auto Stop Loss & Take Profit

Merupakan fitur untuk melakukan penjualan otomatis ketika sudah mencapai target harga yang kamu inginkan. Fitur ini bisa kita gunakan untuk meminimalisir kerugian atau memaksimalkan keuntungan.

 

๐Ÿ“ข Xtra Day Trading

Fitur untuk meningkatkan kemampuan membeli saham sampai 7 kali jumlah saldo di RDN, untuk trading harian.

 

๐Ÿ“ข Margin Trading

Fitur untuk meningkatkan kemampuan membeli saham sampai 2,85 kali dari saldo yang ada di RDN dengan suku bunga yang relatif rendah.

 

๐Ÿ“ข Kalender Emiten

Merupakan fitur yang disediakan aplikasi Ajaib untuk melihat Corp Action berdasarkan tanggalnya dengan informasi lengkap dimulai dari Dividen, RUPS, IPO, Rights, Rilis Laporan keuangan, dll.

 

๐Ÿ“ข Fitur Umum

Fitur lain yang umumnya ada di aplikasi trading saham juga tersedia di aplikasi Ajaib dimulai dari Chart, informasi terkait perusahaan, chart laporan keuangan, dll.

 

Fee Trading & Deposit

Berikut berbagai macam fee atau biaya yang ada di aplikasi Ajaib, dimulai dari fee pembelian, penjualan, sampai deposit, atau withdraw.

Saham
Fee Jual0,2513%
Fee Beli0,1513%

Info Tambahan: Biaya sudah termasuk pajak dan fee lain, untuk market oder akan ada penambahan biaya broker 0,1%, dan untuk forced sell akan ada tambahan 0,25%.

 

Obligasi
Fee Jual0,1%
Fee Beli0,1%

Info Tambahan: merupakan biaya final, sudah termasuk pajak.

 

Reksadana
Fee JualGratis
Fee BeliGratis

Info Tambahan: fee penjualan gratis hanya berlaku pada beberapa reksadana.

 

Deposit Withdrawl
Fee DepositGratis, jika beda Bank biaya Rp. 5.000
Fee WIthdrawGratis, jika beda Bank biaya Rp. 5.000

 

Kelebihan

Lalu apa kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi Ajaib? Berdasarkan pengalaman kami, berikut beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Ajaib:

 

✅ Antarmuka Simple

Bagi kebanyakan anak muda, UI/UX sangat berpengaruh terhadap minat mereka terhadap aplikasi tersebut. Ajaib sebagai pendatang baru mampu melihat peluang ini dengan menghadirkan aplikasi dengan tampilan yang simple dan mudah digunakan.

 

Jika pernah menggunakan aplikasi dari broker senior yang sudah dalam di bursa efek dan kebingungan dengan UI/UX mereka, hal seperti ini tidak kamu rasakan di Ajaib, terlebih jika menggunakan aplikasinya di handphone.

 

✅ Pilihan Aset Lengkap

Tidak hanya saham, di ajaib kita juga bisa membeli pilihan aset investasi lain seperti saham, obligasi, reksadana, hingga aset kripto.

 

✅ Fee Trading Murah

Tidak kalah dengan aplikasi lain yang senang menghadirkan promo untuk nasabahnya, Ajaib juga berani memberikan biaya transaksi yang cukup kompetitif, bahkan untuk reksadana biayanya gratis.

 

✅ Xtra Day Trading

Fitur Xtra Day Trading yang disediakan Ajaib sebenarnya cukup membantu untuk meningkatkan profit jika memang kamu memiliki saham yang sekiranya hari ini akan naik, karena dengan fitur ini kita bisa membeli saham dengan kekuatan membeli sampai 7 kali lipat dari jumlah saldo yang kita miliki.

 

Namun sesuai namanya, trading menggunakan fitur ini harus dilakukan dalam 1 hari, saham tidak bisa kita hold lebih dari itu.

 

Kekurangan

Bagaimana dengan kekurangannya? berikut review kami terkait kekurangan aplikasi Ajaib:

 

⚠️ Customer Service

Banyak pengguna yang mengeluhkan terkait customer service aplikasi ajaib yang tidak responsif dalam menjawab pertanyaan dari nasabah. Dan ini sebenarnya cukup krusial mengingat sebagian besar pengguna aplikasi ajaib adalah seorang pemula yang baru belajar investasi, yang tentu saja memiliki banyak pertanyaan terkait apa yang mereka lakukan.

 

⚠️ Delay

Keluhan lain yang cukup banyak terjadi adalah adanya delay atau penundaan terkait transaksi kita seperti pada saat awal market atau lainnya. Namun hal seperti ini tidak akan menjadi masalah jika kita memang investasi untuk jangka panjang.

Baca Juga: Review Stockbit: Fee, Kelebihan, Kekurangan

Itulah review kami terkait aplikasi Ajaib sekuritas yang bisa kita gunakan untuk investasi dengan banyak pilihan aset. Untuk saham, aplikasi Ajaib sangat cocok untuk investasi jangka panjang mengingat biaya transaksi yang murah.

 

Namun untuk trading harian dengan tingkat volatilitas harga yang tinggi, kami rasa aplikasi Ajaib belum memenuhi kriteria yang dibutuhkan. Jika ingin tahu review broker lain, silahkan baca review dari typograp.com lainnya.

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Google News

Ikuti typograp.com di instagram

Advertisement